Perlakuan Herbarium Beringin (Ficus benjamina L.)

Beringin (Ficus benjamina L.) sangat akrab dengan budaya asli Indonesia. Tumbuhan berbentuk pohon besar ini sering kali dianggap suci dan melindungi penduduk setempat. Sesaji sering diberikan di bawah pohon beringin yang telah tua dan berukuran besar karena dianggap sebagai tempat kekuatan magis berkumpul. Beberapa orang menganggap tempat di sekitar pohon beringin adalah tempat yang “angker” dan perlu dijauhi.

Perlakuan Herbarium Beringin (Ficus benjamina L.)

Beringin merupakan tanaman yang memiliki kemampuan hidup dan beradaptasi dengan bagus pada berbagai kondisi lingkungan. Selain itu keberadaan tanaman beringin pada kawasan hutan bisa dijadikan sebagai indikator proses terjadinya suksesi hutan. Beringin juga merupakan tanaman yang memiliki umur sangat tua, tanaman tersebut dapat hidup dalam waktu hingga ratusan tahun.

Beringin yang disebut juga waringinn dikenal sebagai  tumbuhan pekarangan dan tumbuhan hias pot. Pemulia telah mengembangkan beringin berdaun loreng (variegata) yang populer sebagai tanaman hias ruangan.

Klasifikasi Beringin
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Dilleniidae
Ordo: Urticales
Famili: Moraceae (suku nangka-nangkaan)
Genus: Ficus
Spesies: Ficus benjamina L.

Definisi Beringin
Daun beringin merupakan daun tidak lengkap karena hanya memiliki tangkai daun dan helaian daun saja ,sedangkan helaian daun tidak terdapat pada daun beringin.
Daun beringin berbentuk tunggal, tangkai daunnya  pendek , letak bersilang berhadapan, bentuknya lonjong, tepi rata, ujung runcing, pangkal tumpul, panjang daun berkisar antara 3-6 cm, lebar daun berkisar antara 2-4 cm, pertulangan menyirip, dan daunnya berwarna hijau.

Perlakuan Herbarium Beringin

Daun beringin diambil dari pohonnya, kemudian diambil beberapa lembar daun untuk disimpan ditempat yang kering tapi tidak terkena sinar matahari sampai daun tersebut mengering.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Perlakuan Herbarium Beringin (Ficus benjamina L.)"

Post a Comment

Komentar Anda akan langsung ditampilkan, namun Anda perlu memperhatikan tata tertib berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Tidak mengandung unsur SARA dan Provokasi.
4. Tidak menyisipkan link pada isi komentar, link aktif maupun tidak.

Komentar yang tidak memenuhi ketiga syarat tersebut pasti akan kami HAPUS, terima kasih