Baca Juga:

Microsoft Windows
Microsoft Windows. atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka berbasis grafik (graphical user interface). Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis  modus  teks  dan command-line.

Windows   versi  pertama,   Windows   Graphic   Environment   1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November  tahun 1985,  yang  dibuat untuk memenuhi kebutuhan  komputer dengan tampilan bergambar. 

Pengertian Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS

Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. 

Beberapa versi terakhir dari Windows  (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.

Linux
Linux adalah nama yang diberikan  kepada sistem operasi komputer  bertipe Unix.  Linux  merupakan  salah satu  contoh  hasil pengembangan  perangkat  lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya  pada  umumnya,  kode sumber  Linux  dapat dimodifikasi,  digunakan  dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Nama "Linux" berasal dari nama kernelnya (kernel Linux), yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya  berasal  dari sistem  operasi  GNU,  yang  diumumkan  tahun  1983  oleh Richard  Stallman.  Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya  nama  alternatif GNU/Linux

Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server, dan didukung oleh perusahaan-perusahaan  komputer  ternama  seperti  Intel,  Dell,  Hewlett-Packard, IBM,  Novell,  Oracle  Corporation,   Red  Hat,  dan  Sun  Microsystems.   Linux digunakan  sebagai  sistem  operasi  di  berbagai  macam  jenis   perangkat   keras komputer, termasuk komputer desktop, superkomputer,, dan sistem benam seperti  pembaca buku elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3 dan XBox), telepon genggam dan router.

Para pengamat  teknologi  informatika  beranggapan  kesuksesan  Linux dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence),  biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas  yang tinggi dibandingkan versi UNIX tak  bebas,  serta  faktor  keamanan  dan  kestabilannya  yang  tinggi  dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows.

Ciri-ciri   ini   juga   menjadi   bukti   atas   keunggulan   model   pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software). Sistem operasi Linux yang dikenal  dengan  istilah  distribusi  Linux  (Linux  distribution)  atau  distro  Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman,  basisdata, tampilan  desktop (desktop environment)  seperti GNOME,KDE  dan  Xfce  juga  memiliki paket  aplikasi  perkantoran  (office  suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, dan Gnumeric.

Mac OS
Macintosh Operating System atau yang biasa kita singkat dengan sebutan Mac OS, adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Inc. Mac OS merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan Graphical User Interface (GUI). 

Orang- orang penting pada Macintosh yaitu Bill Atkinson, Jef Raskin dan Andy Hertzfeld. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh, jenis apel yang disukai Jef Raskin. Mac OS diciptakan oleh para peneliti Xerox PARC dan diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Tetapi Apple lah yang  mempolulerkan  dan  belakangan  diikuti  oleh  Microsoft.  Dalam  versi  awal-  awalnya Mac OS memiliki fungsi yang setara dengan Windows 95. Agar Mac OS dapat dengan mudah di jalankan  oleh orang yang baru belajar  komputer,  Apple membuat Macintosh yang biasa-biasa saja. 

Apple juga sengaja menembunyikan keberadaan sistem operasi ini untuk membedakan Mac OS dengan sistem operas i yang lain nya seperti MS-DOS, yang lebih mudah digunakan daripada Mac  OS. Dalam perkembangannya  Mac OS terdiri dari 2 jenis yaitu Mac OS Klasik dan Mac OS X .  Mac OS klasik yakni Mac OS dari System 1-9. Sedangkan Mac OS 10 di ganti dengan Mac OS X atau dalam angka romawi yang berarti sepuluh. Berikut adalah perkembangan Mac OS dari Sistem 1 sampai Mac OS X 10.9 Mavericks
Pengertian Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS Rating: 4.9 Diposkan Oleh: Presiden Jokowi

0 komentar untuk Pengertian Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS