Baca Juga:

Kulit manusia memang sangat sensitif dengan hal yang sangat tajam, panas, dingin, dll. Kulit manusia terdiri dari beberapa lapis yang menjadi satu, sehingga menjadi susuan kulit yang sempurna. Manusia sering terkena kecelakaan entah ringan maupu berat yang menimbulkan bekas luka. Luka bakar misalnya, inimerupakan luka akibat kena benda panas atau yang terbakar seperti api atau knalpot. Pasti kamu punya luka bakar waktu masih kecil, dan mungkin sekarang masih ada. Jangan khawatir, karena berikut kita akan bahas 5 cara menghilangkan bekas luka bakar dengan alami. 

Bekas Luka Bakar

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar 


1. Madu 


Madu merupakan cairan paling bermanfaat selain air. Madu memiliki sifat anti radang dan anti bakteri. Kandungan dalam madu bisa mempercepat regenerasi sel-sel pada kulit. Mengoleskan madu pada bekas luka bakar bisa membersihkan dan menyembuhkan area yang terkena luka. Selain itu madu juga bisa mengurangi rasa sakit, serta menyamarkan bekas luka bakar. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa madu merupakan obat alami yang ampuh menyembuhkan luka bakar. Bahkan lebih cepat daripada krim antibiotic tradisional dan kain kasa. 

2. Lidah buaya 


Selama ribuan tahun lidah buaya telah digunakan sebagai obat medis pertama. Gel dalam lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan luka bakar. Selain itu gel atau getah lidah buaya dapat menghilangkan rasa sakit, dan bengkak. Lidah buaya terbukti secara penelitian dapat menyembuhkan luka bakar dengan cepat. Dan lidah buaya merupakan tanaman alami yang bisa dijadikan obat penyembuhan herbal. Cara menghilangkan bekas luka bakar yang sudah lama dengan lidah buaya terbilang efektif sehingga wajib kamu coba. 

3. Minyak lavender 


Tanaman lavender selain bisa mengusir nyamuk juga bisa menyembuhkan bekas luka bakar lho. Tanaman ini memiliki minyak lavender yang mengandung anti bakteri sehingga menghilangkan rasa sakit. Dua tiga tetes minyak lavender bisa menghilangkan jaringan parut yang terbentuk. Dalam penggunaan obat minyak lavender ini dapat menimbulkan rasa menenangkan. Sebelum oleskan pada bekas luka bakar, campurkan dahulu dengan 1 – 2 tetes minyak lain. Seperti minyak zaitun dan minyak baby oil untuk mendapatkan hasil maksimal. 

4. Susu atau yoghurt 


Susu dan yoghurt dapat membantu menyembuhkan bekas luka bakar secara alami. Karena susu dan yohurt terbuat dari hasil perasan sapi murni dan termasuk jenis hewani. Susu mengandung vitamin K yang bermanfaat pada tulang. Cara menghilangkan bekas luka bakar secara alami dengan susu dan yoghurt ini tidak boleh sembarang susu. Karena membutuhkan susu skim atau susu tanpa lemak. Setelah itu tuangkan susu dingin pada wilayah luka. 


5. Air dingin 


Salah satu penganganan pertama yaitu dengan menggunakan air dingin. Luka bakar dapat dibasuh dengan air dingin. Cara ini dapat mengurangi rasa sakit akibat luka bakar. Selain mengurangi rasa sakit air dingin bisa mencegah pertambahan luka bakar. Namun dalam menggunakan air sebaiknya gunakan air yang siap minum atau matang. Untuk menghindari bakteri yang berbahaya. Apabila tidak memungkinkan air kran biasa. Dan jangan menggunakan es karena bisa menyebabkan kerusakan nadi. 

Nah itulah 5 cara menghilangkan bekas luka bakar dengan alami. Semoga cara tersebut dapat dengan efektif membantu menghilangkan bekas lukamu. Ada baiknya jenis perawatan apapun yang kamu pilih untuk menghilangkan bekas luka bakas, lakukanlah dengan rutin.
5 Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Dengan Alami Rating: 4.9 Diposkan Oleh: Presiden Jokowi

0 komentar untuk 5 Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Dengan Alami