Baca Juga:

Fungsi Hormon Estrogen pada Wanita dan Pria



Apa itu Estrogen?


Estrogen adalah hormon steroid karbon 18 yang terdiri dari estron(E1), estradiol (E2), dan estriol (E3). Steroid secara biologis adalah derivat aktif dari kolesterol. Sintesis steroid pada manusia terjadi terutama di korteks adrenal dan gonad laki-laki dan perempuan. Kolesterol dalam korteks adrenal diubah menjadi pregnenolon dalam tiga langkah, melibatkan oksidasi komplek enzim P-450 pada sitokrom mitokondria . Steroid lainnya kemudian disintesis dari pregnenolon sebagai prekursor, reaksi hidroksilasi dan oksigenasi yang berbeda mengarah pada berbagai produk akhir steroid.
Estrogen (atau oestrogen) adalah sekelompok senyawa steroid yang berfungsi terutama sebagai hormon s*ks wanita. Walaupun terdapat baik dalam tubuh pria maupun wanita, kandungannya jauh lebih tinggi dalam tubuh wanita usia subur.

Fungsi Hormon Estrogen pada Wanita dan Pria [Lengkap]

Estrogen adalah sekelompok hormon steroid alami yang berperan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan karakteristik sek*ual wanita. Meskipun pada umumnya hormon ini dikeluarkan baik oleh pria maupun wanita, namun lebih besar secara signifikan pada wanita, lebih-lebih pada wanita pada usia reproduksi.

Fungsi hormon estrogen pada wanita dan pria


Hormon estrogen pada wanita berperan dalam perkembangan s#ksual saat masa pubertas. Juga berperan mengendalikan pertumbuhan dinding rahim selama siklus menstruasi dan masa kehamilan, serta turut andil terhadap kenaikan atau penurunan berat badan. Untuk pria, salah satu fungsi estrogen adalah mengontrol kesehatan sperma. Namun, jika kadar estrogen pada pria terlalu tinggi, dapat terjadi penurunan kualitas sperma dan dapat menyebabkan disfungsi ereksi.

Pada wanita

Peran hormon estrogen yang sangat besar dalam fungsi reproduksi wanita. Pada saat wanita memasuki masa pubertas misalnya, hormon estrogen berperan terhadap perubahan fisik seperti tumbuhnya p4yudara, rambut kemaluan dan bulu ketiak, serta menyebabkan terjadinya menstruasi pertama, yang juga kemudian mengatur siklus-siklus menstruasi selanjutnya.

Pada pria

Terkait dengan sistem reproduksi, hormon estrogen ini turut andil dalam menentukan gairah s*ksual dan kualitas sperma seorang pria. Ketika kadar hormon estrogen pria dalam keadaan terlalu rendah dapat menimbulkan penurunan hasrat s#ksual. Sedangkan saat kadar hormon estrogen pria berada pada kadar yang terlalu tinggi, penurunan kualitas sperma yang berdampak pada kesuburan pria bisa saja terjadi.

Risiko mengalami disfungsi ereksi juga bisa terjadi saat kadar estrogen berada pada level yang tinggi. Untuk itu, jika pria merasa bagian dadanya mengalami pembesaran yang tidak normal menyerupai p4yudara wanita (ginekomastia), perlu untuk berkonsultasi kepada dokter karena mungkin hormon estrogen di dalam tubuhnya berada pada kadar yang tinggi.

Fungsi estrogen pada ibu hamil / kehamilan


Kehamilan merupakan proses yang sangat dinanti oleh beberapa wanita, dalam beberapa kasus kehamilan juga membawa dampak – dampak lain yang kurang berkenan pada diri wanita. Namun seiring dengan bertambahnya usia kandungan, hampir setiap wanita mengalami perubahan – perubahan signifikan di masa kehamilannya.

