Deskripsi Pekerjaan Strategis Bisnis


Ahli strategi bisnis menjaga perusahaan mereka pada jalurnya. Mereka menentukan target untuk organisasi mereka, dan menyiapkan strategi untuk memastikan perusahaan mereka memenuhi target tersebut. Pekerjaan ini melibatkan analisis praktik dan strategi yang ada untuk mengidentifikasi area mana yang perlu ditingkatkan, dan pengembangan metode inovatif untuk membantu membangun dan mencapai tujuan perusahaan. Ahli strategi bisnis dapat fokus pada bidang tertentu, seperti pengembangan produk atau pemasaran, atau target spesifik, seperti memperluas sumber pendapatan untuk organisasi mereka.

Pekerjaan Sebagai Ahli Strategi dalam Bisnis

Tugas pekerjaan

Para profesional ini sering bekerja untuk menyiapkan dokumentasi yang berkaitan dengan tujuan perusahaan, untuk membantu mengomunikasikan tujuan ini di seluruh organisasi dan menjaga target tersebut terorganisir. Ahli strategi bisnis menyusun dan mendokumentasikan rencana untuk mencapai tujuan yang mereka tetapkan, dan memberikan instruksi dan motivasi kepada staf dalam pelaksanaan strategi dan proyek baru. Daftar kegiatan pengembangan bisnis juga dapat mencakup pelaporan kepada staf manajemen dan membuat presentasi kepada investor perusahaan.

Ahli strategi bisnis sering bekerja sebagai karyawan kontrak, artinya mereka bekerja untuk diri mereka sendiri. Beberapa juga dapat bekerja dengan layanan konsultasi - dengan cara apa pun, beberapa strategi bisnis digunakan secara penuh waktu oleh masing-masing perusahaan. Wirausaha membutuhkan ahli strategi untuk membangun dan mempertahankan basis klien, meskipun juga memungkinkan otonomi dan jadwal yang lebih fleksibel. Calon ahli strategi bisnis harus berharap untuk bekerja pengaturan kantor, membagi waktu mereka antara kantor rumah mereka atau kantor konsultasi dan lokasi bisnis klien.

Persyaratan Pendidikan dan Keterampilan

Para profesional ini harus berkomunikasi dengan jelas dan efektif dengan staf di berbagai perusahaan untuk mengimplementasikan rencana dan mencapai tujuan. Ini membutuhkan keterampilan kepemimpinan dan motivasi. Ahli strategi bisnis juga harus merasa nyaman berinteraksi dengan manajer dan investor. 

Calon ahli strategi bisnis terbaik memiliki keahlian berikut:
  • Kemampuan berkomunikasi.
  • Keahlian komputer.
  • Kecakapan PowerPoint dan Microsoft Word.
  • Kemampuan kepemimpinan.
  • Kemampuan interpesonal.
  • Organisasi.
  • Kemampuan analisis.
  • Penyelesaian masalah.
  • Keterampilan berbicara di depan umum.


Sebagian besar pengusaha memerlukan pelamar ahli strategi bisnis untuk memiliki setidaknya gelar sarjana, lebih disukai dalam bisnis, manajemen atau disiplin terkait. Beberapa perusahaan mungkin lebih suka kandidat dengan master dalam administrasi bisnis (MBA).

Persyaratan Pengalaman dan Sertifikasi

Program sarjana dalam bisnis mengajarkan siswa untuk menggunakan terminologi bisnis untuk berkomunikasi dan menggunakan teknologi untuk menganalisis sistem komputer. Jurusan bisnis sering mengambil kursus dalam komunikasi bisnis, manajemen operasi, statistik untuk masalah strategi dan analisis komputer. Siswa MBA, di sisi lain, memperoleh keahlian analitik dan kecakapan dalam manajemen bisnis, perencanaan untuk pertumbuhan jangka panjang dan pemecahan masalah.

Biasanya, ahli strategi bisnis yang sukses memiliki beberapa tahun pengalaman profesional sebelumnya dalam bisnis dan konsultasi, lebih disukai di bidang di mana mereka bertujuan untuk memberikan layanan konsultasi, seperti di bidang kesehatan atau teknologi informasi. Beberapa profesional mungkin juga mengejar sertifikasi melalui Institute of Management Consultants A.S.A Pengusaha jarang membutuhkan kandidat untuk memiliki sertifikasi, tetapi beberapa lebih suka, dan penunjukan dapat membuat pelamar pekerjaan tertentu terpisah dari yang lain.

Potensi Penghasilan

Ahli strategi pengembangan bisnis menikmati gaji tahunan rata-rata $ 71.000, menurut PayScale. Ini dipecah menjadi upah per jam sekitar $ 19,50. Ahli strategi berpenghasilan tinggi dalam persentil ke-90 dari skala gaji dapat menghasilkan hingga $ 124.000 per tahun, sementara mereka yang berada di persentil ke-10 terendah menghasilkan sekitar $ 40.000 per tahun.
Pekerjaan Sebagai Ahli Strategi dalam Bisnis Cukup Potensial Rating: 4.9 Diposkan Oleh: Presiden Jokowi