Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Kehidupan manusia saat ini nampaknya sudah tidak dapat lagi dilepaskan dari teknologi, khususnya Komputer. Bahkan, banyak peralatan berbasis computer saat ini yang umum digunakan  dan dimiliki oleh masyarakat,misalnya personal data assistant  (PDA),  global  position  system  (GPS),  mobile  computer  (desktop,  laptop), mobile phone (HP), translator, dan sebagainya.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Komputer  (computer)   diambil  dari  computare   (bhs  latin)   yang   berarti menghitung (to compute atau to reckon). Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat  bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan  kepada mesin itu sendiri.

Beberapa pakar dan peneliti memiliki pengertian tersendiri dengan computer diantaranya sebagai beriikut :
1. Robert H. Blissmer dalam buku Computer Annual, Komputer adalah suatu alat elektronik   yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input,   memproses   input   tadi   sesuai   dengan   programnya,   menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
2. Donald H. Sanders dalam buku Computer Today, Komputer adalah sistem elektronik utk memanipulasi data yg cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan  supaya  secara  otomatis  menerima  dan  menyimpan  data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi2 program yg tersimpan di memori (stored program).
3. Hamacher  dkk,  dalam  buku  Computer  Organization,  Komputer  adalah mesin penghitung eletronik yg cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yg tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.

Pendapat lain  tentang komputer  menurut  American  Standard  Institute dan sudah didiskusikan serta sudah disetujui dalam suatu pertemuan Internasional Organization  For  Standardization  Technical Commite,  komputer adalah  suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yag besar dan cepat,  termasuk  perhitungan  aritmatika  yang besar  atau  operasi  logika,  tanpa campur tangan dari manusia untuk mengoperasikannya selama pemrosesan.

Komputer dibentuk dari bagian-bagian yang terstandardisasi, termasuk komponen tambahan dan expansion card untuk melakukan suatu fungsi tertentu pada komputer. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi. Supaya tujuan pokok tersebut terlaksana, maka harus ada elemen-elemen     yang     mendukungnya.

Elemen-elemen    tersebut           brainware (manusia),  hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak). Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan.  Perangkat  keras  tanpa  perangkat  lunak,  maka  tidak  akan  berfungsi seperti yang diharapkan, hanya berupa benda mati saja. Perangkat lunak yang akan mengoperasikan perangkat keras-nya. Perangkat keras yang sudah didukung oleh perangkat lunak juga tidak akan berfungsi kalau tidak ada manusia yang mengoperasikannya.


Jadi dapat disimpulkan bahwa computer adalah sekelompok alat elektronik yang terdiri atas perintah input, alat yang mengolah input, dan peralatan output yang memberikan informasi serta bekerja secara otomatis.


No comments:

Post a Comment

Komentar Anda akan langsung ditampilkan, namun Anda perlu memperhatikan tata tertib berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Tidak mengandung unsur SARA dan Provokasi.
3. Tidak menyisipkan link pada isi komentar, link aktif maupun tidak.

Komentar yang tidak memenuhi ketiga syarat tersebut pasti akan kami HAPUS, terima kasih