Baca juga:

Pengertian hormon pertumbuhan
Hormon pertumbuhan adalah hormon yang berperan dalam mengendalikan pertumbuhan tulang, otot dan organ serta mempengaruhi kecepatan pertumbuhan tubuh.

Hormon pertumbuhan (GH) adalah hormon berbasis protein peptida. Merangsang pertumbuhan, reproduksi sel dan regenerasi pada manusia dan hewan lainnya. Hormon pertumbuhan adalah asam 191 amino, tunggal-rantai polipeptida yang disintesis, disimpan, dan dikeluarkan oleh sel somatotroph dalam sayap lateral kelenjar pituitari anterior.

Pengertian dan Obat Hormon Pertumbuhan Pada Manusia

Hormon pertumbuhan pada manusia
Hormon pertumbuhan manusia adalah hormon yang dihasilkan oleh kelenjar pituitary. Kelenjar pituitary terletak di bawah otak manusia. Ukuran dari kelenjar ini adalah sebesar kacang kedelai. Walaupun kecil, kelenjar ini merupakan raja dari seluruh kelenjar yang memproduksi hormon di tubuh manusia. Produksi dari HGH sangat mempengaruhi produksi hormon-hormon lain di dalam tubuh. HGH yang dihasilkan oleh kelenjar pituitary pertama-tama mengalir melalui pembuluh darah menuju ke organ hati. Di dalam hati, HGH dirubah menjadi IGF 1 (insulinlike Growth Factor 1). Lalu melalui peredaran darah pula, IGF 1 dialirkan keseluruh organ-organ yang ada di tubuh manusia.

Hormon pertumbuhan manusia atau yang biasa disebut dengan HGH (Human Growth Hormon) adalah suatu hormon anabolic yang berperan sangat besar dalam pertumbuhan dan pembentukan tubuh terutama pada masa  anak-anak dan puberitas. Growth Hormon berperan meningkatkan ukuran dan volume dari otak, rambut, otot, dan organ-organ dalam tubuh. HG bertanggung jawab atas pertumbuhan manusia sejak dari kecil sampai dia tumbuh besar.

Hormon Pertumbuhan Manusia (HGH) suatu hormon / asam amino yang terdiri dari 191 asam amino yang diproduksi dalam tubuh dan dikeluarkan dari lobus anterior kelenjar hipofisis. hormon ini sangat penting selama periode masa pertumbuhan. Seseorang yang kelebihan hormon ini akan mengalami pertumbuhan luar biasa yang disebut gigantisme. Sedangkan Orang yang kekurangan hormon ini akan mengalami kekerdilan. 

Obat hormon pertumbuhan
Hormon pertumbuhan yang berasal dari manusia (HGH; somatropin) telah digantikan oleh hormon pertumbuhan human sequence yaitu somatropin yang diproduksi dengan menggunakan teknologi DNA rekombinan. 

Pedoman penggunaan somatropin untuk anak yang mengalami kegagalan pertumbuhan dengan: - terbukti kekurangan hormon pertumbuhan - sindrom Turner’s - sindrom Prader-Willi - kegagalan ginjal kronik sebelum masa pubertas Pengobatan sebaiknya dimulai dan diawasi oleh dokter anak berpengalaman dalam menangani gangguan hormon pertumbuhan; pengobatan dapat dilanjutkan oleh dokter umum yang telah memperoleh informasi protokol pengobatan. 

Penggunaan somatropin untuk dewasa, hanya jika memenuhi tiga kriteria sebagai berikut: - Defisiensi hormon pertumbuhan yang berat, dipastikan dengan metode yang tepat - Kualitas hidup yang sangat menurun, diukur dengan kuesioner khusus - Telah menerima pengobatan untuk kasus defisiensi hormon pituitari lain.

Contoh obat : Monografi
SOMATROPIN (SOMATOTROPIN)

Indikasi: pengobatan jangka panjang pada gangguan pertumbuhan anak yang disebabkan: insufisiensi sekresi hormon pertumbuhan, Turner Syndrome, insufisiensi ginjal kronik, born small for gestational- age, Prader-Willi Syndrome. Somatropin juga memperbaiki bentuk tubuh anak denganPrader-Willi Syndrome. Untuk terapi sulih pada orang dewasa dengan defisiensi hormon pertumbuhan.

Peringatan: dilaporkan kejadian fatal pada penggunaan hormon pertumbuhan anak dengan Prader-Willi Syndrome dengan satu atau lebih faktor risiko: obesitas berat, riwayat kegagalan pernafasan atau apnoea saat tidur atau infeksi pernafasan yang tidak teridentifikasi. Kemungkinan lain adalah faktor jenis kelamin laki. Penderita dengan Prader-Willi Syndrome harus dievaluasi untuk upper airway obstruction, apnoea saat tidur atau infeksi pernafasan sebelum memulai pengobatan dengan Somatropin.Jika selama evaluasi upper airway obstruction, ditemukan kelainan patologi anak harus dirujuk ke spesialis THT untuk pengobatan dan resolusi gangguan pernafasan terutama untuk pengobatan awal hormon pertumbuhan. Semua penderita Prader-Willi Syndrome harus dievaluasi untuk sleep apnoea dan dimonitor jika dicurigai ada sleep apnoea. Tidak ada studi pada wanita hamil. Diabetes melitus (mungkin diperlukan penyesuaian dosis antidiabetik), papiloedema, defisiensi hormon pituitary lain, riwayat keganasan, kelainan epipisis pada panggul, hipertensi intrakranial yang jelas, tidak dianjurkan pemberian obat menjelang pubertas pada anak born small for gestational age, Silver-Russell Syndrome, lokasi penyuntikan berpindah untuk mencegah lipoatropi, menyusui.

Interaksi: dapat meningkatkan bersihan senyawa yang dimetabolisme dengan sitokrom P4503A4 (misalnya sex steroids, kortikosteroid, antikonvulsan dan siklosporin).

Kontraindikasi: penderita yang mempunyai riwayat aktifitas neoplastik dan penderita dengan pertumbuhan tumor intrakranial benign yang tidak terkontrol. Pengobatan antitumor harus diselesaikan sebelum menggunakan somatropin. Penderita dengan penyakit kritis akut dengan komplikasi setelah operasi jantung dan perut, multiple accidental trauma atau kegagalan pernafasan akut. Penderita dengan Prader-Willi Syndrome yang obesitas berat atau kegagalan pernafasan berat. Tidak boleh digunakan untuk promosi pertumbuhan pada anak dengan closed epiphyses, kehamilan.

Efek Samping: dikenali pada penderita dewasa udema periferal, kaku pada ekstremitis, artralgia, mialgia dan paraestesia. Pada anak efek samping terjadi lebih jarang. Reaksi kulit lokal pada daerah injeksi. Jarang terjadi hipertensi intrakranial benign dan Diabetes melitus tipe II. Menurunkan nilai kortisol serum, kemungkinan dengan mempengaruhi protein pembawa atau dengan meningkatkan bersihan hati. Terapi pengganti kortikosteroid harus dipastikan sebelum memulai pengobatan genotropin. Sangat jarang terjadi leukemia pada anak dengan defisiensi hormon pertumbuhan yang diobati somatropin, tetapi timbul juga pada anak tanpa defisiensi hormon pertumbuhan.

Artikel Terkait:

0 komentar untuk Pengertian dan Obat Hormon Pertumbuhan Pada Manusia