Baca Juga:

Hukum bisnis mencakup jaringan negara bagian, federal dan undang-undang kota yang kompleks. Undang-undang ini bekerja bersama untuk memastikan prediktabilitas dan keadilan. Mereka juga mendorong persaingan dengan melindungi hak properti. Terlepas dari apakah transaksi bisnis melibatkan penjualan kuda atau kesepakatan film multi-juta dolar yang rumit, undang-undang tersebut menyediakan cara bagi semua orang untuk memahami tugas dan kewajiban mereka.

Peran dan Manfaat Hukum dalam Bisnis

Hukum kontrak

Hukum kontrak adalah bidang luas yang mengatur perilaku bisnis di banyak bidang termasuk penyusunan kontrak, penugasan hak, transaksi, pendelegasian tugas, perjanjian apa yang harus dibuat secara tertulis, ketentuan dalam kontrak, pelanggaran dan pemulihan. Uniform Commercial Code (UCC) adalah area penting hukum kontrak yang mengatur penjualan barang. Masalah kontrak yang umum termasuk apakah ada kontrak yang dapat ditegakkan dan apakah suatu pihak telah melanggar tugas kontraktual mereka. Hukum yang mengatur kontrak berusaha untuk memastikan bahwa masing-masing pihak dalam kontrak memahami apa yang diharapkan dari mereka dan bahwa ada upaya hukum jika masalah muncul.

Selain penjualan, perjanjian non-kompetisi dan perjanjian non-pengungkapan berada dalam tubuh hukum kontrak.

Hak milik intelektual

Hukum kekayaan intelektual mencakup paten dan merek dagang. Seperti halnya hukum hak milik nyata berkaitan dengan hak yang berkaitan dengan sepotong properti, kekayaan intelektual juga berkaitan dengan hak yang berkaitan dengan produk pikiran.

Mendapatkan hak paten adalah strategi penting bagi banyak perusahaan teknologi karena jika mereka memiliki paten untuk suatu penemuan, mereka dapat mengecualikan orang lain dari membuat dan menggunakan penemuan itu.

Mendapatkan hak merek dagang penting karena mencegah kebingungan produk di antara konsumen.

Hak paten dan hak merek dagang dapat dilisensikan ke perusahaan lain. Hak lisensi semacam itu diatur oleh hukum kontrak.

Hukum Perusahaan dan Formasi Bisnis

Hukum perusahaan mengatur pembentukan bisnis perusahaan. Kode perusahaan negara menyediakan aturan dan peraturan mengenai artikel informasi, anggaran rumah tangga, dewan direksi, dan elemen-elemen lain yang terlibat dalam pembentukan korporasi.

Secara umum, sebuah perusahaan dapat dibentuk dengan mengirimkan salinan artikel pendirian dan sedikit biaya kepada Sekretaris Negara atau Departemen Luar Negeri. Situs web negara menyediakan informasi tentang cara membentuk bisnis dan apa yang diperlukan.

Bagian lain dari hukum perusahaan menentukan jenis tindakan apa yang ultra vires (di luar tujuan perusahaan), tugas pejabat dan direktur, dan alasan pertanggungjawaban perusahaan.

Hukum dan Sekuritas Perusahaan

Seperti halnya undang-undang negara bagian yang mengatur pembentukan korporasi, undang-undang federal mengatur penjualan ekuitas perusahaan. Sebagian besar undang-undang ini berasal dari Undang-Undang Sekuritas tahun 1933 dan dan Undang-Undang Sekuritas tahun 1934. Undang-undang ini mengatur penerbitan saham. Mereka mencegah insider trader dan manipulasi harga saham.

Hukum Lain Mengenai Bisnis

Tergantung pada jenis bisnisnya, banyak undang-undang lain mungkin relevan dengan bisnis Anda. Misalnya, kode kesehatan kota mungkin berlaku untuk penjualan makanan. Kode Departemen Perhubungan Federal dapat mengatur pengangkutan bahan kimia berbahaya yang digunakan dalam berbagai bisnis. Undang-undang Pekerjaan dan Keselamatan Federal melindungi pekerja di bisnis Anda. Kode pajak menentukan apakah Anda membebankan pajak untuk produk Anda, dan pada gilirannya, apakah Anda dapat dikenakan pajak.

Jika Anda memiliki bisnis, pastikan Anda memiliki pengacara dan akuntan yang Anda percayai untuk membantu Anda menavigasi undang-undang dan peraturan yang relevan dengan industri Anda.
5 Peran dan Manfaat Hukum dalam Bisnis Rating: 4.9 Diposkan Oleh: Presiden Jokowi