Baca Juga:

Manfaat dan tujuan perpustakaan sekolah tidak boleh menyimpang dari tugas dan fungsi sekolah di mana perpustakaan bernaung. Cepatnya perkembangan ilmu pemgetahuan di segala bidang dewasa ini membuat manusia sadar bahwa tugas sekolah tidak cukup melatih ingatan dan kemahiran dalam beberapa mata pelajaran saja. Isi pelajaran tidak dapat lagi dibatasi kepada si buku pelajaran dan metoda mengajar tidak cukup berdasarkan hafalan dan ingatan. Pendidikan bukan hanya menyampaikan pengetahuan dari guru dan buku pelajaran kepada anak didik, tetapi juga memberi kesempatan kepada anak didik untuk ikut aktif dalam usaha memperkaya pengetahuannya dengan usaha sendiri. Pendidikan di zaman sekarang menginginkan agar mata pelajaran sebanyak mungkin di integrasikan.

Manfaat dan Tujuan Perpustakaan Sekolah
Batas-batas antara mata pelajaran yang satu dengan yang lain makin kabur, dan terkadang hilang. Kurikulum tidak lagi dianggap sebagai seri mata-mata pelajaran yang mempunyai batas isi antara yang satu dengan yang lain. Isi pelajaran haruslah lebih mendekati pengalaman-pengalaman hidup yang sebenarnya agar tiap-tiap anak lebih mampu lagi mempersipakan diri untuk hari kemudian. Pelajaran harus mengikuti arah perkembangan anak didik dan dikendalikan oleh daya intelektualnya.

Pelajaran dalam pendidikan modern lebih banyak memperhatikan bakat-bakat individual anak-anak. Tetapi ada beberapa bidang pengetahuan dan kemahiran yang dianggap wajib dikuasai oleh tiap-tiap anak dan sekolah-sekolah harus mengajarkan mata-mata pelajaran inti ini kepada tiap anak. Setelah para pelajar makin tinggi kelasnya masingmasing sebaiknya sudah mampu memupuk bakat-bakat tertentu yang mereka miliki dan memperluas pengetahuan di bidang yang sesuai dengan bakat masing-masing.

Kurikulum yang hidup dinamis, serta proses belajar yang berdasarkan integrasi dan koordinasi ini memerlukan sumber-sumber pengetahuan yang luas dan beraneka : buku pelajaran, buku perpustakaan, berkala, famflet, gambar, peta, guntingan surat kabar (clippings) dan bahan-bahan audio visual. Perpustakaan sekolah diadakan bukan hanya sekedar melayani selera para pelajar untuk membaca bukubuku penglipur lara. Perpustakaan itu harus dapat membantu para pelajar mengasah otak, memperluas dan memperdalam pengetahuan, melahirkan kecekatan. Perpustakaan itu harus dapat membantu anak-anak dalam aktivitas-aktivitas yang kurikuler dan extra-kurikuler.  Dengan kata lain perpustakaan sekolah merupakan satu kesatuan integral (terpadu) dengan alat-alat pendidikan yang lain.

Secara garis besar manfaat dan tujuan perpustakaan adalah sebagai berikut :
1. Sebagai pusat belajar mengajar. Perpustakaan sekolah berfungsi membantu program pendidikan pada umumnya, serta sesuai dengan tujuan kurikulum masing-masing. Mengembangkan kemampuan anak menggunakan sumber informasi. Bagi guru, perpustakaan sekolah merupakan tempat untuk membantu guru mengajar, juga tempat bagi guru untuk memperkaya pengetahuan.
2. Membantu anak didik memperjelas dan memperluas pengetahuannya tentang suatu pelajaran di kelas dan mengadakan penelitian di perpustakaan
3. Mengembangkan minat, kemampuan, dan kebiasaan membaca yang menuju kebiasaan mandiri
4. Membantu anak untuk mengembangkan bakat, minat dan kegemarannya
5. Membiasakan anak untuk mencari informasi di perpustakaan, Kemudian anak mencari informasi dalam perpustakaan akan menolongnya kelak dalam pelajaran selanjutnya
6. Perpustakaan sekolah merupakan tempat memperoleh bahan rekreasi sehat, melalui buku-buku bacaan fiksi
7. Perpustakaan sekolah memperluas kesempatan belajar bagi murid murid
Koleksi yang lengkap serta variasi yang cukup, memperluas kesempatan pada pemakainya untuk menambah cakrawala pengetahuannya. Sebuah perpustakaan yang batik, dapat memberikan latihan kepada pelajar cara-cara mencari dan menemukan informasi dalam perpustakaan yang walau bagaimana besarnya, mereka akan mendapat keterampilan menemukan, menjaring, dan menilai informasi, kemampuan merekamenarik kesimpulan yang tepat akan terbina.


Keterampilan-keterampilan ini sangat berguna bagai anak didik di hari kemudian. Kebiasaan belajar sindiri memakai buku, majalah dan pustaka lainnya akan membawa manfaat besar dalam hidupnya. Dunia yang cepat maju menginginkan agar orang jangan berhenti belajar setelah meninggalkan bangku sekolah. Penemuan-penemuan baru tiap tahun menambah pengetahuan manusia dan ikut merubah hidupnya dan kita mau tidak mau harus berusaha agar dapat, bukan saja mengikuti perubahan-perubahan itu, tetapi juga ikut sumbangan terhadap kemajuanmanusia.
Manfaat dan Tujuan Perpustakaan Sekolah Rating: 4.9 Diposkan Oleh: Presiden Jokowi

0 komentar untuk Manfaat dan Tujuan Perpustakaan Sekolah