Baca Juga:

Materi Tentang Pembelahan Sel PDF PPT DOC - Kali ini AkhmadShare.Com akan berbagi file dan artikel materi pembelajaran tentang pembelahan sel yang bisa kamu baca dan download gratis disini sebagai literatur bahan belajar atau mengerjakan tugas dari guru disekolah, dosen dikampus, ataupun instansi. semoga kamu terbantu dan dapat bermanfaat.
Berikut dibawah ini file materi tentang pembelahan sel sebagai acuan bahan literatur/materi pelajaran/tugas/makalah/skripsi/jurnal/tesis di sekolah, kampus, ataupun instansi:

Cara Download: Klik judul file yang ingin download diatas >> Klik Get Link >> Klik Go to Link >> Selesai, saran kalau kamu menggunakan HP, gunakanlah Chrome/UC Browser.

Artikel Materi Tentang Pembelahan Sel

Pengertian Pembelahan Sel

Pembelahan sel adalah suatu proses yang membagi satu sel induk menjadi dua atau lebih sel anak. Pembelahan sel biasanya adalah bagian kecil dari suatu siklus sel yang lebih besar. Pembelahan sel adalah cara sel untuk memperbanyak diri (reproduksi). Sel adalah bagian terkecil dari makhluk hidup, maka dari itu sel terus melakukan pembelahan dalam perkembangan makhluk hidup bersel satu (uniseluler) maupun makhluk hidup bersel banyak (multiseluler).

Pembelahan sel adalah peristiwa dimana sebuah sel membelah menjadi dua atau lebih sel baru. Pembelahan Sel adalah cara sel untuk memperbanyak diri atau yang disebut dengan bahasa ilmiahnya proses reproduksi sel. Sel adalah bagian terkecil yang menyusun tubuh makhluk hidup. Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup perhubungan erat dengan proses pembelahan sel ini. Namun begitu fungsi pembelahan sel pada makhluk hidup multiseluler dan uni seluler sangat berbeda meski intinya sama yaitu perbayakan sel.

Pembelahan sel adalah proses yang sel lalui dalam rangka untuk memisahkan. Sel bisa membagi karena beberapa alasan, dan ada dua jenis pembelahan sel tergantung pada tujuan. Pembelahan sel yang terkait dengan reproduksi generatif adalah salah satu jenis, yang disebut meiosis. Jenis lain, pembelahan sel yang berhubungan dengan pertumbuhan dan sel penggantian atau perbaikan, disebut mitosis. Dalam kedua jenis pembelahan sel, nukleus membelah dan DNA direplikasi.

Gambar Pembelahan Sel


Materi Pembelahan Sel PDF


Materi Pembelahan Sel


Gambar Pembelahan Sel


Macam Macam Pembelahan Sel

1. Pembelahan sel secara tidak langsung adalah pembelahan yang melalui tahapan-tahapan tertentu. Setiap tahapan pembelahan sel ditandai dengan penampakan kromosom yang berbeda-beda. Yang termasuk pembelahan sel secara tidak langsung adalah pembelahan mitosis dan meiosis.
2. Pembelahan Sel secara Langsung adalah proses pembelahan sel tanpa melalui fase-fase atau tahap-tahap pembelahan sel. Pembelahan secara langsung disebut juga pembelahan amitosis atau pembelahan biner.

Pertumbuhan dan perkembangan serta reproduksi makhluk hidup tidak dapat lepas dari aktivitas pembelahan sel. Menurut teori sel modern, semua sel berasal dari sel-sel yang telah ada melalui proses pembelahan sel. Sekitar 10 – 14 sel yang menyusun tubuh manusia berasal dari pembelahan sel zigot (satu sel) yang adalah peleburan 2 sel gamet. Sel-sel gamet ini berasal dari proses pembelahan sel-sel parental tertentu.

Jenis pembelahan sel ada tiga yaitu amitosis, mitosis, dan meiosis:

Pembelahan Amitosis

Pembelahan adalah salah satu cara reproduksi aseksual yang terjadi pada makhluk hidup bersel satu (organisme uniselular) seperti protozoa dan bakteri. Mereka membelah diri untuk memperbanyak populasi mereka. Pembelaha amitosis tidak diawali dengan pembentukan gelendong pembelahan dan peleburan inti.

