Semua bisnis menjual sesuatu, apakah itu berarti menawarkan produk untuk membantu bisnis lain berjalan lebih lancar atau layanan yang memungkinkan orang menonton film dari rumah. Apa yang dijual bisnis dan kepada siapa mereka menjualnya untuk menentukan jenis pasar bisnis yang mereka ikuti. Sangat penting bagi setiap pemilik bisnis untuk dapat mengidentifikasi pasar bisnis mereka sehingga mereka tahu bagaimana cara mengidentifikasi target audiens terbaik mereka dan mempromosikan produk mereka secara efisien .

Pasar Bisnis-ke-Konsumen

Pasar bisnis-ke-konsumen atau "B2C" adalah pasar di mana bisnis mengiklankan dan menjual produk-produknya langsung ke konsumen individu. Ini adalah jenis pasar bisnis terbesar karena pasar pelanggannya yang besar. Contohnya termasuk toko kelontong, toko pakaian dan dealer mobil. Waralaba, atau bisnis yang menjual hak untuk mengoperasikan cabang perusahaan mereka kepada orang lain, juga termasuk dalam kategori pasar konsumen selama pembeli akhir adalah konsumen individu. Waralaba pasar konsumen yang terkenal adalah rantai restoran.

Jenis Pasar Bisnis Yang ada di Dunia

Pasar Bisnis-ke-Bisnis

Pasar bisnis-ke-bisnis atau "B2B" memiliki fokus pada produk, barang, dan layanan yang biasanya dijual ke bisnis lain daripada langsung ke konsumen. Contohnya termasuk perabot kantor, layanan akuntansi perusahaan, dan persediaan konferensi dan pameran. Banyak pasar bisnis-ke-bisnis memiliki beberapa tumpang tindih dengan pasar konsumen, misalnya, perusahaan pembersih dapat menyediakan layanan perumahan dan komersial.

Pasar Jasa

Dalam pasar layanan, bisnis menjual layanan daripada produk. Bisnis mungkin berurusan secara eksklusif dengan konsumen, misalnya, menyediakan layanan telepon, pipa ledeng dan pekerjaan listrik ke pasar konsumen. Atau, itu bisa berupa perusahaan layanan B2B, menjual jasa akuntansi bisnis atau konsultasi, misalnya. Dalam beberapa kasus, produk konsumen dapat dijual bersamaan dengan layanan. Contohnya adalah salon rambut yang menyediakan layanan memotong rambut, tetapi juga menjual sampo dan produk perawatan pribadi lainnya.

Pasar Industri

Pasar industri menjual produk industri atau produksi, barang dan jasa ke industri bisnis lainnya. Ini seringkali merupakan barang yang tidak dipasarkan kepada konsumen, seperti bahan baku seperti baja, kaca dan kayu atau barang skala besar seperti sistem komputer multi-jaringan. Pasar industri memiliki target pemirsa yang jauh lebih kecil daripada pasar lain karena produk dan layanan yang disuplai tidak berfokus pada pasar massal.

Pasar Layanan Profesional

Layanan profesional adalah yang dikategorikan sebagai bidang bisnis khusus yang biasanya memiliki tingkat akuntabilitas dalam hal perizinan dan sertifikasi. Contohnya termasuk layanan hukum dan medis. Seperti halnya pasar bisnis-ke-bisnis, terkadang ada tumpang tindih antar pasar. Misalnya, firma hukum dapat mewakili individu maupun perusahaan.
Berikut 5 Jenis Pasar (Market) Bisnis yang ada di Dunia Rating: 4.9 Diposkan Oleh: Presiden Jokowi