Cara Mencegah Penyadapan Email dengan Enkripsi PGP [Pretty Good Privacy]

October 09, 2017
Cara Mencegah Penyadapan Email dengan Enkripsi PGP [Pretty Good Privacy]

Usaha-usaha penyadapan proses penyampain e-mail melalui Internet semakin hari semakin meluas. Terlebih setelah masuknya transaksi dunia bisnis ke dunia Internet yang tentunya memerlukan tingkat kerahasiaan tertentu. Ambil contoh, Anda ingin membeli sebuah barang melalui e-mail ke sebuah toko. Anda menuliskan nomor kartu kredit sebagai jaminan pembayaran pada e-mail yang Anda kirimkan. Pada akhir bulan, tiba-tiba Anda dikejutkan dengan melonjaknya nilai tagihan pada kartu kredit Anda yang disebabkan oleh pembelian-pembelian barang yang tentunya tidak pernah Anda lakukan.

Hal ini sangat mungkin terjadi akibat penyadapan isi e-mail yang Anda kirimkan ke toko tersebut. Setelah sang penyadap telah mengetahui identitas kartu kredit Anda, dengan leluasa dia melakukan transaksi menggunakan kartu kredit Anda sebagai jaminan.

Jika Anda ingin menghindari kejadian di atas atau Anda menginginkan privacy saat mengirimkan e-mail, proses enkripsi menjadi salah satu solusi utama! Selain itu, jika Anda ingin file-file yang Anda miliki tidak bisa dibaca oleh orang lain kecuali oleh Anda sendiri dan orang-orang yang Anda percaya maka proses enkripsi menjadi perlu.

Enkripsi dilakukan dengan mengacak pesan plaintext secara sistematis sehingga tidak dapat terbaca tanpa alat khusus. Dalam teknologi enkripsi yang umum saat ini, digunakan sepasang kunci untuk mengenkripsi dan mendeenkripsi (menguraikan sandi) pesan yang hendak disampaikan. Sepasang kunci ini dinamakan kunci publik dan kunci privat. Dua kunci ini dibangkitkan secara simultan oleh komputer dan digunakan berpasangan.

Untuk dapat mengenkripsi pesan, orang yang menulis pesan memerlukan kunci publik (public key). Kunci publik ini disebarkan oleh pemiliknya agar orang yang ingin menulis pesan padanya bisa mengenkripsi pesan menggunakan kunci publik tersebut. Setelah dienkripsi, pesan tersebut tidak bisa diuraikan lagi, kecuali memakai kunci privat. Kunci privat disimpan dan harus dirahasiakan oleh pemiliknya. Kunci ini digunakan untuk menguraikan pesan yang dienkripsi dengan menggunakan kunci publik. Karena hanya satu orang (pemilik kunci) yang menyimpan kunci privat tersebut, maka hanya dia yang bisa membaca pesan tersebut.

1. Enkripsi untuk File-File Biner
Untuk mereka yang terbiasa bekerja dengan file-file biner, pada usenet mengetahui istilah uuencode. Uuenconde adalah suatu program, yang terutama untuk UNIX, namun sekarang berkembang sehingga dapat mengubah file-file biner seperti .GIF or .AU menjadi ASCII text yang sesuai dengan format pengiriman usenet. Feature ini juga dimiliki oleh  PGP. File config.txt (mungkin disebut pgp.ini atau .pgprc ;tergantung protokol local) memiliki suatu option untuk berapa banyak baris file ASCII yang dapat dimuat. Jika jumlah ini tercapai,  PGP akan memecah-mecah file armored .asc menjadi .as1, .as2, .as3, ... dan semuanya harus digabungkan satu sama lain secara bersama-sama dan menjalankan PGP dalam suatu file yang besar. Untuk mengenkripsi suatu file biner, gunakan command berikut:
pgp -a picture.gif
atau option TextMode  diset ke ON:
pgp -a picture.gif +textmode=off

2. Implementasi PGP dalam TandaTangan Digital
Tanda tangan digital ini berguna untuk memastikan keaslian pesan yang disampaikan, bahwa suatu pesan yang disampaikan pada kita benar-benar berasal dari pengirim seperti yang tertulis pada header e-mail. Tanda tangan digital juga menjamin integritas pesan. Teknologi ini memungkinkan kita mendeteksi bila ada orang yang menyadap pesan dan mengganti isi pesannya di tengah jalan.

Dibandingkan dengan tandatangan analog, tanda tangan digital lebih sulit dipalsukan. Tanda tangan digital lebih sering digunakan daripada enkripsi karena kita sering tidak peduli apakah e-mail kita disadap atau tidak, tapi kita benar-benar ingin tahu apakah yang mengirim e-mail pada kita benar-benar orang yang kita maksud. Ini semakin penting dengan semakin menyebarnya virus yang seolah-olah datang dari orang yang kita kenal. Berbeda dengan proses enkripsi, dalam tanda tangan digital kunci privat digunakan untuk menandatangani dokumen atau pesan yang hendak disampaikan. Penerima pesan atau dokumen dapat memeriksa keasliannya dengan menggunakan kunci publik yang sudah ada padanya.

3. Fungsi Hash
Hash adalah algoritma yang menghasilkan output yang bersifat unik dari sebuah input tertentu seperti pesan. Fungsi hash menambahkan suatu fungsi dalam prosesnya dari skema proses diatas. Fungsi ini akan membuat suatu panjang variabel output yang sama walau pun berbeda panjang pesan. Tetapi perubahan  satu bit saja akan merubah nilai dari variabel fix tersebut.

PGP menggunakan kekuatan fungsi hash ini secara kriptografi pada text biasa yang pengguna menandatanganinya. Ini akan menghasilkan suatu panjang data yang tetap yang disebut dengan suatu message digest (pesan singkat), Sekali lagi perubahan sedikit saja pada data akan merubah nilai dari pesan ini. Lalu PGP menggunakan pesan singkat dan kunci privat untuk membuat “signature”. PGP mengirimkan signature dan text biasa ini bersama-sama. Pada sisi penerima pesan, penerima menggunakan PGP untuk melakukan komputasi ulang digest, lalu membuktikan signaturenya. PGP dapat mengenkripsi tulisan biasa atau tidak. Menandatangani tulisan biasa akan berguna jika sebagian penerima tidak tertarik akan atau mempu untuk membuktikan signature.


Sepanjang suatu jaminan fungsi hash digunakan, tidak ada cara lain untuk mengambil tanda tangan seseorang  dari dokumen yang satu ke dokumen yang lain atau merubahnya dalam cara apa pun. Perubhan paling kecil saja dari dokumen akan menghasilkan proses pembuktian keabsahan menjadi gagal.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments

Komentar Anda akan langsung ditampilkan, namun Anda perlu memperhatikan tata tertib berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Tidak mengandung unsur SARA dan Provokasi.
3. Tidak menyisipkan link pada isi komentar, link aktif maupun tidak.

Komentar yang tidak memenuhi ketiga syarat tersebut pasti akan kami HAPUS, terima kasih