Oven Pemanggangan dan Peralatan Pembantu Untuk Membuat Roti

Oven Pemanggangan dan Peralatan Pembantu Untuk Membuat Roti

Beberapa macam oven yang digunakan untuk memanggang, antara Lain oven batu bata, oven terowongan dan oven tipe dengan  sumber  pemanas  bahan  bakar  gas, minyak tanah, kayu bakar maupun soLar ataupun pemanas Listrik.

Oven  batu  bata  merupakan  modeL oven  yang tua, dipanaskan Langsung dengan pembakaran kayu bakar daLam ruang pemanggangan sampai oven menampung panas yang cukup      untuk   pemanggangan. SeteLah api dikeLuarkan adonan  dimasukkan  untuk  dipanggang.  Oven  dek  digunakan  secara  meLuas daLam pemanggangan. Baik pada singledeck maupun multideck, setiap ruang pemanggangan diLengkapi pemanas dan pengontroL suhu – suhu sendiri – sendiri.

Peralatan Pembantu
a). Mesin Pemotong Roti ( Bread Slicer )
ALat ini digunakan  khusus untuk memotong  roti tawar. Bread   slicer              diLengkapi  dengan   pisau   pemotong   yang mempunyai  ukuran  yang  sama  dan  juga  dapat  mengatur panjang      dari      roti       yang    akan     dipotong,      sehingga          hasiL pemotongan mempunyai ketebaLan yang seragam. Pisau pemotong digerakkan dengan menggunakan motor penggerak (dinamo) yang digerakkan dari sumber Listrik

b). Working  Table Stainless Steel (SS)
Meja kerja SS digunakan daLam proses pembuatan roti. Meja  kerja  ini  tahan  karat  dan  mudah  untuk  dibersihkan. Ukuran meja kerja yang digunakan adaLah 2000x750x850 mm sesuai dengan standar daLam pembuatan roti

c). Pan Alumunium
Pan  Alumunium/  Loyang aLumunium digunakan  daLam proses  pemanggangan  roti  baik  pemanggangan  roti  tawar maupun roti manis.
Penggunaan   Pan  Alumunium   daLam  setiap  pemanggangan mempunyai  jumLah piece  standar  sesuai  dengan  jenis  roti yang dipanggang. Untuk pemanggangan roti manis jumLahnya 15 piece setiap Loyang dengan ukuran 60 gr. Untuk roti tawar jumLahnya 6 Loaf setiap Loyang dengan ukuran 900 gr dan 9 loaf dengan ukuran 450 gr.

d). Loaf Pan Alumunium
Wadah  ini  digunakan  sebagai  cetakan  daLam proses akhir pembuatan roti tawar dan roti sobek. Loaf pan ada yang mempunyai cover dan tanpa dengan cover..
Penggunaan         Loaf    pan      yang    bertutup/cover             untuk menghasiLkan roti tawar yang berbentuk baLok dan untuk Loaf pan  yang  tidak  bertutup  untuk  menghasiLkan  roti  tawar maupun roti sobek yang permukaannya bergeLombang.

e). Rack Trailer
Rack trailer mempunyai 18 rak dan dapat menempatkan 36 buah pan aLumunium dan diLengkapi dengan roda sehingga dapat  memudahkan  pemindahan  rack dari suatu tempat ke tempat yang Lain. Rack trailer berfungsi untuk menempatkan loaf pan/Loyang yang teLah digunakan dan menempatkan hasiL produksi  untuk  sementara  (  proses  pendinginan      sebeLum dikemas )

f). Plate Form Scale
ALat ini digunakan daLam penimbangan bahan yang diperLukan daLam proses pembuatan roti yang berskaLa besar seperti penimbangan  tepung terigu. Timbangan  Plate  Form Scale mempunyai kapasitas maksimum yaitu 50 Kg.

g). Top Loading  Balance
Timbangan Top Loading digunakan       daLam proses penimbangan  bahan  –  bahan  yang  digunakan  daLam proses pembuatan  roti  baik  bahan  utama,  bahan  pembantu  dan bahan       tambahan.        Timbangan      Top      Loading     dioperasikan dengan  sistem digitaL yang mempunyai  kapasitas  maksimum yaitu 2 Kg.

h). Scoop
ALat bantu yang digunakan untuk mengambiL bahan yang akan ditimbang. MisaLkan pengambiLan tepung terigu dan guLa pasir.

i). Mixing Kitchen
Hand  mixer  listrik  yang  biasa  digunakan   di  rumah tangga dengan Lengan pengaduk berbentuk buah aLpokat digunakan  untuk  mengocok  teLur dan  mencampur  adonan Lunak misaLnya untuk adonan cookies dan cake.

j). Roller
ALat bantu untuk memipihkan adonan daLam pembuatan roti manis dan Puff Pastry. Dibuat dari bahan kayu, aLumunium dan pLastik.

k). Tong
ALat  bantu  untuk  mengambiL  atau  memindahkan  roti daLam Loyang yang teLah dipanggang. Jenis tong bermacam  – macam sesuai dengan ukuran panjangnya.

l). Mixing Bowl
Wadah tempat mencampur adonan daLam pembuatan roti

m). Oven Gloves
Sarung peLindung tangan yang tahan sampai suhu 200°C yang digunakan untuk mengambiL Loyang dari daLam oven.

n). Container Plastic Cup
Wadah pLastik ini digunakan sebagai tempat menyimpan bahan yang diLengkapi dengan roda untuk mempermudah pemindahan

o). Bread Knife

Pisau bergerigi khusus untuk memotong roti

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Oven Pemanggangan dan Peralatan Pembantu Untuk Membuat Roti"

  1. sepertinya blog ini sedikit ada sarang laba-labanya

    ReplyDelete

Komentar Anda akan langsung ditampilkan, namun Anda perlu memperhatikan tata tertib berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Tidak mengandung unsur SARA dan Provokasi.
4. Tidak menyisipkan link pada isi komentar, link aktif maupun tidak.

Komentar yang tidak memenuhi ketiga syarat tersebut pasti akan kami HAPUS, terima kasih