Pembelahan amitosis adalah reproduksi sel di mana sel membelah diri secara langsung atau spontan tanpa melalui tahap-tahap pembelahan sel. Pembelahan cara ini banyak dijumpai pada sel-sel yang bersifat prokariotik, misalnya pada bakteri, ganggang biru atau organisme bersel tunggal seperti Amoeba.

Pembelahan Mitosis

Pembelahan mitosis adalah pembelahan sel yang menghasilkan 2 buah sel anak yang identik, yaitu sel-sel anak yang memiliki jumlah kromosom sebanyak yang dimiliki oleh sel induknya. Mitosis adalah periode pembelahan sel yang berlangsung pada jaringan titik tumbuh (meristem), seperti pada ujung akar atau pucuk tanaman. Proses mitosis terjadi dalam 4 fase, yaitu profase, metafase, anafase, dan telofase. Fase mitosis tersebut terjadi pada sel tumbuhan maupun hewan.

Ciri-ciri Pembelahan Mitosis yaitu:

Prosesnya berlangsung pada sel somatik
Menghasilkan dua sel anakan dengan sifat identik dengan sel induk
Terjadi satu kali pembelahan dengan 4 fase yakni Profase, Metafase, Anafase dan Telofase.
Antara satu pembelahan dengan pembelahan selanjutnya, terdapat fase yang disebut interfase (fase istirahat).
Sel anak memiliki jumlah kromosom yang sama dengan jumlah kromosom induk dan sel anak dapat membelah lagi.
Pembelahan secara mitosis dapat terjadi pada usia muda, dewasa dan tua.

Tahap-tahap  pembelahan sel atau yang disebut fase meliputi:

  • Tahap Profase / Fase Profase
  • Tahap Metafase / Fase Metafase
  • Tahap Anafase / Fase Anafase
  • Tahap Telofase. / fase Telofase

Antara tahap telofase ke tahap profase berikutnya terdapat masa istirahat sel yang dinamakan Interfase. Pada tahap interfase inti sel melakukan sintesis bahan-bahan inti.

Pembelahan Meiosis

Pembelahan meiosis adalah pembelahan sel yang menghasilkan 4 anak dengan jumlah kromosom separuh dari yang dimiliki induknya. Meiosis hanya terjadi pada fase reproduksi seksual atau pada jaringan nutfah. Plasma nutfah adalah substansi pembawa sifat keturunan yang dapat berupa organ utuh atau bagian dari tumbuhan atau hewan serta mikroorganisme biasanya adalah bibit unggul. Plasma nutfah adalah kekayaan alam yang sangat berharga bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mendukung pembangunan nasional.

Pembelahan Meiosis disebut juga Pembelahan Reduksi.  Pembelahan Meiosis terjadi dalam kelenjar kelamin. Pada pembelahan Meiosis reproduksi sel terjadi melalui tahap-tahap pembelahan sel seperti pada pembelahan mitosis, hanya saja dalam prosesnya terjadi pengurangan (reduksi) jumlah kromosom menjadi setengahnya. Pada pembelahan Meiosis terdapat dua tahap besar yang dikenal dengan istilah Meiosis I dan Meiosis II . Lalu kemudian dari kedua tahap besar tersebut masing-masing terbagi lagi  menjadi tahap-tahap seperti pada pembelahan mitosis.

Tujuan Pembelahan Sel

Tujuan pembelahan sel adalah untuk pertumbuhan dan perkembangan, menggati sel yang telah mati atau rusak, berkembang biak, membentik varisasi individu baru dan lain sebagainya.

Tujuan pembelahan amitosis yaitu untuk reproduksi atau memperbanyak diri. Pada pembelahan amitosis, inti terbelah menjadi dua bagian, inti tersebut langsung didistribusikan ke sel anak, dan diikuti dengan pembelahan pada sitoplasma dan membran sel.

Baca juga: Materi Ekologi PDF PPT DOC [Lengkap]


Tujuan Pembelahan Meiosis, yaitu: mereduksi kromosom dan membentuk gonad. Tujuan dari reduksi yaitu membentuk hasil zigot dari pertemuan sel gonad yang selalu sama dengan individu yang ada atau sebelumnya.
Materi Pembelahan Sel PDF PPT DOC [Lengkap] Rating: 4.9 Diposkan Oleh: Presiden Jokowi

0 komentar untuk Materi Pembelahan Sel PDF PPT DOC [Lengkap]