Cara Download, Instalisasi dan Menggunakan Aplikasi PGP Pada Komputer

Cara Download, Instalisasi dan Menggunakan Aplikasi PGP Pada Komputer

Cara download aplikasi pgp
Aplikasi atau Program PGP (Pretty Good Privacy) “International version” merupakan shareware dan dapat di download dari beberapa ftp server sebagai berikut :
- ftp://ftp.ifi.uio.no/pub/pgp/(primary)
- ftp://ftp.ox.ac.uk/pub/crypto/pgp/
- ftp://ftp.dsi.unimi.it/pub/security/crypt/PGP/
- ftp://ftp.informatik.uni-hamburg.de/pub/virus/crypt/pgp/

Program PGP tersedia dalam berbagai platform seperti MS-Dos, Macintosh, Unix, VMS, OS/2, Atari, dlsb. Untuk platform MS-Dos sendiri, terdapat dua jenis yaitu pgp263i.zip (16 bit) dan pgp263ix.zip (32 bit). Untuk versi 32 bit, terdapat perbedaan pada kecepatan proses enkripsi dan pembuatan key dibandingkan dengan versi 16 bit.

PGP juga tersedia sebagai freeware maupun sebagai paket komersil dalam berbagai versi yang dapat dioperasikan dalam berbagai sistem operasi  (DOS, Windows, UNIX, Mac). Program PGP dapat didownload gratis dari situs www.pgp.org atau www.pgpi.org.

Cara menggunakan aplikasi PGP pada komputer
1. Instalisasi PGP
Dalam melakukan instalisasi PGP pada komputer kita adalah mengambil progrmnya terebih dahulu melalui situs – situs yang menyediakan software PGP seperti diatas dan melalui FTP ke salah satu FTP Server di atas.

Adapun langkah – langkah yang dilakukan jika melalui FTP server adalah :
1. Penulis mengambil program PGP dengan platform MS-Dos yang bernama pgp263i.zip dan kemudian mengekstraknya dengan menggunakan program Unzip atau Winzip. Pada saat proses ekstraksi berlangsung, tentukan letak direktori yang akan ditempati oleh program PGP tersebut. Dalam contoh kali ini, penulis menggunakan direktori C:\pgp sebagai tempat penyimpanan program PGP. Setelah diekstrak, pada direktori c:\pgp akan muncul 5 buah file yaitu : readme.1st ; readme.usa ; setup.doc; pgp263ii.zip; pgp263ii.asc. File pgp263ii.zip diekstrak dengan menggunakan program Unzip atau Winzip dengan direktori yang sama  yaitu C:\pgp.  Nah, setelah ekstraksi di atas, program PGP siap dikonfigurasi.

2. Langkah selanjutnya adalah kita mengkonfigurasi program PGP tersebut melalui file config.txt.

3. Setelah file config.txt selesai diedit dan disimpan, maka selanjutnya kita mengkonfigurasikan parameter TZ dan path untuk program PGP. TZ ini kependekan dari Time Zone dan untuk WIB digunakan nilai GMT-7. Jika parameter TZ tidak diset maka PGP tidak akan beroperasi. Ada dua cara untuk mengkonfigurasi parameter tersebut.

I. Cara pertama, kita langsug ketikan perintah “set TZ=GMT-7” dan “set path=c:\pgp;%path%” pada prompt DOS.
C:\>SET TZ=GMT-7                               [Enter]
C:\>SET PATH=C:\PGP;%PATH%       [Enter]

II. Cara kedua, kita tambahkan kedua perintah di atas pada file AUTOEXEC.BAT sehingga setiap kali booting, komputer akan otomatis mengkonfigurasi parameter di atas.

Jika langkah-langkah di atas telah selesai dilakukan, maka instalasi program PGP telah selesai dan siap digunakan.

2. Penggunan PGP
PGP memiliki banyak argumen yang mendefinisikan setiap fungsi yang berbeda-beda. Untuk melihat keseluruhan argumen yang tersedia, gunakan perintah “pgp -h”. Langkah awal yang harus dilakukan adalah PGP perlu dikonfigurasikan terlebih dahulu. Langkah – langkah untuk melakukan konfigurasi dalam PGP , sebagai berikut :
1. Buatlah pasangan kunci, kunci publik dan kunci pribadi
2. Buatlah kunci publik
3. Tambahkan kunci publik penerima.

3. Membuat Pasangan Kunci
Perintah untuk menciptakan key baru adalah “PGP –kg”. Dalam membuat pasangan kunci , langkah – langkahnya sebgai berikut:
1. Definisikan tipe dari masing-masing kunci.
2. Definisikan algoritma dari masing-masing kunci
3. Tentukan ukuran kunci
4. Tentukan identitas publik untuk kunci pemakai
5. Tentukan validasi periode dari penandaan kunci
6. Tentukan Passphrase.

4. Membuka Kunci Publik
Kunci publik seharusnya ditukar diantara pengirim dan penerima sebelum mulai berkomunikasi. Kunci publik dapat dibuka di file teks dan didistribusikan ke penerima. Kunci publik tersebut dapat dibuka dengan perintah “pgp –kvc”.

Dengan demikian kita telah memiliki sebuah key dengan MPILIB key 1024 bit. Selanjutnya kita bisa mengekstrak public key kita sehingga bisa kita bagikan kepada orang-orang yang kita percaya. Perintah ekstraksi public key adalah “pgp -kxa userid keyfile”.
Nah, file yang berisi public key adalah ‘pubkey.asc’ dan siap dikirimkan melalui e-mail

5. Menambahkan Kunci Publik Penerima
Cara menambahkan publik key yang kita terima ke dalam koleksi publik yang kita miliki adalah dengan menggunakan perintah “pgp –ka keyfile”. Setelah melakukan konfirmasi kebenaran kunci publik, kita dapat menandai kunci tersebut. Ketika melakukan enkripsi terhadap file dengan menggunakan ID penerima, kita akan melihat peringatan tentang kebenaran kunci publik. Penandaan akan menghilangkan pesan peringatan selama proses enkripsi pesan. Sebuah kunci dapat ditandai dengan menggunakan perintah “pgp-ks userid”. Sedangkan Untuk melihat koleksi public key milik kita, gunakan kembali perintah “pgp -kvc”.

Cara Download, Instalisasi dan Menggunakan Aplikasi PGP Pada Komputer

6.  Cara mengenkripsi mail yang hendak dikirimkan
Salah satu cara adalah menjalankan prosedur diatas Kita buat isi mail kita ke dalam sebuah file teks. Kita enkripsi dengan menggunakan PGP. Kita perintahkan program e-mail untuk membaca dan mengirimkan file yang telah dienkripsi. Sesampainya di tujuan, penerima menyimpan isi mail yang masih terenkripsi ke dalam bentuk file. Penerima menjalankan program PGP untuk mendekripsi file tersebut. Hasil akhirnya adalah isi mail awal.


Setelah itu Mail ini masih dalam bentuk enkripsi. Kita terima dengan menggunakan program mail (Eudora, Pegasus, dll) kemudian kita simpan ke file “mail.asc”. Kita dekripsi mail tersebut dengan perintah “pgp keyfile”. Proses deskripsi telah selesai yang kemudian akan munculnya file “mail” kita yang dapat dimengerti.