Jenis - Jenis Piranti Pada Komputer

Jenis - Jenis  Piranti Pada Komputer

Pengelompokkan piranti input
PIRANTI INPUT  merupakan perangkat keras yang di gunakan oleh user atau pengguna untuk mengoprasikan komputer dan sebagai pintu masuk dari data yang akan di olah oleh piranti pemrosesan.

Jenis-jenis Piranti input computer :
o Mouse
merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses data atau mengedit data. atau di sebut juga suatu alat yang berguna untuk menggerakan kursor yang akan memberi perintah untuk di prosesdi piranti pemrosesan.
o Keyboard
merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke piranti pemrosesan untuk di proses, biasanya terdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya
o Scanner 
merupakan alat Bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafic dan mengubahnya ke dalam bentuk digital.
o Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan untuk games komputer. biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
o kamera digital 
merupakan alat untuk membuat suatu data digital  yang bersifat audiovisual sperti fungsinya sebagai alat untuk merkam data berupa gambar atau foto dan merekam data berupa video.
o Light pen
adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

Pengelompokkan piranti process
Perangkat ini merupakan perangkat yang berhubungan dengan fungsi pemrosesan dalam komputer itu sendiri.

 CPU / Processor : merupakan singkatan dari central processing unit atau yang juga dikenal dengan istilah processor adalah bagian terpenting yang menjalankan sistem komputer. Bisa di ibaratkan sebagai otak pada komputer.
 Memori / RAM (random access Memory) :  Memori merupakan perangkat yang menyimpan proses kinerja komputer untuk sementara. Sehingga membuat pengaksesan data yang sama lebih cepat. Maka dari itu RAM besar berpegaruh pada kecepatan komputer.
 Motherboard :  Merupakan perangkat yang menghubungkan perangkat keras komputer antara satu dan yang lain.
 VGA Card (Video Graphic Array) : Biasa juga disebut kartu grafis yang berfugsi untuk memberikan tampilan berkualitas pada layar komputer. Biasanya setiap mainbord sudah memiliki VGA bawaan, namun untuk kualitas beresolusi tinggi yang jernih VGA Card sangat diperlukan.
 Power Supply:  berfungsi untuk menghantarkan aruslistrik sebagai pengontrol besarnya voltasi yang masuk ke komputer.
 Casing Unit: Merupakan tempat dimana semua perangkat disatukan.

Pengelompokkan piranti output device
Output device merupakan perangkat komputer yang memberikan output/keluaran, baik berupatampilan visual, suara, maupun tampilan cetak, dan lain sebagainya. Adapun yang termasuk output device adalah:

o Monitor/ Lcd Monitor : berfungsi untuk menampilkan proses komputer dalam bentuk visual/ gambar
o Speaker : befungsi untuk mengeluarkan suara dari komputer
o Printer : untuk mencetak pada media kertas, dan sebagainya

Pengelompokkan storage/penyimpanan
Peragkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan untuk menyimpan data-data komputer.

• Hardisk : Perangkat penyimpanan utama pada komputer, biasanya tampil di komputer dengan sebutad Drive :C, Drive D, dan seterusnya. Tergantung pembagian partisinya.
• Floppy Disk : Biasa dikenal dengan sebutan disket, merupakan penyimpanan luar pertama, sangat populer semasa sitem DOS, lotus123, sistem komputer jaman dulu. Sekarang sudah jarang dijumpai dan mulai tergantikan oleh CD/DVD dan Flashdisk.
• CD/DVD : Penyimpanan ekternal berbentuk piringan yang bisa menyimpan data.

• Flashdisk : Perangkat penyimpanan eksternal yang saatini paling banyak digunakan karena bisa menyimpan dan menghapus data.