Respon Tanaman Terhadap Variasi Suhu

SUHU DI DALAM TAJUK TANAMAN
Sumber energi di dalam tajuk didapatkan dari:
- Langsung, yaitu dari radiasi, konduksi, turbulensi, konveksi, reradiasi, aktivitas tanaman dalam menyumbang panas.
- Tidak langsung yaitu dari transformasi energi kimia dalam proses exothermic, konversi energi radiasi menjadi panas.

Respon Tanaman Terhadap Variasi Suhu

Sehingga suhu sebagai thermoregulator : pengendali, pengatur aktivitas enzymatic pada proses Biokimia yaitu perubahan karbohidrat menjadi senyawa-senyawa kompleks dengan bantuan enzim.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Suhu tajuk, dimana sifat dari tajuk tergantung dari suhu lingkungan yang ada di luar tajuk dan energi yang ada di permukaan yang diikuti proses: Konduksi yaitu proses pengaliran panas dari satu permukaan ke permukaan yang lain dengan rumusan EK= 1/2mv2. Semakin tinggi energi mathari v juga akan tinggi sehingga energi kinetiknya tinggi yang berakibat suhu semakin tinggi. Pada tanaman tahunan semisal Cengkeh, Energi yang diterima rendah, dimana suhu rendah akan menyebabkan kuncup bunga menjadi terhambat.

PROSES PERPINDAHAN PANAS .
Boundary Layer yaitu hambatan Tu dan tajuk. Tu < Tt maka konveksi terjadi dari dalam tajuk ke luar tajuk sehingga suhu di dalam tajuk akan turun. Apabila suhu ekstrim maka akan mengganggu aktivitas tajuk. Sedangkan turbulensi adalah proses percepatan massa udara di dalam dan di luar tajuk, untuk mengatur keseimbngan pergerakan udara yang ada di dalam tajuk. Contohnya bila udara panas maka udaa akan mengalir ke dalam tajuk maka Tt akan naik dansebaliknya Tt akan memacu aktivitas dan segera akan dibuang bila tidak, maka akan menyebabkan kerusakan. Pemangkasan dan pengguguran daun dilakukan agar sirkulasi udara berjalan normal.
Pertambahan Suhu , Mengakibatkan Suhu di Tt lebih tinggi di Tu.
- Sumber energi diperoleh dari reradiasi (permukaan daun yang melepaskan energi).
- Sirkulasi di dalam tajuk lebih lambat, semakin lambat pergerakan udara maka keseimbangan akan lebih cepat terwujud.

SITUASI SUHU YANG ADA DI TAJUK .
Respon tajuk terhadap suhu berkaitan erat dengan suhu udara. Permukaan tajuk apabila terkena suhu maka akan terjadi keseimbangan sesuai Asas Black.
1. Hubungan Ttajuk dan Tudara. Jika Tu berubah maka Tt ikut berubah dan fisiologis dari tanaman juga berubah. Laju konduksi da konveksi suhu ditentukan oleh gradient suhu udar dan tajuk, jika semakin tinggi graientnya maka laju konduksi dan konveksi semakin tinggi. Apabila terjadi keseimbangan G/H=0, maka sudah tidak terjadi lagi pengaliran panas. Jika suhu udara(Ta) naik maka ta akan naik, akan naik akan terjadi pelepasan panas dari udara ke tajuk dan suhu tajuk(tt) akan naik dan akan berdampak ke aktivitas tanaman, terutama dari suhu maksimum ataupun minimum.
2. Jika suhu udara turun atau rendah maka tudara turun,akan tetap tinggi, kenapa tetap tinggi. Dikarenakan hanya menggambarkan selisih dari yang merupakan nilai mutlak. Tajuk melepas panas dengan cara Konveksi, sehingga Ttajuk turun.
Tudara dipermasalahkan karena variasi suhu yang ada di atmosfer sangat besar dikarenakan pergerakan udara sangat besar dan bebas, sedangkan di tajuk terbatas. Sehingga panas di udara cepat tersebar walaupun sebenarnya tanaman juga bisa juga menghasilkan panas.

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SUHU TAJUK .
Radiasi adalah pancaran gelombang elektromagnetik yang artinya di dalam tajuk, daun setelah menyerap energi secara maksimal maka akan dipancarkan kembali dalam bentuk panjang gelombang yang berbeda (Reradiasi), permukaannya disebut Black Body Radiation. Dengan rumusan I = 4 dimana I dalah jumlah energi dari Black Body Radiation; T dalah suhu mutlak; adalah emisivitas sedangkan adalah konstanta Stefan Boltzman 6,625.10-27. Kita biasa menghitungnya dengan Lux Meter.
Panas dari daun ada yang dilepaskan keatas dan kebawah jika berlebih. Energi yang dilepskan itu diekspresikan dalam bentuk suhu tajuk sehingga Ttajuk bisa lebih tinggi dari Tudara. Dengan alasan: (a) Sumber peningkatan suhu adalah dari reradiasi setiap daun sehingga energi yang direradiasikan terkumpul menjadi Ttajuk, (b) Sirkulasi udara di tajuk relative lambat dimana Ttajuk dan Tudara akan saling menyeimbangkan, apabila semakin lambat sirkulasinya> keseimbangan akan cepat terjadi.
Yang Menentukan Profil Suhu Tajuk Atau Variasi Suhu Antar Tajuk
1. Distribusi tajuk/daun
2. Factor luar yang berpengaruh langsung yaitu suhu udara dan radiasi matahari.

Sehingga dengan pengetahuan ini kita bias memanipulasi kebutuhan suhu baik untuk fase vegetatif, inisiasi pembungaan dan proses fisiologis yang lainnya yang kita inginkan. Untuk menghitung Laju kecepatan Gradient keseimbangan bias dihitung dengan Rumus H dan g sedang untuk menentukan suhu kardinal adalah dengan Growth Chamber.

Comments

Popular posts from this blog

Ketahui 4 Poin Penting Perbedaan Antara BRI Simpedes dan BRI Britama Agar Anda Tidak Salah Pilih

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Radiasi Matahari

Deskripsi dan Klasifikasi Pohon Beringin