Perkembangan Sistem Komputer Tersemat dan Kegunaan Embedded System

Desember 21, 2017
Sistem embedded modern yang pertama dikenal adalah Apollo Guidance Computer yang dibuat oleh Charles Strak Draper di sebuah laboratorium Instrumen MIT. Apollo  Guidance  Computer  (AGC) merupakan  on-board  digital computer (papan komputer  digital),  yang diinstall di setiap  acecraft  program Apollo,  baik Command module (CM) dan Lunar Module (LM).
Perkembangan Sistem Komputer Tersemat dan Kegunaan Embedded System
Disediakan pula on-board computation untuk mendukung spacecraft guidance, navigasi, dan kontrol. Software AGC ditulis dalam bahasa assembly AGC. Sementara itu embedded system yang pertama  kali  diproduksi  massal  adalah  Autonteics  D-17  guidance  (1961).  Alat tersebut di bangun mempergunakan transistor logic dan hard disk sebagai memori utama. 

Setelah tahun 60'an. Dimana telah ditemukannya IC (Intregrated Circuit), embedded system mengalami peningkatan dalam hal produksi dan penurunan harga. Apollo  flight  computer  merupakan  yang  pertama  menggunakan  IC.  Ketika  itu banyak dikembangkan system yang dapat melakukan tugas yang lebih canggih dan kompleks. Seperti Mikroprosesor pertama intel 4004, yang berhasil dimanfaatkan untuk pembuatan  kalkulator  dan system lainnya,  system tersebut  mulai membutuhkan tambahan memori dan chip pendukung.

Kegunaan Embedded System 
Embedded system yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu, bukan menjadi komputer tujuan umum untuk berbagai keperluan. Beberapa juga memiliki real-time performance kendala yang harus dipenuhi, dengan alasan seperti keamanan dan kegunaan yang lainnya mungkin tidak memiliki kinerja persyaratan atau rendah, yang memungkinkan  perangkat  keras  sistem harus  disederhanakan  untuk mengurangi biaya.

Embedded  sistem tidak selalu perangkat mandiri. Banyak embedded  system terdiri  dari kecil,  bagian  komputerisasi  dalam  perangkat  yang  lebih  besar  yang melayani tujuan  yang lebih  umum.  Sebagai contoh,  Gibson fitur  sebuah  sistem embedded  untuk tuning senar, tetapi tujuan keseluruhan dari Robot Guitar,  tentu saja, untuk memutar musik. Demikian pula, sebuah sistem embedded dalam mobil menyediakan fungsi spesifik sebagai subsistem dari mobil itu sendiri.

Instruksi program ini ditulis untuk embedded system disebut sebagai firmware, dan disimpan dalam memori hanya-baca atau Memori Flash Chip. Mereka berjalan dengan  sumber  daya  perangkat  keras  komputer  yang  terbatas:  memori  kecil, keyboard kecil atau tidak ada dan / atau layar.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »