Peralatan Utama dalam Pembuatan Roti

Planetary  Mixer  adaLah aLat pencampur yang  bekerja  dengan  cara  Lengan pengaduk  berputar  sambiL berotasi  seperti bumi mengeLiLingi matahari.  Terdiri dari tiga bagian utama yaitu pasu (bowL), Lengan pengaduk dan motor penggerak Hand mixer listrik   dengan Lengan pengaduk berbentuk buah aLpokat digunakan untuk  mengocok  teLur dan  mencampur  adonan  Lunak misaLnya untuk  adonan cookies dan cake.

Peralatan Utama dalam Pembuatan Roti

Bentuk  –  bentuk  konfigurasi   Lengan  pengaduk  PLanetary  Mixer  yang  umum digunakan antara Lain :
Whisk terbuat dari kawat baja tahan karat baik berbentuk buah aLpokat meLintang.. Whisk berbentuk aLpokat cocok untuk pengocokan krim, teLur dan adonan spons encer.
Spade   berbentuk seperti  propeler (baLing-baLing ) vertikaL digunkaan untuk adonan cake, krim dari mentega, guLa dan teLur untuk roti, krim cookies dan pastry

Hooks  berbentuk  kaiL atau  spiraL. Lengan  pengaduk  tersebut  mengangkat, meregang dan menekan adonan cocok untuk adonan roti, dan adonan keras untuk biskuit.
Manual Dough Devider   aLat pembagi adonan berupa rangka beberapa cetakan yang  berfungsi  sebagai  pemotong  dapat  membagi  dengan  rata  sebanyak  36 bagian.
Dough Moulder adaLah pengguLung (moulder) adonan untuk mengeLuarkan udara hasiL fermentasi daLam pembuatan roti tawar..

Dough  Sheeter  adaLah aLat pemipih  yang  digunakan  untuk  membentuk  produk berLapis – lapis seperti crackers, puff biscuit serta  Croisant dan Danish Pastry. Final  Proofer  yaitu  aLat yang  digunakan  untuk  pengembangan  akhir  proses fermentasi daLam pembuatan roti  diLengkapi dengan pengatur kelembapan nisbi dan suhu.


Oven alat alat yang digunakan  dalam pemanggangan  roti. Sumber panas dalam berasal dari  pembakaran  arang,  kayu,  gas,  dan  elemen pemanas  Listrik. Oven otomatis   diLengkapi pengontroL  suhu      suhu   ,  uap   air,   pengatur   waktu pemanggangan.

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda akan langsung ditampilkan, namun Anda perlu memperhatikan tata tertib berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Tidak mengandung unsur SARA dan Provokasi.
3. Tidak menyisipkan link pada isi komentar, link aktif maupun tidak.

Komentar yang tidak memenuhi ketiga syarat tersebut pasti akan kami HAPUS, terima kasih