Tips Liburan Ke Bogor Jika Ada Sistem Buka-Tutup Jalur
source: indexberita.com

Wilayah Bogor dan sekitarnya adalah salah satu destinasi liburan keluarga favorit saat akhir pekan. Keluarga dari wilayah sekitarnya seperti Jakarta, Depok, Bandung, dll berbondong-bondong berkunjung ke Kota Hujan ini untuk menikmati pesonanya. Wajar saja, soalnya Bogor memiliki panorama alam yang sangat memesoana. Udaranya pun sejuk sehingga sangat nyaman untuk dinikmat. Selain itu, banyak tempat-tempat seru dengan fasilitas mumpuni yang bisa dikunjungi.

Tapi dengan banyaknya keluarga yang berlibur ke Bogor, jalan menuju kawasan ini pun menjadi sangat padat, khususnya di jalur menuju puncak. Tak jarang, pihak berwenang pun mengeluarkan kebijakan buka-tutup jalur untuk mengurai kemacetan dari atau menuju Bogor. Oleh karena itu, agar momen liburanmu tidak terlalu terganggu oleh kemacetan, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat sedang berlaku buka-tutup jalur di jalan menuju kawasan Bogor dan sekitarnya, di antaranya:

Mengetahui Jadwal Buka Tutup-Jalur
Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu mencari informasi mengenai kapan jalur menuju destinasi favoritmu sedang dibuka, bukan sebaliknya. Dengan berada di jalur tersebut tepat saat sedang dibuka, maka kamu tidak akan terhambat kemacetan yang sangat panjang. Namun bila sebaliknya, maka kamu harus menunggu jalur yang kamu gunakan dibuka dan ini bisa sangat lama.  Biasanya pihak berwenang akan membuka jalur menuju puncak sekitar pukul 09.00 WIB - 11.30 WIB dan membuka jalur sebaliknya pada pukul 15.00 WIB - 17.00 WIB. Di luar jam tersebut, polisi akan membuka dua jalur dari dan menuju puncak. Jadwal ini tentu dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk itu, rajinlah update informasi dari media atau media sosial terkait.

Kenali Jalur Alternatif
Bila kemacetan tetap terjadi atau kamu tidak sempat berada di jalur yang sedang dibuka tepat waktu, mencari jalur alternatif adalah pilihan terbaik. Biasanya, pihak terkait akan memberikan informasi jalur alternaif mana saja yang bisa digunakan, Tapi selain itu, sebaiknya kamu pun mencari tahu sendiri jalur alternatif mana yang bisa dipilih melalui internet atau peta digital. Jadi, kamu akan lebih mudah menemukan jalur tercepat menuju destinasi utama.

Pastikan Bahan Bakar Selalu Terisi Penuh
Dengan jalur yang cukup menanjak ditambah dengan situasi yang cukup padat, konsumsi bahan bakar pada kendaraan yang kamu pakai tentu akan semakin besar. Untuk mengindari terjadinya kehabisan bahan bakar di situasi yang tidak tepat, jangan malas untuk mengisi bahan bakar hingga penuh sebelum memasuki jalur yang padat tadi. Hal ini karena mencapai tempat pemgisian bahan bakar saat situasi macet tidaklah mudah. Dengan bahan bakar yang terisi penuh, kamu pun bisa lebih bebas berpergian saat berada di puncak.

Jangan Lupa Bawa Camilan dan Minuman
Kemacetan yang terjadi dipuncak tidak terjadi dalam hitungan menit, melainkan bisa berjam-jam. Jadi selain mengisi bahan bakar untuk kendaraan, kamu pun perlu memberi asupan makanan dan minuman untuk tubuh sendiri agar tetap memiliki energi untuk melanjutkan perjalanan. Soalnya, belum tentu kamu bisa menemukan penjual makanan dan minuman dengan mudah selama perjalanan. Seperti kata pepatah, sebaiknya kamu ‘sedaia payung sebelum hujan’.

Membawa Car Charger
Tak hanya tubuh dan kendaraan saja yang perlu diisi energi, smartphone yang kamu bawa pun membutuhkannya agar tetap menyala. Dengan smartphone yang selalu menyala, banyak hal yang bisa dilakukan seperti cek promo hotel sekaligus memesan hotel di Bogor terbaik di sekitar tempat tujuan, mengubungi orang-orang tertentu, meminta bantuan, hiburan, dan sebagainya. Oleh karena itu, jangan lupa membawa car charger untuk mengisi daya selama diperjalanan. Meskipun berdampak kurang baik terhadap baterai smartphone, tapi setidaknya bisa memberikan manfaat yang tidak sedikit.

Ajak Supir Cadangan
Meskipun ada makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi untuk menambah energi, tetap saja tubuhmu bisa sangat kelelahan saat berada dalam kondisi macet. Saat lelah, resiko terjadinya kecelakaan pun semakin tinggi, Untuk menghindari hal buruk itu, sebaiknya ajak orang yang bisa mengendarai kendaraan dan memiliki Surat Ijin mengemudi. Jadi saat kamu merasa lelah, orang tersebut bisa menggantikan posisimu untuk sementara. Kamu pun tidak perlu menepi sementara untuk mengobati lelah sehingga perjalanan tidak kembali terhambat.

Jadi, jangan ragu untuk liburan ke kawasan Bogor dan sekitarnya karena ada banyak hal menarik yang bisa kamu dapat. Sekarang,  waktunya membuat rencana liburan ke kawasan Bogor dan sekitarnya untuk menikmati pesona yang tersaji di sana. Jangan lupa untuk cek promo hotel dari sekarang untuk mendapatkan hotel di Bogor terbaik dengan harga yang lebih murah.

Tips Liburan Ke Bogor Jika Ada Sistem Buka-Tutup Jalur

Kamu dapat mengunjungi situs reservasi.com untuk cek promo hotel karena ada banyak kamar hotel di kawasan Bogor dan sekitarnya yang bisa kamu temukan dengan penawaran harga terbaik.

Related Posts