Baca Juga:

Cara Alami Mengurangi Hormon Androgen Pada Wanita


Pengertian Hormon Androgen

Hormon androgen adalah hormon steroid yang berfungsi memacu pertumbuhan dan pembentukan. Hormon androgen adalah istilah bagi hormon steroid yang memiliki efek maskulin. Androgen utama pada pria adalah testosteron yang di produksi di testis. Hormon androgen adalah suatu hormon kelamin yang termasuk hormon pengatur atau simultan pertumbuhan.

Baca juga: Fungsi Hormon Estrogen pada Wanita dan Pria [Lengkap]


Androgen adalah istilah generik untuk senyawa alami atau sintetis, biasanya hormon steroid, yang merangsang atau mengendalikan pembangunan dan pemeliharaan karakteristik maskulin vertebrates untuk mengikat ke androgen receptors. Ini termasuk aktivitas dari aksesori organ sek laki-laki dan perkembangan karakteristik seks sekunder. 

Androgen, yang pertama kali ditemukan pada 1936, juga disebut androgenic hormon atau testoids. Androgens merupakan dasar anabolic steroids. Mereka juga menjadi pelopor dari semua estrogens, pada perempuan hormon seks. Utama dan paling terkenal adalah androgen testosterone. Androgen ablation dapat digunakan sebagai terapi yang efektif dalam urologic tertentu seperti kanker metastatic kanker prostata.

Cara Alami Mengurangi Hormon Androgen Pada Wanita

Androgen adalah hormon seks yang biasanya diproduksi hanya oleh testis pria, namun juga diproduksi dalam jumlah kecil oleh rahim wanita dan kelenjar adrenalin yang terdapat pada pria dan wanita. Androgen membantu memulai perkembangan testis dan penis pada janin laki-laki. Mereka memulai proses pubertas dan mempengaruhi pertumbuhan rambut pada wajah, tubuh, dan alat kelamin, mendalamkan suara, pertumbuhan otot, karakteristik seks kedua pria. Setelah pubertas, hormon androgen - khususnya testosteron - memainkan peran dalam pengaturan gairah seks.

Androgen adalah hormon steroid yang merangsang atau mengontrol perkembangan dan pemeliharaan karakteristik laki-laki vertebrata dengan mengikat reseptor androgen yang juga merupakan pendukung aktivitas organ seks pria dan pertumbuhan karakteristik seks sekunder laki-laki.

Hormon androgen diproduksi oleh kelenjar adrenal dan organ reproduksi baik pria maupun wanita, dan bertanggung jawab atas karakteristik fisik pria. Hormon ini diubah menjadi testosteron dan dihidrotestosteron, bentuknya yang aktif, menjelaskan Manual Merck. Kelebihan kadar androgen bisa terjadi dengan kondisi medis tertentu. University of Maryland Medical Center mencantumkan ini untuk memasukkan penyakit ovarium polikistik pada wanita, tumor kelenjar ovarium atau adrenal yang mensekresikan androgen berlebihan, hirsutisme atau pertumbuhan rambut berlebih dan sindrom Cushing. 

Hormon Androgen Pada Wanita

Hormon androgen biasa disebut sebagai hormon laki-laki, namun hormon androgen sebenarnya juga diproduksi pada wanita, meskipun tidak sebanyak laki-laki, namun hormon androgen tetap memiliki fungsi penting bagi organ reproduksi wanita.

Fungsi hormon androgen pada wanita adalah untuk merangsang pembentukan otot, tulang, kulit, organ seksual dan sel darah merah.

Ketidakseimbangan atau peningkatan hormon Androgen pada wanita dapat menyebabkan hirsutisme (rambut tumbuh berlebihan di daerah-daerah yang tidak semestinya). Aktivitas kelenjar sebum sangat dipengaruhi oleh hormon androgen. Kerja kelenjar hormone androgen ini semakin memuncak pada seseorang mencapai puncak pubertas, semakin tinggi tingkat kerja hormone androgen, maka semain tinggi pula sekresi yang dihasilkan oleh kelenjar ini.

