Baca Juga:

Perangkat keras komputer adalah peralatan ’mati’ yang tidak bisa melakukan pekerjaan apapun tanpa ada instruksi/program yang menjalankannya. Program ini disebut perangkat lunak.  Software bukan hanya untuk mengedalikan   hardware   tetapi   membantu   user   untuk   menjalankan   sistem komputer sehingga dapat melakukan berbagai pekerjaan.

Pengertian Perangkat Lunak (Software) Pada Komputer

Software adalah kumpulan instruksi-instruksi berurutan yang membentuk suatu program yang dipasang dan dijalankan  oleh hardware  untuk suatu tugas intelektual tertentu. Oleh karena itu software sering disebut antarmuka/interface intelektual dari sistem komputer.

Proses penulisan/pembuatan software disebut programming, sedangkan orang yang melakukannya disebut programmer.

Software menurut pembayarannya dapat digolongkan menjadi :
1.  Full Berbayar
2.  Shareware/Trial/Demo
3.  Freeware

Software menurut hak ciptanya dapat digolongkan menjadi :
1.  Copyright
2.  Copyleft/Open Source

Software dapat dibedakan atas dua golongan besar, yaitu :
1.  Software Sistem
2.  Software Aplikasi

Software merupakan lapisan/layer yang menghubungkan  hardware dengan user merupakan  software  yang  paling  dekat  dengan hardware  sedangkan  sofware aplikasi merupakan  software yang paling dekat dengan user.

Software sistem adalah
• Program yang menjadi perantara antara user dengan hardware.
• Program  yang  mengendalikan  eksekusi  program  aplikasi  sehingga  dapat berjalan lebih efisien dan menghindari kesalahan penggunaan hardware yang tidak sesuai.

Software sistem dapat dibagi atas tiga golongan, yaitu :
- Mengendalikan     seluruh    operasi    pada    komputer,     termasuk memonitoring status komputer dan pendjadwalan operasi
- Mengatur resource sistem : CPU, memori, I/O
- Menyediakan   interface  antara  user  dan  hardware.  Interface  ini membuat  hardware  yang begitu  kompleks  menjadi  terlihat  mudah oleh user sehingga user mudah dalam mengendalikan hardware.
- Mengatur  peralatan  I/O  agar  dapat  berhubungan  dengan  sistem komputer. Tiap peralatan I/O harus memiliki program yang dipasang pada sistem operasi agar dapat dikenali dan dikendalikan. Program inilah  yang  disebut  device  driver.  Peralatan   I/O  terdiri  atas  3  komponen, yaitu : hardware I/O itu sendiri, controller dan software device driver.
- Dukungan dan perluasan program yang ada
- Program    yang   digunakan    untuk   backup    file,   recover    data, defragmenasi disk,  kompresi      data,      memonitor      perfomance komputer, dan lain-lain.
Pengertian Perangkat Lunak (Software) Pada Komputer Rating: 4.9 Diposkan Oleh: Presiden Jokowi

0 komentar untuk Pengertian Perangkat Lunak (Software) Pada Komputer