Baca Juga:

Banyak orang skeptis terhadap bisnis apa pun yang mengandalkan jaringan untuk mendapatkan uang. Alasannya adalah bahwa pemasaran multilevel yang sah (MLM) berbagi beberapa karakteristik dengan skema piramida yang tidak berkelanjutan. Namun, ada cara untuk membedakan satu dari yang lain.

Perbedaan Bisnis Skema Piramida dan Multi Level Marketing (MLM)

Mary Christensen mendefinisikan skema piramida, dalam bukunya Be A Network Marketing Superstar, sebagai rencana apa pun yang terutama memberi imbalan kepada orang-orang untuk merekrut, daripada menjual barang nyata dan layanan nyata.

Dalam skema piramida atau Ponzi:
  • Tidak ada produk atau layanan yang ditukar dengan uang Anda
  • Investasi awal terlalu tinggi (yaitu, sejumlah besar uang diminta di muka, berjudi dengan keamanan finansial Anda)
  • Tidak ada pekerjaan yang dikatakan diperlukan untuk mendapatkan keuntungan dan manfaat. Kedengarannya seperti uang mudah.


Bernie Madoff adalah pialang saham terkenal yang mengeksploitasi orang kaya, termasuk banyak selebritas, dalam skema Ponzi. Para korbannya secara konsisten mengatakan bahwa ia sangat dapat dipercaya, dan pengembalian yang ia tawarkan jauh melampaui strategi investasi lainnya, sehingga mereka bersedia mengambil risiko atas aset mereka. Seperti Yarnell et al. katakan dalam buku mereka (lihat di bawah), para korban adalah pengambil risiko yang, dalam banyak kasus, menginvestasikan seluruh modal pensiun mereka.

Apa itu Pemasaran Multi Level?

Investopedia mendefinisikan pemasaran multi-level sebagai strategi yang digunakan oleh beberapa perusahaan penjualan langsung untuk mendorong distributor mereka yang ada untuk merekrut distributor baru dengan membayar kepada distributor yang ada persentase dari penjualan merekrut mereka. Orang yang direkrut dikenal sebagai "downline" distributor.

Karakteristik Bisnis Pemasaran Multi Level

Saya mulai membaca tentang Bisnis Multi Level Marketing karena saya mendaftar di salah satunya. Hal pertama yang saya pelajari adalah uang itu tidak mudah didapat. Anda harus bekerja sekeras yang Anda mau untuk mendapatkan gaji, setidaknya di awal, saat Anda mengumpulkan tim Anda.

Baik Christensen dan Yarnell et al., Merekomendasikan untuk menyelidiki bisnis yang sedang Anda pertimbangkan. Bisnis yang andal harus:
  • Terdaftar sebagai anggota Asosiasi Penjualan Langsung
  • Memiliki produk atau layanan nyata
  • Memiliki reputasi plus beberapa tahun di pasar
  • Memiliki kehadiran global
  • Dapatkan dukungan dari suatu organisasi
  • Memiliki dukungan untuk klien
  • Memiliki kebijakan pengembalian
  • Tunjukkan komitmen dalam jangka panjang
  • Jelaskan dengan jelas rencana kompensasi


Misalnya, perusahaan tempat saya mendaftar mengelola paket kompensasi unilevel dan tim ganda (biner). Situs web perusahaan mengatakan bahwa 80% dari anggotanya menghasilkan maksimum USD 600 per tahun. Kedengarannya masuk akal, bukan seperti tujuan realistis yang tidak realistis.

Christensen menjelaskan cara strategi ini bekerja.
  • Paket unilevel membayar komisi untuk produk yang dijual tim Anda secara keseluruhan. Ia juga membayar komisi pada kelompok pribadi dan yang memisahkan diri (orang-orang yang melakukan lebih baik daripada orang yang merekrut mereka).
  • Paket biner memungkinkan Anda untuk memiliki dua orang sebagai tim Anda, dan komisi akan dibayarkan berdasarkan penjualan pemain yang lebih lemah.
  • Dia menjelaskan dua rencana lain yang umum dalam bisnis ini: rencana tangga dan rencana matriks paksa.


Rencana tangga tidak membatasi jumlah orang yang dapat Anda miliki di tim Anda. Level pertama Anda terdiri dari orang-orang yang Anda rekrut secara langsung, tingkat kedua Anda akan dibuat dari orang-orang yang mereka rekrut, dan mereka semua adalah bagian dari tim Anda; komisi didasarkan pada kinerja seluruh tim.

Rencana matriks paksa membatasi jumlah orang yang dapat Anda rekrut per level dan level juga dapat dibatasi. Stairstep atau paket breakaway membayar untuk breakaways, sementara rencana matriks paksa tidak.

Komentar Saya di MLM

MLM adalah model distribusi untuk menjual produk suatu perusahaan. Ini juga merupakan pekerjaan dalam penjualan, di mana Anda dibayar oleh komisi untuk ritel dan pemasaran produk mereka. Saya tahu beberapa orang yang benar-benar menghasilkan keuntungan dengan cara ini. Ini adalah kerja keras, jadi jika Anda memilih untuk mendapatkan uang dengan cara ini Anda mungkin perlu menikmati jaringan, menjual, dan menggunakan produk juga. Bahkan, langkah pertama untuk sukses dalam model bisnis ini adalah diyakinkan bahwa produk memenuhi janjinya, saat Anda menjadi tenaga penjualan yang efektif yang memimpin dengan memberi contoh.
Perbedaan Antara Bisnis Skema Piramida dan Multi Level Marketing (MLM) Rating: 4.9 Diposkan Oleh: Presiden Jokowi