Baca Juga:

Salah satu gejala awal kehamilan yang paling banyak dirasakan oleh perempuan adalah munculnya rasa mual dan muntah. Selain karena faktor hormonal, efek ini diyakini datang karena adanya perkembangan rahim. Tahukah bunda, selain mual ada juga beberapa gejala kehamilan yang unik lho? 

Gejala Awal Kehamilan

Gejala Awal Kehamilan 


Meski demikian, tak semua perempuan merasakan hal ini. Sebagian besar gejala ini masih dikategorikan aman, namun apabila bunda sudah merasa sangat terganggu tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan. Berikut 6 gejala awal kehamilan yang unik dan tak biasa. 

1. Indra penciuman dan pengecap jadi sensitive 


Bagi sebagian perempuan, masa awal kehamilannya bisa ditandai dengan munculnya perbedaan pada indra penciuman dan pengecap. Bunda menjadi lebih sensitif terhadap aroma tertentu, atau bahkan selera makan pun bisa jadi berubah. Hal ini dikarenakan oleh perubahan kadar hormon estrogen dalam tubuh. Momen mengidam juga akan muncul pada periode awal kehamilan, hal ini juga merupakan efek dari perubahan tingkat sensitif pada indra pengecap. Untuk mengatasi rasa bunda dianjurkan untuk selalu membawa permen mint atau minyak aromaterapi saat bepergian. 

2. Mimpi aneh 


Tanda lain yang sering dialami oleh para perempuan di fase awal kehamilan adalah munculnya mimpi aneh. Mimpi-mimpi ini termasuk di dalamnya yakni serupa mimpi basah pada laki-laki. Ini terjadi karena adanya lonjakan hormon dalam tubuh karena efek kehamilan. Selain itu, pada masa awal kehamilan aliran darah di dalam tubuh juga meningkat, termasuk ke area vagina. 

3. Mimisan dan gusi berdarah 


Seperti telah disebutkan sebelumnya, aliran darah selama fase awal kehamilan mengalami peningkatan. Akibatnya, suplai darah dan tekanan pada pembuluh vena halus pun turut meningkat. Efek dari kondisi ini salah satunya yakni mimisan dan gusi jadi mudah berdarah. Pada masa ini, cobalah untuk mengganti sikat gigi bunda dengan yang lebih lembut mengurangi risiko gusi berdarah. 

4. Kembung 


Tanda awal kehamilan adalah kembung. Pada masa awal kehamilan, kadar hormon progesteron mengalami perubahan. Padahal hormon ini memiliki fungsi salah satunya untuk merelaksasi sistem pencernaan dan memperlambat kerja organ pencernaan. Akibatnya, proses cerna makanan pun menjadi lebih lambat dan bunda jadi mudah kembung. 

5. Pergelangan kaki bengkak 


Pembengkakkan pada pergelangan kaki dialami oleh hampir 80 persen perempuan hamil. Hal ini terjadi karena tubuh terlalu banyak menahan cairan. Peningkatan tekanan pada pembuluh darah di pelvis ‘memaksa’ air masuk ke jaringan di kaki dan pergelangan kaki, akibatnya area ini pun menjadi tampak membesar. Untuk mengatasi bengkak biasa pada kaki saat hamil, usahakan untuk mengangkat kaki setinggi 15-30 cm lebih tinggi dari tubuh, lalu tahan dengan bantal. Ini bisa membantu melancarkan sirkulasi cairan dalam tubuh. 

6. Puting jadi sensitive 


Selama masa kehamilan, bunda akan mendapati sejumlah perubahan pada payudara, termasuk puting. Kala itu, puting bisa menjadi berwarna lebih gelap, berukuran lebih besar dan lebih sensitif. Saat hamil, tubuh Mama mulai menyiapkan diri untuk lanjut pada masa menyusui. Nah, salah satu reaksi yang ditimbulkan adalah pengaktifan hormon yang memberi pigmentasi kulit yang membuat putting sensitive dan warnanya berubah. 

Itulah 6 gejala awal kehamilan yang unik dan tak biasa. Ada baiknya ketika kamu sudah mengalami tanda-tanda berikut, segera periksa kepastian kehamilan kamu.
6 Gejala Awal Kehamilan yang Unik dan Tak Biasa Rating: 4.9 Diposkan Oleh: Presiden Jokowi

0 komentar untuk 6 Gejala Awal Kehamilan yang Unik dan Tak Biasa