Banyak pelanggan menunjukkan ketidakpuasan mereka terhadap suatu produk atau layanan dengan berjalan menjauh dari perusahaan untuk kebaikan alih-alih mengeluh. Tetapi pendapat Anda sebagai pelanggan sangat berharga bagi pelanggan masa depan dan perusahaan. Jika Anda tidak memperingatkan pelanggan potensial lainnya tentang masalah ini, mereka mungkin akan terpengaruh secara negatif oleh perusahaan juga. Perusahaan perlu mendengar umpan balik ini sehingga dapat meningkatkan dan mencoba memenangkan bisnis Anda kembali. Tetapi jika Anda tidak ingin diidentifikasi, ada beberapa cara Anda dapat mengirim keluhan secara online secara anonim.

Memposting Keluhan secara Anonim Tentang Bisnis

Buat alamat email dengan layanan surat gratis (seperti Yahoo !, MSN, AOL, atau Gmail) yang tidak mengandung informasi kontak pribadi Anda dengan nama atau tanda tangan. Ini memungkinkan Anda untuk mengajukan keluhan tanpa mengungkapkan nama atau alamat email utama Anda. Anda biasanya harus meninggalkan alamat email ketika mengirim ulasan atau keluhan secara online.

Temukan daftar bisnis di Yahoo !, Superpages.com, YellowPages.com, atau situs serupa. Poskan ulasan anonim dari produk atau layanan yang Anda terima bersamaan dengan peringkat (sebagian besar memiliki skala peringkat dari satu hingga lima). Pastikan Anda memiliki bisnis yang benar dengan memverifikasi alamat dan memanggil nomor telepon terlebih dahulu.

Buat keluhan Anda di Complaints.com, Ripoffreport.com, bbbonline.org, atau situs serupa. Anda tidak harus memberikan informasi kontak Anda yang sebenarnya kecuali Anda ingin dihubungi oleh penasihat konsumen atau pengacara yang mungkin dapat membantu Anda.

Posting ulasan tentang bisnis atau produk di Amazon.com atau situs pihak ketiga lain yang menawarkan produk bisnis untuk dijual. Buat nama pena untuk ditampilkan ketika Anda memposting ulasan Anda jika Anda ingin tetap sepenuhnya anonim.

Kirimkan keluhan anonim ke perusahaan secara langsung menggunakan formulir "Hubungi Kami" di situs webnya. Sebuah komentar negatif kemungkinan tidak akan diposting ke publik di situs, tetapi dapat dibaca oleh pemilik perusahaan atau perwakilan hubungan pelanggan.

Tips

Jika Anda ingin benar-benar anonim, jangan berikan detail yang pasti tentang masalah spesifik Anda dengan bisnis, karena situasi Anda mungkin mudah untuk diketahui. Berbicara secara umum.

Alih-alih hanya mengeluh, berikan saran untuk bagaimana perusahaan dapat meningkat. Keluhan Anda mungkin dianggap lebih serius. Ketika perusahaan benar-benar mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan, buatlah komentar positif untuk mendorong tindakan ini.
Cara Memposting Keluhan secara Anonim Tentang Bisnis Rating: 4.9 Diposkan Oleh: Presiden Jokowi