Sistem teknologi informasi dan komunikasi meliputi komputer desktop, laptop dan tablet, sistem telepon tetap dan bergerak, jaringan komunikasi dan perangkat lunak - bahkan dapat dipakai. Bisnis Anda dapat menggunakan sistem TIK untuk mendapatkan manfaat dari perbaikan seperti mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi, meningkatkan pengambilan keputusan dan meningkatkan daya saing Anda di pasar.

Manfaat Menggunakan TIK dalam Bisnis

Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik
Sistem TIK memungkinkan bisnis Anda untuk menyimpan, memproses, menganalisis, dan berbagi data dalam jumlah besar. Informasi yang tersedia dari data perusahaan memungkinkan manajer dan karyawan untuk membuat keputusan dengan cepat dan akurat sehingga mereka dapat mengelola operasi secara efektif dan merespons dengan cepat peluang bisnis atau ancaman. Jaringan komunikasi juga memungkinkan para pembuat keputusan di berbagai lokasi untuk bekerja bersama dengan mudah ketika mereka perlu mengambil keputusan bersama.

Peningkatan Produktivitas Manufaktur
Dengan mengotomatisasi proses bisnis dan memberikan alat TIK kepada karyawan, bisnis Anda dapat meningkatkan produktivitas individu dan keseluruhannya. Pada jalur produksi, misalnya, solusi seperti desain dengan bantuan komputer dapat membantu mengurangi waktu pengaturan dan meningkatkan akurasi produksi sehingga karyawan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk pengerjaan ulang. Akses ke data manufaktur memungkinkan para manajer untuk merencanakan produksi secara lebih efektif, memanfaatkan sumber daya dengan lebih baik dan mengurangi waktu tunggu.

Peningkatan Layanan Pelanggan
Kualitas layanan pelanggan adalah pembeda penting bagi bisnis. Perusahaan Anda dapat menggunakan solusi TIK untuk menawarkan respons yang lebih cepat dan standar layanan yang lebih tinggi kepada pelanggannya. Jika Anda menjalankan pusat panggilan, misalnya, agen Anda dapat mengakses database yang memberikan informasi pelanggan yang komprehensif, termasuk riwayat pembelian dan preferensi produk. Informasi ini membantu mereka menangani pertanyaan dengan cepat dan efisien, meningkatkan kepuasan pelanggan. Petugas layanan yang bekerja di lapangan dapat mengakses basis data pelanggan, layanan, dan produk menggunakan ponsel cerdas dengan koneksi Internet yang aman. Ini memungkinkan mereka untuk memperbaiki masalah dengan cepat dan efektif, sekali lagi meningkatkan kepuasan pelanggan.

Kolaborasi yang Lebih Besar dan Virtual
Jaringan komunikasi memungkinkan tim proyek Anda untuk berkolaborasi secara efektif. Dengan menggunakan konferensi video atau konferensi web melalui Internet, tim dapat mengadakan pertemuan virtual yang menyatukan anggota dari lokasi yang berbeda, atau organisasi yang berbeda, seperti pemasok atau mitra bisnis. Ini membantu untuk menciptakan tim proyek yang lebih kuat dan memungkinkan tim untuk mempertahankan kemajuan pada proyek-proyek penting, daripada menunggu anggota untuk bertemu di satu lokasi. Dalam program pengembangan produk, misalnya, tim dapat mengurangi waktu proyek secara keseluruhan dan mendapatkan produk baru ke pasar lebih cepat, memberi perusahaan keunggulan kompetitif yang kuat.

Peningkatan Kinerja Keuangan
Solusi TIK dapat membantu organisasi Anda mengurangi biaya, meningkatkan pendapatan, dan meningkatkan keuntungan. Menggunakan konferensi video untuk menyelenggarakan pertemuan antara anggota di lokasi yang berbeda, misalnya, mengurangi biaya perjalanan. Data produksi dapat membantu staf mengidentifikasi masalah kualitas, mengurangi limbah dan biaya pengerjaan ulang. Agen pusat panggilan dapat menggunakan informasi yang tersedia di database pelanggan mereka untuk meningkatkan pendapatan dengan mengidentifikasi peluang untuk menjual produk atau layanan tambahan. Pengurangan biaya dan perolehan pendapatan memberikan kontribusi penting bagi keseluruhan profitabilitas.
5 Manfaat Menggunakan TIK dalam Bisnis & Keuangan Rating: 4.9 Diposkan Oleh: Presiden Jokowi