Baik Anda sedang menulis kepada presiden Amerika Serikat atau presiden negara atau organisasi mana pun, Anda harus menulis surat bisnis formal. Format surat bisnis adalah klasik lama, sudah ada selama beberapa dekade dan tidak pernah ketinggalan zaman. Sebagian besar program pengolah kata memiliki template surat bisnis, tetapi lebih cepat dan lebih profesional untuk cukup mengetikkan surat bisnis Anda sendiri.

Menulis Surat Bisnis kepada Presiden

Ketikkan alamat Anda di baris pertama. Ketikkan alamat jalan saja, bukan nama atau judul Anda. Jika Anda mencetak pada kop surat dengan alamat Anda sudah terdaftar, tidak perlu mengetik ulang.

Tekan kembali untuk menambahkan baris kosong, lalu ketik tanggal. Gunakan tanggal surat itu selesai.

Kembali dua kali dan ketikkan nama presiden. Pastikan Anda mengeja nama presiden dengan benar. Pada baris berikutnya ketik "Presiden," lalu kembali dan ketik nama organisasi jika berlaku dan alamat presiden. Jika Anda menulis kepada presiden AS, alamatnya adalah: Gedung Putih, 1600 Pennsylvania Avenue NW, Washington, DC 20500.

Lewati satu baris lalu tulis salam Anda. Salam bisnis selalu diformat "Bapak / Ibu yang terhormat. Nama Belakang :." Perhatikan titik dua setelah nama belakang. Tanda koma tidak pernah digunakan setelah salam dalam surat bisnis.

Masukkan baris kosong lalu mulailah isi surat Anda. Tubuh harus dibenarkan tanpa lekukan. Satu spasi teks dengan garis kosong antara setiap paragraf.

Mulailah paragraf pertama dengan salam dan nyatakan tujuan surat itu. Simpan surat Anda dengan singkat dan tidak lebih dari satu halaman. Paragraf berikut harus secara singkat membenarkan dan mendukung tujuan utama surat itu.

Termasuk penutupan setelah paragraf terakhir. Penutupan bisa berupa "Terima kasih," atau "Salam," atau penutupan yang paling umum digunakan, "Hormat." Ketikkan koma setelah penutupan.

Lewati tiga baris untuk memberi ruang bagi tanda tangan Anda, lalu ketikkan nama lengkap Anda. Pada baris berikutnya ketikkan judul Anda, jika ada. Jika Anda memiliki lampiran apa pun, masukkan baris kosong dan ketik, "Enclosures." Jika orang lain mengetikkan surat untuk Anda, lewati baris lain dan sertakan inisial pengetik itu.
Cara Menulis Surat Bisnis kepada Presiden Rating: 4.9 Diposkan Oleh: Presiden Jokowi