Perbedaan Antara Roti, Biskuit, Donat Dan Cake

Perbedaan Antara Roti, Biskuit, Donat Dan Cake

a.  Roti     adaLah            produk makanan yang terbuat dari     tepung             terigu yang difermentasikan dengan ragi roti (  Saccharomyces  cerevisiae ) , air dan atau tanpa penambahan makanan Lain dan dipanggang.

KedaLam adonan dapat ditambahkan guLa, garam, susu atau susu bubuk, Lemak, emulsifier dan bahan-bahan peLezat seperti cokeLat, keju, kismis dan Lain-Lain. Produk roti mempunyai struktur berongga-ronga dan dikembangkan dengan ragi roti    dan produk akhirnya bersifat pLastis, eLastis karena kadar airnya reLatif tinggi. Berdasarkan  formuLasi     adonan roti dapat dibedakan  menjadi adonan roti manis dan  roti tawar.

b.  Produk biskuit terdiri dari berbagai bentuk dan mempunyai struktur Lebih padat dengan tekstur muLai dari rapuh atau renyah sampai reLatif keras, serta kadar airnya rendah sehingga Lebih awet dari pada roti.

c. Cake, merupakan produk hasiL pemanggangan yang dikembangkan dengan pengembang   kimia.  SeL-seL udara  yang  terbentuk  dihasiLkan  dengan  cara pengocokan  (terutama  putih  teLur) yang  menyebabkan  udara  terperangkap daLam adonan,  serta  adanya  pembentukan  gas  dari  bahan  pengembang  dan terbentuknya uap air pada waktu pemanggangan.

d.  Donat merupakan produk bakeri  pada tahap akhir proses pembuatannya tidak dipanggang,  meLainkan digoreng.  Donat  mengembang  karena  ragi  roti,  juga akibat       terbentuknya  gas  dari  bahan  pengembang  dan  uap  air  pada  waktu penggorengan.

Pengertian bahan  utama,  bahan  pembantu  dan  bahan  tambahan  dalam pembuatan roti sebagai berikut :
a. Bahan utama yang digunakan  daLam pembuatan  produk bakeri adaLah tepung terigu, air, ragi roti dan garam.

b.  Bahan pembantu adaLah shortening (Lemak ), guLa, produk susu, teLur.

c.  Bahan tambahan  untuk memperbaiki  mutu produk sering digunakan  improver ataupun emulsifier, soda kue atau natrium bikarbonat atau baking powder biasa digunakan  untuk  produk  cookies,  cake  maupun  donat,  bahan  pengisi  seperti seLai, keju, kismis, pisang dan cokeLat.

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda akan langsung ditampilkan, namun Anda perlu memperhatikan tata tertib berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Tidak mengandung unsur SARA dan Provokasi.
3. Tidak menyisipkan link pada isi komentar, link aktif maupun tidak.

Komentar yang tidak memenuhi ketiga syarat tersebut pasti akan kami HAPUS, terima kasih