Windows™  adalah  produk  dari  Microsoft  yang  merupakan perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates (yang kini menjadi orang terkaya di dunia)  seorang  jebolan  Havard  University.  Diawali  dengan  pembelian QDOS  oleh  Microsoft  untuk  dibuat  menjadi  sistem  operasi  PC  DOS (Personal Computer Disk Operating System) yang dijual bersama IBM PC. Microsoft  sendiri  menjual  secara  terpisah  dengan  nama  MS  DOS  yang populer  hingga  versi  6. MS  DOS  yang  berbasis  teks  menjadi  landasan untuk pengembangan Windows yang berbasis grafis.

Sejarah Perkembangan Windows Hingga Saat Sekarang

Microsoft  merilis Windows  1.0 pada tahun 1985 yang sebenarnya bukan  sistem operasi  penuh  tetapi lebih merupakan  pengembangan  MS DOS  karena  harus  dijalankan  lewat  MS  DOS.  Microsoft  bekerja  sama dengan  Apple  membuat  beberapa  aplikasi  desktop.  Versi  berikut  yang dirilis adalah Windows 2.0, Windows/286, Windows/386. Tahun 1990 diluncurkan  Windows  3.0 yang sukses dengan  berbagai  fitur, misalnya  : multisking, multimedia, dan dapat berjalan disemua prosesor Intel

Windows 3.1 dirilis sebagai perbaikan Windows 3.0 dan disusul Windows 3.11 yang merupakan versi akhir seri 3. Disaat yang bersamaan Microsoft merilis Windows for Workgroup 3.11 yang memberi kemampuan lebih  untuk  bekerja  di  jaringan.  Pengembangan   Windows  selanjutnya terbagi 2 yaitu : Windows NT dan Windows 9x.

Windows  NT  3.1  (Network)  dikembangkan  ditahun  1992  dengan fokus  pada  jaringan  dan  mengenalkan  sistem  file  NTFS.  Windows  NT menjadi   populer   untuk   sistem   operasi   jaringan   dan   mengambil   alih dominasi  Novell  (sistem  operasi  jaringan  berbasis  teks). Pengembangan teknologi  32-bit  API  (Application  Programming  Interface)  menjadi  poin penting yang disebut juga Win32. Rencana penggabungan sistem operasi jaringan (Windows NT) dengan desktop (Windows 98) mulai digulirkan walaupun realisasinya hingga tahun 2001.

Windows 98 dirilis tahun 1995 sebagai sistem operasi desktop yang pangsa pasarnya paling luas. Dengan menerapkan 32-bit dan multitasking serta tampilan grafis yang lebih baik serta konsep plug and play. Microsoft Plus! menjadi tambahan applikasi yang dijual bersama Windows 95 yang merupakan program theme/skin untuk mempercantik tampilan windows.

Windows   NT   4.0   dengan   versi   Workstation,   Server,   Server- Enterprise Edition, dan Terminal Server. Di tahun 1998 dirilis Windows 98 dengan dukungan terhadap FAT32 dan mendukung USB serta mengitegrasikan Internet Explores web browser di dalamnya. Tahun 1999 dirilis Windows 98 Second Edition dengan kemampuan Internet Connection 

Sharing  yang  mengijinkan  mesin  lain  dalam  LAN  berbagi  pakai  satu koneksi internet. Dukungan terhadap hardware juga meningkat dengan semakin banyaknya hardware yang disupport.

Windows 2000 lahir di tahun 2000 sebagai nama lain dari Windows NT 5.0  dan  tetap  berfokus  pada  jaringan  dan  server.  Pada  tahun  yang sama diluncurkan Windows Me (Millennium Edition) yang merupakan pengembangan Windows 98 dengan fitur multimedia dan internet. Sebagai sistem operasi  peralihan  ke Windows  XP, Windows  Me banyak memiliki eror sehingga tidak laku dipasaran.

Di tahun 2001 diluncurkan Windows XP yang merupakan gabungan dari Windwos NT/2000 dan Windows 9x/Me. Dengan merilis 3 service pack untuk menutup lubang keamanannya, Windows XP menjadi sistem operasi dalam keluarga Windows yang paling berhasil dan bertahan hingga 2007 bahkan   hingga   kini   terus   diminati   oleh   pengguna   komputer   apalagi Windows Vista kurang mendapat sambutan hangat dari pasar.

Windows   Vista   sebagai   penerus   Windows   XP   menambahkan berbagai aplikasi multimedia dan internet. Selain itu hadir dalam versi 32-bit dan  64-bit.   Penjualan   Windows   Vista  kurang   laku  dipasaran   karena tuntutan hardware yang tinggi serta program keamanan yang dirasa ‘terlalu aman’ hingga mengganggu kenyamanan pengguna.

Untuk  memperbaiki  Windows  Vista  yang  dianggap  ‘gagal’, diluncurkan  Windows  7  di  tahun  2009  dengan  fitur  yang  hampir  sama dengan Windows Vista disertai dengan perbaikan untuk keamanan dan kecepatannya.  Selain itu juga diluncurkan Windows Server 2003 di tahun 2003 dan Windows Server 2008 di tahun 2008.

Related Posts