Inilah fungsi hormon estrogen pada ibu hamil dan dalam proses kelahiran:

  • Hormon estrogen juga memiliki peran dalam menjaga daya tahan tubuh wanita. Hal ini tentu sangat berguna sekali mengingat kondisi wanita yang tengah hamil adalah kondisi di mana tubuh sedang mengalami penyesuaian terhadap gejala – gejala kehamilan. Dengan adanya hormon estrogen sel darah putih di dalam tubuh wanita dapat diprosuksi dengan stabil dan bahkan bisa mengalami peningkatan karena daya tahan tubuh bukan hanya dibutuhkan oleh sang ibu saja, tetapi juga untuk bayi yang sedang dikandungnya.
  • Hormon estrogen juga berguna untuk merangsanng hormon kehamilan lainnya seperti prolaktin yang nantinya merangsang pertumbuhan alveolus pada p4yudara yang bertugas memproduksi susu setelah bayi dilahirkan.
  • Mengurangi resiko pendarahan pada rahim dan juga janin yang banyak sekali pembuluh darahnya. Sehingga proses kehamilanpun memiliki resiko yang sangat kecil mengalami pendarahan hebat.

Ciri ciri kelebihan hormon estrogen


Berikut ini ciri ciri kelebihan hormon estrogen pada wanita:

  • Berat badan meningkat: Jika tubuh kelebihan estrogen, berdampak pada kelebihan bobot tubuh. Tidak sedikit juga yang mengalami kesulitan untuk menurunkan bobot tubuhnya. Kondisi ini disebabkan oleh cara tubuh beradaptasi dengan kelebihan produksi hormon estrogen.
  • Mood swing: Estrogen juga berdampak pada suasana hati. Biasanya, siklus menstruasi memicu suasana hati berubah-ubah. Hal ini dipegang kuat oleh peran produksi estrogen di tubuh. Saat kadar estrogen meninggi, akan cenderung merasa cemas dan panik berlebihan.
  • Fibrosistik jaringan p4yudara: Perubahan p4yudara menjadi fibrosistik yaitu saat kualitas jaringan p4yudara berubah sedikit bergelombang. Biasanya ini disertai dengan rasa nyeri di bagian depan atau samping p4yudara.
  • Menstruasi tidak teratur: Tingginya kadar estrogen bisa menjadi pemicu menstruasi yang tidak teratur. Sebab, siklus menstruasi akan sangat bergantung pada keseimbangan hormon di tubuh.
  • Gairah s#ks menurun: Hormon estrogen juga berfungsi sebagai penghambat gairah s#ksual pada wanita. Mereka yang memiliki kadar estrogen terlalu tinggi, bisa membuat gairah s*ks menurun tanpa sebab.
  • P4yudara membengkak: P4yudara merupakan salah satu organ paling sensitif pada perubahan hormon, di mana dapat dirasakan saat siklus menstruasi terjadi tiap bulannya. Saat kadar estrogen sedang tinggi, p4yudara biasanya terasa membengkak dan sedikit nyeri.
  • Menstruasi lebih lama: Hormon estrogen sangat berperan terhadap ketebalan jaringan rahim. Semakin tebal dinding rahim, semakin lama menstruasi terjadi.

Cara mengatasi kelebihan hormon estrogen dengan cara alami


Ketika mengalami kondisi kelebihan hormon estrogen, segera melakukan pengobatan dengan berbagai cara yang alami berikut ini:

