Bidang Perpustakaan Sekolah Pusat Pembinaan Perpustakaan telah mengadakan suatu penelitian tentang keadaan perpustakaan di Indonesia.

Masalah Yang Sering Dihadapi Oleh Perpustakaan Sekolah

Dari penelitian tersebut diperoleh :
1. Banyak sekolah belum menyelenggarakan perpustakaan
2. Banyak perpustakaan sekolah yang belum menyelenggarakan layanan secara semestinya, dan hanya merupakan tempat penyimpanan buku belaka
3. Ada sejumlah kecil perpustakaan sekolah yang telah terselenggara secara memadai, tetapi belum jelas mengaitkannya dengan kegiatan belajar mengajar
4. Keberadaan dan kegiatan perpustakaan sekolah sangat tergantung dari sikap Kepala Sekolah, karena beliaulah yang memegang kebijaksanaan dalam pendanaan
5. Tidak adanya tenaga pustakawan yang tetap, kebanyakan perpustakaan dikelola oleh seorang guru yang setiap saat dapat dimutasikan
6. Pekerjaan pustakawan kurang disukai, dan bahkan dianggap lebih rendah dari tugas guru. Ada perpustakaan yang pengelolaannya diserahkan kepada petugas tata usaha
7. Koleksi perpustakaan sekolah umumnya sangat lemah dan belum terarah
8. Layanan perpustakaan belum dilaksanakan dengan ketentuanketentuan, karena kurangnya tenaga yang terdidik
9. Sumber dana yang sangat terbatas
10. Banyak sekolah tidak mempunyai ruangan khusus untuk perpustakaan
Selanjutnya Perpustakaan Sekolah hendaknya membuat murid dan guru untuk pandai membaca. Pandai menggunakan waktu senggangnya untuk membaca. Sebab sebenarnya membaca itu membuat kita menjadi cerdas dan memberikan banyak pengalaman yang sangat berharga.

Kepandaian membaca bisa meningkatkan pengetahuan kita dan memperlancar jalannya pendidikan yang kita tempuh. Biasanya anak atau orang yang tidak bisa membaca akan mendapatkan kesukaran dalam sekolah atau peningkatan memasyarakatan. Murid yang demikian ini kalau di Barat mendapatkan apa yang disebut dengan “remedial reading”. Atau kalau disini perlu dibimbing belajar.

Dewasa ini kita dihadpakn kepada sebuah situasi yang aneh. Kalau kita tinggal diam saja di rumah tidak mau melihat apa yang terjadi di luar, seakan dunia ini sudah demikian saja berlalu tanpa terasa kekuarangan suatu apa. Tetapi jika kita mau melihat keluar sejenak, maka kita akan melihat kemajuan dunia yang berputar semakin pesat, teknologi semakin maju dan pembangunan yang maha hebat telah dikerjakan oleh sementara orang.

Kalau kita hanya mengikuti yang pertama, kita akan sangat ketinggalan dan lebih dari itu kita akan digilas oleh pembangunan, tahu-tahu rumah kita digusur atau sudah jadi abu, karena akan dibangun sebuah usaha atau industri yang bermanfaat bagi kita. Karena itu kita harus memilih untuk mau menengok keluar, agar bisa melihat laju pembangunan. Bukan sekedar menjadi objek pembangunan, tetapi menjadi subjek pembangunan. Memalui profesi perpustakaan kita ikut ambil bagian, “mencerdaskan kehidupan bangsa”.

Pembangunan adalah masalah teknologi, dan teknologi adalah masalah informasi. Sedangkan informasi adalah masalahnya perpustakaan. Demikianlah yang dapat kami simpulkan, tidak mungkin kita memiliki teknologi canggih kalau kita tidak memiliki informasinya.

Dalam hal ini kita akan menyorot lebih dalam mengenai salah satu jenis perpustakaan, yaitu perpustakaan sekolah. Jenis perpustakaan ini menjadi penting untuk disorot, karena lembaga ini akan memberikan dasar dari segala dasar. Mengapa demikian ? dari perpustakaan sekolah diharapkan kita bisa menemukan kembali mutu pendidikan dasar kita, yang notabene akan menjadi dasar bagi pendidikan berikutnya atau menjadi bekal utama kita dalam menempuh kehidupan ini. Kita sering mendengar mutu guru yang sudah demikian merosot, mutu tersebut akan bisa kita tingkatkan kalau kita mau menengok ke perpustakaan. Dari perpustakaan sekolah ini diharapkan guru mau belajar lagi membaca apa yang berhubungan dengan masalah belajar mengajar.


Di perpustakaan sekolah anak dapat mengembangkan minat mereka mencari bacaan dan memperkaya pengalaman melalui bacaan yang tersedia. Melalui perpustakaan sekolah diharapkan anak dapat mengembangkan keterampilan untuk mencari informasi untuk keperluan mereka secara mandiri. Mereka kita berikan wawasan mengenai “era informasi”. Kita jelaskan menegnai “era globalisasi”. Kita beri tahu cara mengatasi hidup dalam kedua era tersebut. Bagaimana perpustakaan bisa menjawab kedua tantangan tersebut. Untuk keperluan itu marilah kita tengok apa yang menjadi fungsi dan tugas perpustakaan sekolah.

Related Posts