Hormon Androgen Pada Ibu Hamil

Kelebihan hormon androgen pada wanita secara primer disebabkan oleh penyakit yang bernama PCOS (Polycystic Ovary Syndrome), naiknya hormon androgen secara drastis pada ibu hamil muda yakni progesteron semasa mengandung itu menjadikan kelenjar sebasea pada kulit semakin besar ukurannya dampaknya ialah produktifitas kelenjar itu semakin tinggi dimana ditemukan materi berminyak yang disebut. Sebum yang terlalu tinggi apabila berpadu dengan pengelupasan sel kulit mati pada akses folikel rambut bakal ada sumbatan di pori kulit yang berakhir pada benjol yang bermunculan.

Ibu hamil akan mengalami hidrasi badan yang berkurang yang menjadikan sebum lebih kental dan sukar keluar via pori kulit yang berakhir pada benjol pada benjol di badan dan wajah

Cara Alami Mengurangi Hormon Androgen Pada Wanita

Cara alami mengurangi hormon androgen pada wanita adalah dengan cara mengkonsomsi makanan/minuman yang bisa menurunkan kadar androgen itu sendiri, berikut makanan dan minuman yang bisa menurunkan kadar hormon androgen:

Makanan dan Minuman Penurun Hormon Androgen

  1. Protein kedelai: Protein kedelai digunakan dalam kedelai, tahu, minyak kedelai dan susu kedelai. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2003 di Journal of Perinatal Education melaporkan bahwa protein ini mengandung fitoestrogen dan isoflavon, yang membantu menyeimbangkan kadar hormon androgen tingkat tinggi. Protein kedelai juga mengandung asam amino esensial, kalsium, potasium, vitamin dan asam lemak omega 3.
  2. Semanggi merah adalah suplemen makanan herbal yang membantu mengobati gejala menopause dengan menyeimbangkan kadar hormon, sebuah penelitian yang menyatakan bahwa semanggi merah mengandung senyawa anti-androgenik seperti isoflavon yang mengurangi androgen. Namun, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi suplemen apapun.
  3. Teh hijau: Teh hijau populer dikonsumsi untuk manfaat antioksidannya. Hal ini juga dianggap memiliki penurunan berat badan dan efek metabolisme yang lebih baik, dan meningkatkan sensitivitas insulin pada otot dan jaringan. Sebuah studi mencatat bahwa teh hijau mengandung antioksidan phytochemicals polyphenols dan flavonoid, yang membantu menyeimbangkan produksi hormon androgen.

Diet Seimbang untuk Mengurangi Androgen

Mayo Clinic merekomendasikan gaya hidup aktif dengan olahraga teratur dan diet seimbang dengan lebih banyak makanan yang rendah lemak jenuh seperti sayuran mentah, segar, buah-buahan, kacang polong, kacang-kacangan, gandum utuh dan jelai. 

Mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat sederhana dan gula menyebabkan tubuh Anda melepaskan kadar hormon insulin yang lebih tinggi, yang pada gilirannya merangsang produksi androgen lebih lanjut. Selain itu, mengonsumsi makanan seimbang membantu Anda menurunkan berat badan dan menghabiskan persediaan lemak yang menghasilkan hormon androgen.

Obat Hormon Androgen

Obat hormon androgen salah satunya adalah SPIRONOLAKTONUM.

Sifat kimia SPIRONOLAKTONUM:

Praktis tidak larut dalam air, larut dalam 80 bagian etanol ( 95 % ) P dalam 3 bagian kloroform P dan dalam 100 bagian eter P.

Baca juga: Astaga !!! Sejak Lahir Wanita Ini Tak Pernah Makan, Bagaimana Bisa?


Uji kemurnian SPIRONOLAKTONUM:

a. kocok 10 mg dengan 2 ml asam sulfat (50% v/v) P, terjadi warna jingga berfluoro sensi hijau kekuningan intensif. Panaskan perlahan – lahan warna menjadi merah tua dan berbentuk gas hydrogen sulfide yang dapat menghitamkan kertas timbal ( II ) asetat P. tuangkan larutan dalam air, larutan beropalesensi kuning kehijauan.
b. Spectrum serapan infra merah menunjukkan maksimum hanya pada gelombang yang sama dan mempunyai intensitas relatif yang sama seperti pada spironolaktan PK
c. Memenuhi identifikasi steroid yang tertera pada pemeriksaan steroid, menggunsksn pelarut bacam II dan fase bergerak D.
Cara Alami Mengurangi Hormon Androgen Pada Wanita Rating: 4.9 Diposkan Oleh: Presiden Jokowi

0 komentar untuk Cara Alami Mengurangi Hormon Androgen Pada Wanita