  • Berolahraga: Olahraga tidak terpungkiri merupakan cara meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat tubuh menjadi semakin sehat. Selain itu, juga dapat menjaga tubuh tetap bugar. Sebenarnya berolahraga juga mampu menurunkan kelebihan hormon estrogen. Karena semakin Anda banyak berolahraga akan semakin membuat hormon dalam tubuh seimbang. Tidak terkecuali hormon estrogen, sehingga jelas akan dapat menurunkan secara perlahan dan tentunya tanpa efek samping. Untuk itulah penting bagi Anda untuk melakukannya.
  • Makanan Organik: Makanan organik atau herbal di era sekarang memang sangat populer. Hal ini memang disebabkan oleh tingkat kesadaran masyarakat kita yang tinggi akan kesehatan. Selain itu, juga makanan organik rendah akan berbagai bahan atau zat kimia yang terbawa oleh pupuk atau obat hama. Makanan organik ketika masuk ke dalam tubuh akan secara alami menurunkan hormon estrogen. Karena kesimbangan dari nutrisi tercukupi dengan baik.
  • Mengurangi Asupan Kafein: Kafein memang tidak baik untuk tubuh karena dapat menyebabkan kecanduan. Sesungguhnya kafein ini juga dapat mampu meningkatkan hormon estrogen dan menurunkan hormon teroid, yang menciptakan kekacauan dalam tubuh.
  • Kurangi Asupan Susu: Susu merupakan salah satu minuman yang mengundung vitamin dan kalsium yang tinggi. Dalam makanan empat sehat susu bahkan menjadi penyempurna. Namun, tahukan Anda dsusu dapat meningkatkan hormon estrogen. Sehingga, jelas bagi Anda yang kelebihan dalam hormon ini wajib untuk dihindari. Sebab akan membuat dampak yang buruk bagi tubuh Anda.
  • Kurangi mengkonsumsi Bir:Bir atau minuman beralkohol memang tidak baik untuk tubuh. Sebab kandungan alkohol inilah yang akan merusak organ-organ dalam tubuh. Selain itu, juga dapat menyebabkan mabuk atau kehilangan kesadaran dan menyebabkan stroke .  Bagi Anda yang mengalami kelebihan dari hormon estrogen penting untuk mengurangi bir atau minuman beralkohol.
  • Kacang-kacangan:Semua jenis kacan-kacangan ini mampu menurunkan kelebihan hormon dalam tubuh, salah satunya adalah hormon estrogen. Dalam jenis kacang-kacangan ini mengandung beta-sitosterol yang mampu menurunkan kolesterol dalam darah. Selain itu, berbagai kandungan lain juga mampu menyeimbangkan hormon dalm tubuh, termasuk hormon estrogen. Ini merupakan kabar bagus untuk Anda yang kelebihan hormon ini.
  • Daging Organik:Daging organik memiliki manfaat untuk menurunkan kelebihan hormon dalam tubuh. Sebab daging inilah yang akan menjaga keseimbangan hormon yang ada dalam tubuh. Selain itu, memang apapun yang organik memiliki manfaat yang tinggi dan tanpa efek samping untuk tubuh. Berbeda dengan yang buatan atau ada campuran dengan bahan berbahaya.
  • Mengkonsumsi Jamur: Jamur sudah banyak diketahui sebagai salah satu jenis bahan makanan yang dapat dijadikan berbagai olahan. Namun, tahukan Anda jamur dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi kelebihan hormon estrogen. Hal ini dikarenakan dalam jamur terkandung enzim yang dapat mengurangi produksi aromataze. Enzim inilah yang berfungsi untuk mengatasi kelebihan hormon estrogen. Dalam mengolahnya jamur dapat djadikan sup atau dibuat salat buah.
  • Tidur yang cukup:Kualitas tidur memang sangat diperlukan untuk tubuh. Tidur inilah yang akan mengambalikan seluruh setamina dalam tubuh. Tidak saja itu, juga akan mengistirahatkan organ-organ tertentu karena telah seharian beraktivias secara berlebih. Dengan tidur inilah yang membantu menjaga kesehatan. Ternyata tidur yang cukup juga akan berpengaruh pada hormon terutama estrogen dan menyebabkan stres. Semakin tidur tidak beraturan akan semakin tinggi hormon jenis ini. Berbeda ketika Anda tidur cukup secara perlahan akan mampu menurun. Karena memang kebutuhan istirahat tercukupi.
  • Mengkonsumsi Wortel:Kelebihan hormon estrogen membayakan untuk tubuh. Salah satu sayuran yang baik untuk seseorang yang kelebihan hormon jenis ini adalah wortel. Sebab dalam wortel inilah yang dapat mendetoksisasi estrogen dan memiliki banyak vitamin. Sehingga, secara perlahan akan membuat hormon kembali normal. Penting untuk Anda mengkonsumsi wortel sehari minimal tiga kali untuk proses penyembuhan yang optimal.

Kekurangan hormon estrogen


Tanda dan gejala kekurangan hormon estrogen dapat bervariasi dan mungkin tergantung pada seberapa berat rendahnya kadar estrogen pada seorang wanita. Beberapa tanda dan gejala kekurangan hormon estrogen termasuk gangguan tidur yang dapat menyebabkan kelelahan ekstrim di siang hari, ketidakmampuan untuk fokus. Gangguan tidur ini mungkin akibat dari kombinasi jantung berdebar-debar, hot flashes, berkeringat di malam hari, dan menggigil dingin. Gejala lain akibat hormon estrogen yang rendah yaitu nyeri sendi , sakit kepala, kulit kering dan v4gina mengering, tulang menjadi rapuh dan mudah patah, meingkatnya resiko infeki kandung kemih. Setiap kombinasi dari tanda-tanda dan gejala estrogen rendah ini dapat menyebabkan depresi berat.

Untuk mengatasi kekurangan hormon estrogen, anda bisa mengkonsomsi makanan yang banyak mengandung hormon estrogen.

Baca juga: Pria Tercantik di Dunia Lengkap dengan Koleksi Fotonya


Makanan yang mengandung hormon estrogen 


Berikut ini makanan yang mengandung kadar hormon estrogen yang tinggi:

  • Biji Rami : Biji rami mengandung Phytoestrogen yang disebut dengan lignan. Biji ini bisa digunakan dalam roti, sereal dan salad untuk meningkatkan tingkat penyerapannya. Biji rami mengandung fitoestrogen paling tinggi: 379.380 mcg per 100 g, dan sekitar 85,5 mg lignan dalam satu ons biji rami. 
  • Bawang Putih : Bawang putih juga merupakan sumber isoflavonoid dengan 603.3mcg fitoestrogen per 100 g. Bawang putih adalah salah satu bahan makanan yang banyak digunakan dalam masakan di seluruh dunia. 
  • Kedelai Yogurt : Yogurt kedelai atau bean curd yogurt adalah yogurt yang terbuat dari susu kedelai. Secangkir yoghurt ini mengandung  21mg isoflavon,  atau 10.275 mcg fitoestrogen per 100 g. 
  • Susu Kedelai : Susu kedelai adalah minuman yang terbuat dari kedelai yang diekstrak, yang juga kaya fitoestrogen yang disebut isoflavon. Satu cangkir susu kedelai mengandung sekitar 30 mg flavon atau 2,957.2 mcg fitoestrogen per 100 g . 
  • Aprikot Kering , Prune Dan Kurma : Aprikot kering jauh lebih memberikan tinggi fitoestrogen daripada aprikot alami. Aprikot kering mengandung 445,5 mcg fitoestrogen per 100 g. Kurma kering dengan 329,5 mg per 100g isoflavoids, sementara plum kering atau prunes dengan 177.5mcg per 100 g. Mereka  juga merupakan sumber estrogen yang baik.
  • Tahu : Tahu dibuat dari kedelai yang tinggi phytoestrogen atau yang disebut isoflavon. 3 ons tahu menawarkan 20 mg isoflavon atau sekitar 27,150.1 mcg fitoestrogen per 100 g . 
  • Biji Wijen : Biji wijen juga mengandung fitoestrogen yang dikenal dengan lignan. Biji ini biasa digunakan untuk membuat berbagai macam hidangan dan juga dapat ditaburkan di atas makanan pembuka tertentu. Satu ons biji wijen mengandung 11,2 mg lignan, atau 8008.1mcg fitoestrogen 100 g. Perbandingan dengan biji bunga matahari atau biji helianthus, yang lebih sedikit fitoestrogen, yaitu hanya 216 mcg per 100g . 
  • Roti : Seluruh biji-bijian seperti gandum, barley, rye dan gandum mengandung fitoestrogen yang dikenal dengan lignan. Jumlah unit per berat tergantung dari konsentrasi biji-bijian dalam roti. 
  • Kedelai : Kedelai merupakan salah satu sumber makanan yang kaya fitoestrogen. Asupan makanan yang kaya estrogen seperti kedelai ini dikenal dapat membantu gejala pada siklus menstruasi pada wanita. Makanan Ini adalah pilihan yang cocok untuk camilan saat membutuhkan gizi yang banyak. Satu cangkir kedelai mengandung 24 mg isoflavon atau 103.920 mcg fitoestrogen per 100 g . 
  • Buncis : Per 100gr Kacang buncis memberikan 993 mcg fitoestrogen. Buncis biasa diolah sebagai sayuran, direbus dsb.
Fungsi Hormon Estrogen pada Wanita dan Pria [Lengkap] Rating: 4.9 Diposkan Oleh: Presiden Jokowi

0 komentar untuk Fungsi Hormon Estrogen pada Wanita dan Pria [Lengkap]