Struktur Gen

Gen merupakan bagian  dari rantai  DNA yang membawa instruksi untuk tugas-tugas khusus atau  mengekspresikan tampilan gen. Peranan tersebut  sebagai ruas model  atau ruas  penyandi  dalam  proses transkripsi. Contohnya, Gen Globin yang mengandung in struksi untuk membuat protein hemoglobin, dimana protein dapat menyebabkan darah membawa oxygen ke seluruh tubuh.  Manusia m emiliki  sekitar 50.000 ribu gen yang berb eda yang bekerja sama untuk mengontrol  banyak kegiatan tubuh kita. 

Struktur Gen

Walaupun kita memiliki gen yang sama tetap terdapat per bedaan-perbedaan pada  alel gen tersebut.  Setiap m anusia memiliki kombinasi alel  yang  khusus untuk warna mata,  warna rambut dan lain-lain yang membuatnya berbeda dengan orang lain. Serangkaian penelitian genetika yang  dikombinasikan dengan studi kim ia yang dilakukan para peneliti menyatakan bahwa kromosom sebagai pembawa gen yang  disusun oleh asam  nukleat yaitu Asam dioksiribonukleat (DNA) atau Asam Ribonukleat (RNA).  

Pada sel eukariot  pembentukan   protein terjadi di dalam sitoplasma sedangkan kromosom terdapat di dalam inti.  Antara DNA kromosom yang terdapat di dalam  inti  dan  protein yang terdapat didalam  sitoplasma dihubungkan oleh molekul RNA.  DNA merupakan pusat pengendali ja lannya m etabolisme sel dengan menyandikan protein.  Proses tersebut  dilaksanakan dengan penentuan susunan nukleotida  molekul RNA yang selanjutnya susunan nukleotida tersebut  diterje mahkan kedalam susunan asam  amino dari ran tai polipeptida protein.  

Proses penginterpretasikan informasi dari sebuah gen dan membawa informasi tersebut keluar dari ini disebut tran kripsi dan proses penyusunan asam amino menurut pola molekul  RNA disebut translasi.  Pada DNA terdapat bagian-bagian tertentu yang berfungsi sebagai penyandi yaitu bagian-bagian yang hanya diapit oleh Promotor dan terminator.  Promotor adalah bagian dari DNA yang memiliki panjang sekitar 40 Pb yang berfungsi sebagai tempat enzym  polymerase RNA bekerja  memulai tanskripsi dan terminator merupakan segmen DNA tempat berakhirnya proses transkripsi   atau te pat enzym  polymerase RNA berhenti bekerja. E xon m erupakan bagian dari DNA yang bera da di dalam  gen, yang membantu kerja mRNA.  Exon pada gen Eukariot berselang-seling dengan introns. 

Di dalam gen, masing-m asing exon terdiri dari beberapa bagian sebagai pembaca frame yang akan menjadi kode pembentukan protein.  Exon terdiri dari  dua bagian, yang merah berfungsi untuk sekuen asam  amino (warna merah)  dan yang kuning tidak dapat m elakukan sekuen.    

Protein  pada beberapa gen, RNA akan menyalin fungsi gen.  Um umnya fungsi gen adalah menginstruksikan untuk  pembentukan protein khusus.  Protein merupakan bahan kompleks yang akan menampilkan kerja sel didalam tubuh.  C ontohnya, enzim  yang juga  merupakan protein secara langsung membangun struktur sel untuk menyerap energi dari makanan ke tubuh kita. Untuk membuat protein oleh suatu gen, mRNA memiliki alat bantu yang disebut ribosom yang akan m embantu untuk   membaca kode gen, membuat protein yang disebut proses translasi.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Struktur Gen"

Post a Comment

Komentar Anda akan langsung ditampilkan, namun Anda perlu memperhatikan tata tertib berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Tidak mengandung unsur SARA dan Provokasi.
4. Tidak menyisipkan link pada isi komentar, link aktif maupun tidak.

Komentar yang tidak memenuhi ketiga syarat tersebut pasti akan kami HAPUS, terima kasih