Sejarah Perkembangan dan Jenis Server pada Sistem Komputer Server

Desember 19, 2017
Tahun 1989, Tim Berners-Lee mengajukan pada perusahaannya, CERN (European Organization for Nuclear Research) sebuah proyek yang bertujuan untuk mempermudah pertukaran informasi antar para peneliti dengan menggunakan sistem hiperteks.  

Sebagai  hasil  atas  implementasi  proyek  ini,  tahun  1990  Berners -Lee menulis dua program komputer Yaitu sebuah peramban yang dinamainya sebagai WorldWideWeb  danserver web pertama di dunia, yang kemudian dikenal sebagai CERN httpd, yang berjalan pada sistem operasi NeXTSTEP.
sejarah-perkembangan-jenis-sistem-komputer-server

Dari tahun 1991 hingga 1994, kesederhanaan serta efektifitas  atas teknologi yang  digunakan  untuk  berkunjung  serta   bertukar  data  melalui  Waring   Wera Wanua membuat kedua aplikasi tersebut diadopsi pada sejumlah sistem operasi agar dapat digunakan  oleh lebih banyak individu,  ataupun kelompok.  

Awalnya  adalah organisasi   penelitian,   kemudian   berkembang   dan   digunakan   di   lingkungan pendidikan tinggi, dan akhirnya digunakan dalam industri bisnis. Tahun 1994, Tim Berners-Lee memutuskan untuk membakukan organisasi World Wide Web Consortium  (W3C)  untuk  mengatur  pengembangan-pengembangan   lanjut   atas  teknologi-teknologi terkait lainnya (HTTP, HTML, dan lain-lain) melalui proses standardisasi.

Macam - Macam Jenis Server
Komputer server sendiri sebenarnya ada beberapa jenis dan dibedakan berdasarkan fungsi dari server itu sendiri, dibawah ini merupakan beberapa macam jenis server yang banyak digunakan dalam sebuah jaringan  komputer.

1. SSH Server ( Secure Shen )
SSH Server merupakan  komputer  server yang  dipasang  sebuah aplikasi  khusus sehingga  kita  bisa  mengendalikan  atau  mengirimkan  perintah  eksekusi  kepada server tersebut dari jarak jauh ( remot ). aplikasi SSH ini biasanya menggunakan port standart 21.

2. DNS ( Domain Name System )
DNS Server merupakan sebuah server yang dipasang sebuah aplikasi agar supaya dapat berfungsi untuk menterjemahkan  sebuah nama domain ke IP address,  jadi sobat tidak perlu mengingat  nomer  ip sebuah komputer, cukup  mengingat  nama domain dari komputer tersebut. Biasanya DNS Server menggunakan port 53 dalam pengaplikasiannya.

3. WEB Server
Web Server merupakan sebuah komputer server yang dilengkapi dengan aplikasi khusus   agar   bisa  digunakan   untuk  melayani  permintaan   HTTP/HTTPS   dari komputer  client   dan  mengirimkan   kembali  data   yang  diminta   dalam   bentuk dokument html (web), Web Server juga bisa didefinisikan sebagai komputer yang berfungsi  untuk  menyimpan  file  -  file  halaman  website.  Biasanya  Web  Server  menggunakan port 80 untuk akses menggunakan protokol http dan port 443 untuk akses menggunakan protokol https.

4. DHCP Server (Dynamic Host Configuration Protocol)
Sebuah  komputer  server  dengan  aplikasi khusus  dan  berfungsi  untuk memanagement  pengalokasian  alamat  IP  dalam sebuah  jaringan.  Dengan  adanya server ini sobat tidak usah melakukan pengisian alamat IP pada masing - masing komputer client, karena akan diberikan secara otomatis oleh server ini. Port yang digunakan untuk DHCP adalah port 67 atau 68.

5. Mail Server
Merupakan sebuah komputer server yang dilengkapi aplikasi yang berfungsi untuk mendistribusikan file - file atau data informasi sebagai respons atau permintaan yang nantinya dapat dikirim via email, juga pada bitnet untuk layanan seperti FTP (File Transfer Protocol). Port yang digunakan untuk Mail Server adalah 110 ( IMAP ) , 143 ( POP ) , 25, 2525 ( SMTP )untuk akses dengan protokol http, 993 ( IMAP ) , 995 ( POP ), 465 ( SMTP ) untuk akses dengan protokol https.

6. Proxy Server
Proxy server merupakan sebuah komputer atau aplikasi komputer yang mempunyai fungsi  untuk  menghubungkan   sebuah  komputer  dalam  jaringan  LAN  dengan jaringan internet. Proxy server juga bisa disebut dengan istilah Gateway Server atau sebuah gerbang yang menghubungkan  jaringan  lokal dengan jaringan  luar.  Tidak hanya itu, server ini juga mempunyai kemampuan untuk securty dan penyimpana riwayat   halaman   website   yang   telah   sobat   kunjungi  sebelumnya,   jadi   akan menghemat  penggunaan  bandwith  nantinya.  biasanya  port yang digunakan  untuk proxy server adalah port 8080. 

7. Samba Server
Merupakan sebuah komputer  server yang dilengkapi dengan sebuah aplikasi dan berfungsi untuk melayani permintaan sharing atau tukar menukar  data antara dua komputer client yang berbeda sistem operasinya misalnya Linux dan Ms. WIndows. Port yang digunakan untuk Samba Server adalah 137 d an 139.

8. FTP Server
Sebuah komputer server yang digunakan untuk sharing file atau tukar menukar data pada jaringan server atau client yang support TCP/IP. port yang digunakan untuk mentranfer data menggunakan protokol FTP adalah port 21.

9. Database Server
Database server merupakan sebuah komputer dan dilengkapi dengan aplikasi yang berfungsi untuk menyediakan layanan penyimpanan Database. port yang digunakan untuk Database Server biasanya 3306 ( Mysql ) dan 5432 ( PgSQL ).

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »