Bahan dan Alat Dalam Pembuatan Nata De Coco

Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan nata de coco adalah sebagai berikut:
1. Air kelapa.
2. Gula pasir.
3. Asam cuka (asam asetat).
4. Starter atau biakan bakteri Acetobacter xylinum.

Bahan dan Alat Dalam Pembuatan Nata De Coco

Alat-alat diperlukan dalam pembuatan nata de coco adalah sebagai berikut:
1. Kompor.
2. Cetakan.
3. Kain saring.
4. Sendok.
5. Pisau.
6. Panci.
Cara pembuatan nata de coco adalah meliputi cara berikut :
1. Pilihlah air kelapa yang masih yang masih baik (tidak busuk).

2. Saringlah air kelapa kain saring untuk memisahkan kotoran dan serat. Pastikan kandungan air kelapa benar-benar bersih dari serat-serat kelapa.

3. Masukkan air kelapa ke dalam panci yang kompornya sudah menyala. Didihkan air kelapa tersebut, tambahkan gula pasir jika sudah mendidih.

4. Matikan api pada kompor dan dinginkan. Taruhlah air kelapa tersebut ke dalam cetakan untuk proses fermentasi yang telah steril. Setelah dingin, tambahkan asam asetat (asam cuka).

5. Tahap selanjutnya adalah tahap inokulasi yaitu suatu proses pemindahan bibit atau biakan bakteri dari medium lama ke medium baru. Pindahkan starter atau biakan bakteri Acetobacter xylinum dari media biakan ke wadah fermentasi berisi air kelapa yang telah dididihkan yang diberi gula dan asam cuka.

6. Tutuplah wadah fermentasi dan peram selama 7 sampai 14 hari. Pastikan media peram tertutup dan tidak mengalami goncangan. Pastikan kesterilan wadah peram dan penutupnya.

7. Ketika masa panen nata tiba, nata harus dicuci, direbus atau direndam terlebih dahulu untuk menghilangkan asam. Jika dilakukan dengan cara direndam, rendamlah dalam air selama 3 hari dan pastikan untuk mengganti air rendaman setiap hari.

8. Setelah itu, nata dipotong-potong dengan pisau menjadi beberapa bagian. Kemudian lakukan perebusan nata kembali.

9. Tahap akhir yaitu dengan merendam nata yang telah direbus ke dalam larutan gula dengan presentase 40% selama 30 menit sampai 45 menit dan nata siap disantap.