Jenis - Jenis Kerusakan Akibat Sambaran Petir

Akhmad, SP 10/22/2017 10:00:00 PM
Keadaan  alam  iklim  tropis  Indonesia  pada  umumnya  termasuk  daerah dengan hari petir yang tinggi setiap tahun. Karena keterbatasan data besarnya hari petir untuk  setiap lokasi di Indonesia, pada saat ini diasumsikan bahwa lokasi- lokasi yang tinggi di  atas gunung atau menara yang menonjol ditengah-tengah area yang bebas seperti sawah  ladang mempunyai kemungkinan sambaran lebih tinggi dari pada tempat-tempat di tengah-tengah kota yang dikelilingi bangunan- bangunan tinggi lainnya.

Jenis - Jenis Kerusakan Akibat  Sambaran  Petir

Tempat-tempat   dengan   tingkat   sambaran   tinggi   frekwensi   maupun intensitasnya mendapat prioritas pertama untuk penanggulangannya,  sedangkan tempat-tempat  yang  relatif  kurang  bahaya  petirnya  mendapat  prioritas  ke  dua dengan  pemasangan  protektor  yang  lebih  sederhana.

Lokasi  yang  mempunyai nilai  bisnis  tinggi  industri  kimia,  pemancar  TV,  Telkom,  gedung  perkantoran dengan sistem perkantoran dan industri strategis seperti hankam, pelabuhan udara memerlukan  proteksi   yang  dilakukan  seoptimal  mungkin,  sedangkan   lokasi dengan nilai bisnis rendah mungkin makin sederhana sistem protektor yang akan di pasang.

Sambaran petir memiliki kemampuan merusak yang sangat hebat dan merugikan bagi obyek-obyek di bumi antara lain :
1.Beban  termal  (terjadi  panas  pada  bagian-bagian  yang  dialiri  oleh  arus petir),
2. Beban  mekanis  karena  timbulnya  gaya  elektodinamis  sebagai  akibat tingginya puncak arus,
3.Beban gerak mekanis karena Guntur, dan
4.Beban tegangan  lebih karena adanya induksi dan pergeseran-pergeseran potensial di dalam bangunan.

Kerusakan Akibat Sambaran Langsung
Kerusakan ini biasanya langsung mudah diketahui sebabnya, karena jelas petir  menyambar sebuah gedung dan sekaligus peralatan  listrik atau elektronik yang ada di dalamnya ikut rusak kemungkinan mengakibatkan kebakaran gedung, dan kerusakan  yang  parah  pada  peralatan  PABX,  kontrol  AC,  komputer,  alat pemancar yang akan hancur total.

Kerusakan Akibat Sambaran Tidak Langsung
Kerusakan  ini  sulit   diidentifikasi   dengan   jelas   karena   petir   yang menyambar pada satu titik lokasi sehingga hantaran induksi melalui aliran listrik atau  kabel  PLN,  telekomunikasi,  pipa  pam  dan  peralatan  besi  lainnya  dapat mencapai 1 km dari tempat petir tadi terjadi. Sehingga tanpa disadari dengan tiba- tiba peralatan komputer, pemancar TV, radio, PABX terbakar dan rusak.

Misalkan Petir menyambar tiang PLN lokasi A sehingga tegangan  atau arusnya mencapai dan merusak peralatan rumah sakit dan peralatan telekomunikasi  di  lokasi  B  karena  jarak  tiang  PLN  (A)  ke  rumah  sakit  dan peralatan  telekomunikasi  tersebut  (B)  adalah  kurang  atau  sama dengan  1 km.Dengan berkembangnya teknologi yang sangat pesat hingga kini, maka pelepasan muatan  petir dapat merusak jaringan listrik dan peralatan elektronik yang lebih sensitif.

Sambaran  petir  pada  tempat  yang  jauh  sudah  mampu  merusak  sistem elektronika dan peralatannya, seperti instalasi komputer, perangkat telekomunikasi seperti PABX, sistem kontrol, alat-alat pemancar dan instrument serta  peralatan  elektronik  sensitif  lainnya.  Untuk  mengatasi  masalah  ini  maka perlindungan  yang  sesuai  harus  diberikan  dan  dipasang  pada  peralatan  atau instalasi terhadap bahaya sambaran petir langsung maupun induksinya.

Salah satu penyebab  semakin  tingginya  kerusakan  peralatan  elektronika  karena  induksi sambaran petir tersebut adalah karena sangat sedikitnya informasi mengenai petir dan masalah yang dapat ditimbulkannya.

Menanam  elektroda  pentanahan  secara  merata  di  sekeliling  bangunan, sehingga tegangan tanah yang timbul di sekeliling bangunan dapat diperkecil.

Memperdalam pentanahan elektroda pentanahan sehingga dari arus petir dapat  menyebar  di  bagian  permukaan  sebelah  dalam  dari  tanah  relatif  lebih banyak   dibandingkan   dengan  muatan  yang  mengalir di  permukaan  tanah, sehingga tegangan tanah di permukaan dapat diperkecil. Menghubungkan  sistem  perpipaan  tersebut  dengan  elektroda  pentanahan  yang terdekat atau dengan menggunakan sistem pentanahan yang berbentuk grid.

Artikel terkait dengan kata kunci "Petir" yang mungkin Anda berminat untuk membacanya juga:

• Pengertian Petir Menurut Para Ahli dalam Ilmu Fisika 

• Tahapan Proses Terjadinya Petir Beserta Gambar + Penjelasannya 

• Sistem Cara Kerja Proteksi dan Penangkal Petir