Baca Juga:

Pengertian dan Fungsi Hormon Adrenalin (Adrenal) Bagi Tubuh Manusia



Pengertian Adrenalin (Adrenal)


Adrenalin adalah sebuah obat dan hormon yang memicu reaksi terhadap tekanan dan kecepatan gerak tubuh. Tidak hanya gerak, hormon ini juga memicu reaksi terhadap efek lingkungan seperti suara derau tinggi atau cahaya yang terang.
Hormon adrenalin adalah sebuah hormon yang memicu reaksi terhadap tekanan dan kecepatan gerakan tubuh dan juga merupakan salah satu hormon yang meningkat selama kehamilan. Hormon tersebut dapat menimbulkan disregulasi biokimia tubuh sehingga muncul ketegangan fisik pada ibu hamil seperti mudah marah, gelisah, tidak mampu memusatkan pikiran, ragu-ragu, bahkan lari dari kenyataan hidup.

Hormon adrenalin dihasilkan oleh Glandula Suprarenalis (Kelenjar Anak Ginjal), bagian korteknya menghasilkan hormon kortison dan bagian mendula menghasilkan hormon adrenalin. Hormon adrenalin diproduksi di medula adrenal. Hormon ini berfungsi untuk meningkatkan pasokan oksigen dan glukosa ke otak dan otot (dengan meningkatkan denyut jantung), meningkatkan katalisis dari glikogen dalam hati, kerusakan lipid dalam sel lemak, serta menekan sistem kekebalan.

Letak hormon adrenalin pada tubuh manusia adalah pada bagian luar korteks adrenal kelenjar adrenal, berikut gambarnya:

Pengertian dan Fungsi Hormon Adrenalin (Adrenal) Bagi Tubuh Manusia

Pengertian dan Fungsi Hormon Adrenalin (Adrenal) Bagi Tubuh Manusia

Fungsi Hormon Adrenalin


Hormon adrenalin berfungsi untuk mengubah glikogen menjadi glukosa, memacu aktivitas jantun gmenyempitkan pembuluh darah dan mengendorkan otot polos batang tengkorak.

Fungsi hormon adrenalin bagi tubuh manusia berfungsi dalam mendorong reabsorbsi natrium di ginjal dan peningkatan volume darah, sehingga terjadi pelepasan kalium dan hidrogen melalui ginjal, selain itu hormon aldesteron berfungsi dalam meningkatkan retensi air dan kenaikan tingkat tekanan darah.

Ketika memasuki aliran darah, hormon adrenalin akan merangsang jantung untuk berdetak lebih cepat dan bekerja lebih keras, membuat kewaspadaan meningkat, meningkatkan aliran darah ke otot, meningkatkan metabolisme gula, dan membuat perubahan lain guna mempersiapkan tubuh menghadapi keadaan darurat. Selain itu, hormon adrenalin juga berfungsi mengirimkan sinyal antar sel-sel saraf dan mampu meningkatkan memori jangka panjang pada manusia.

Fungsi hormon adrenalin bagi tubuh manusia:

  1. Memacu aktivitas jantung: Fungsi hormon adrenalin yang pertama adalah untuk memacu aktivitas jantung. Ketika jantung terpacu lebih cepat maka secara otomatis, pembuluh darah akan menyempit dan juga kelenjar murkosa sehingga yang terjadi adalah tekanan darah akan meningkat. 
  2. Metabolisme glukosa: Fungsi hormon adrenalin selanjutnya adalah untuk proses metabolisme glukosa. Hal ini akan mengurangi resiko tingkat stress. Hormon adrenalin ini akan memberikan stimulus pada otak untuk menimbulkan rasa was-was dan siaga. 
  3. Mempercepat metabolisme tubuh: Fungsi hormon adrenalin selanjutnya adalah untuk mempercepat metabolisme tubuh. Kondisi ini akan mengakibatkan kadar gula dalam darah akan meningkat sehingga kebutuhan sel darah merah dapat tercukupi. Kondisi ini juga akan menghindarkan anda dari berbagai serangan penyakit yang akan menyerang sel-sel darah. Bahkan beberapa kasus kekurangan hormon adrenalin akan menyebabkan kanker darah.
  4. Mempercepat pengiriman oksigen dan glukosa ke otot dan otak: Fungsi hormon adrenalin selanjutnya adalah untuk mempercepat proses pengangkutan oksigen menuju ke otot dan oksigen. Seperti kita ketahui bersama bahwa organ-organ di dalam tubuh termasuk dengan otot dan otak membutuhkan asupan oksigen untuk dapat bekerja dengan optimal. Dengan asupan oksigen yang cukup maka organ akan bekerja dengan baik dan tentunya membuat tubuh anda semakin sehat. Hormon adrenalin inilah yang berfungsi untuk mempercepat pengangkutan oksigen yang dibutuhkan oleh organ-organ dalam tubuh anda.
  5. Memicu kecepatan gerak tubuh: Fungsi hormon adrenalin selanjutnya adalah untuk memicu kecepatan gerak tubuh. Kondisi dapat terjadi dikarenakan hormon adrenalin akan memberikan reaksi yang cepat terhadap tekanan yang ada sehingga akan berakibat pada kecepatan gerak tubuh anda. hal ini sangat baik karena beberapa aktivitas olah raga dan lainnya membutuhkan gerak reflek sebagai peran utamanya.
  6. Berpengaruh terhadap organ reproduksi: Fungsi hormon adrenalin selanjutnya adalah berpengaruh pada organ reproduksi. Peran ini ditunjukan dengan adanya peningkatan libido dalam hubungan seksual anda. Jelas ini akan menghindarkan anda dari berbagai serangan penyakit seperti gangguan reproduksi dan kualitas sperma yang buruk.
  7. Mengobati serangan jantung dan disritmia jantung: Fungsi hormon adrenalin selanjutnya adalah untuk mengobati serangan jantung dan juga disritmia jantung. Seperti diketahui bahwa disritmia jantung adalah gangguan pada irama detak jantung. Hormon adrenalin ini akan berfungsi mencegah gangguan jantung itu dengan cara memacu kinerja jantung sehingga akan membuat jantung anda lebih sehat.


Kelebihan kadar hormon adrenalin


Berlebihnya kadar hormon adrenalin tanpa adanya bahaya nyata justru dapat menimbulkan rasa gugup, gelisah, insomnia, kerusakan jantung, dan bahkan meningkatnya tekanan darah ke level bahaya. Produksi adrenalin yang berlebih juga bisa disebabkan jika kita mengidap kondisi medis tertentu, misalnya tumor pada kelenjar adrenal dan penyakit Addison.

Hormon adrenalin tak hanya berbahaya jika terlalu banyak, terlalu sedikit pun juga tidak baik. Hormon adrenalin yang terlalu sedikit akan membatasi kemampuan tubuh untuk bereaksi dengan baik dalam situasi penuh tekanan.

Baca juga: Pengertian dan Obat Hormon Pertumbuhan Pada Manusia


Kekurangan hormon adrenalin


Kekurangan hormon adrenalin dapat menyebabkan pening, pusing, kelelahan, penurunan berat badan. Beberapa mengalami gangguan usus, peningkatan pigmentasi kulit, depresi, nyeri otot dan sakit pinggang akut.
Pengertian dan Fungsi Hormon Adrenalin (Adrenal) Bagi Tubuh Manusia Rating: 4.9 Diposkan Oleh: Presiden Jokowi

0 komentar untuk Pengertian dan Fungsi Hormon Adrenalin (Adrenal) Bagi Tubuh Manusia