Peranan Garam Dalam Pembuatan Bakeri

Setiap  produk  bakeri  tidak  bisa  dikatakan  baik  jika  tidak  memiLiki rasa  dan aroma   yang   enak.   Garam   dan   fLavor  (penambah   rasa   dan   aroma)   biasanya ditambahkan daLam jumLah  keciL,  namun peranannya      untuk   meningkatkan penerimaan konsumen sangat besar.

Fungsi garam daLam produk bakeri : Memberi rasa supaya tidak hambar
Memperkuat  cita  rasa  bahan  Lain, rasa  manis  guLa akan  Lebih terasa  jika  ada garam
MengontroL perkembangan khamir (ragi) untuk produk yang dikembangkan dengan ragi
Memperkuat keLiatan gLuten ( daya regang) daLam adonan Membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang tidak dikehendaki Meningkatkan daya absorpsi air dari tepung.
SaLah satu bahan pengeras, biLa adonan tidak memakai garam, adonan agak basah
Mengatur warna kuLit roti

KesaLahan penanganan  garam juga bisa membuat  masaLah daLam fermentasi, misaLnya jika ragi diLarutkan daLam air yang teLah ditambah garam, maka pertumbuhannya  ragi akan terhambat  haL ini bisa mengakibatkan  fermentasi  yang Lambat dan cita rasa produk yang kurang baik.

Peranan Garam Dalam Pembuatan Bakeri
Penimbangan garam harus diLakukan seteLiti mungkin jangan memakai sendok atau  aLat- aLat sebagai  takaran  karena  akan  sangat  besar  pengaruhnya  terhadap proses fermentasi. SeLisih pemakaian garam Lebih dari 1 % sudah menghambat proses fermentasi.  SeLain itu,  pada  waktu  penimbangan  bahan-bahan  jangan  mencampur garam dengan yeast bersama-sama karena garam merupakan racun bagi yeast.


Penambahan jumLah garam yang terLaLu banyak akan menurunkan kemampuan gLuten daLam menahan gas, sebaLiknya jika terLaLu sedikit garam yang digunakan akan menyebabkan adonan menjadi hambar dan akan mengurangi voLume adonan, karena gLuten  tidak  mempunyai  daya  regang  yang  cukup.  Jika  tidak  ada  garam  yang ditambahkan kedaLam adonan maka hasiLnya adaLah kuLit akan terLihat sangat pucat dan terjadi pengerutan pada roti dan rasanya tidak akan memuaskan.

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda akan langsung ditampilkan, namun Anda perlu memperhatikan tata tertib berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Tidak mengandung unsur SARA dan Provokasi.
3. Tidak menyisipkan link pada isi komentar, link aktif maupun tidak.

Komentar yang tidak memenuhi ketiga syarat tersebut pasti akan kami HAPUS, terima kasih