Manfaat Fermentasi Susu Ditinjau dari Sisi Kesehatan

Manfaat fermentasi susu untuk memperpanjang  umur merupakan  kajian yang paling kontroversial. Kalau manfaat yang lain bisa diuji dan diteliti, soal usia panjang  sulit  dibuktikan,  tetapi  sulit  pula  dibuktikan  salah.  Yogurt  dianggap mampu memperpanjang umur mula-mula mencuat karena penelitian Prof. Mechnikov.  Karena  tertarik  pada  orang-orang  Bulgaria  yang  sehat-sehat  dan berusia panjang, beliau melakukan penelitian dan akhirnya berkesimpulan bahwa usia manusia diperpendek oleh racun dari dalam usus. Kesimpulan lainnya, orang Bulgaria   berusia   panjang   dikarenakan   banyak   memakan   susu   asam   yang mengandung bakteri Lb. bulgaricus dan S. thermophilus. Warga Bulgaria sendiri memang percaya bahwa yogurt yang menjadi penyebab mereka berumur panjang.

Manfaat Fermentasi Susu Ditinjau dari Sisi Kesehatan

Penduduk Georgia dan sekitarnya banyak mengkonsumsi yogurt dan rata-rata panjang umur. Di sana tidaklah aneh jika dijumpai orang berusia lebih dari seabad.  Seorang  penduduk  asli tetangga  Georgia,  Azerbaijan,  ada yang pernah mencapai  usia  168 tahun.  Sebagian  warga  Georgia  sendiri  berpendapat  yogurt merupakan salah satu faktor panjangnya umur mereka.
Selain yogurt, susu fermentasi lain juga kurang lebih dipandang berkhasiat sama. Misalnya susu asam di Vilkabamba, atau kefir di pegunungan Kaukasus di Rusia  Barat  (Georgia,  Azerbaijan,  dan  Armenia).  Sebagian  ilmuwan  meyakini bahwa  kunci  panjang  umur  penduduk  Kaukasus  adalah  kefir  yang  dicampur dengan teh dari daun Rhododendron caucasicum.

Dari  keterangan  di  atas  bisa  dilihat  bahwa  yogurt  dan  susu  fermentasi sejenis banyak diklaim berkhasiat memperpanjang umur. Namun, sekali lagi, sulit menyatakan  apakah  dengan  memakan  yogurt  sebanyak-banyaknya  setiap  hari umur  bisa  bertambah.  Lagipula  dapat  dipastikan  penyebab  panjang-pendeknya umur itu bukan disebabkan  satu faktor melainkan  banyak faktor. Selain yogurt warga Kaukasus mengkonsumsi banyak sayur, gandum, dan buah. Daging jarang dimakan  kecuali  di  musim  dingin.  Mereka  menggunakan  metode  pengobatan alami   dengan   tumbuh-tumbuhan.   Hidup   mereka   sederhana   sehingga   relatif terbebas dari stres dan  ternyata, penduduk yang bukan asli Rusia tapi tinggal di Kaukasus  tidak memiliki  usia sepanjang  penduduk  asli.   Oleh sebab itu faktor panjangnya  usia  harapan  hidup  dapat  mencakup  pola  makanan,  gaya  hidup, kondisi lingkungan, dan bakat yang diturunkan secara genetik.


Bakteri yogurt menawarkan  banyak manfaat seperti memerangi mikroba penyebab   penyakit   dan   menormalkan   keseimbangan   mikroflora   usus.   Tapi manfaat  tersebut  ada selama  bakteri  dalam yogurt  masih  hidup  dan aktif.  Jika sebagian besar bakteri yogurt telah mati, yogurt menjadi tak lebih dari sekedar minuman susu yang bergizi. Lalu, bakteri menguntungkan  dalam yogurt—yang akan dibawa "berperang" dalam usus—harus berjumlah banyak. Bukan seribu dua ribu, tapi bermilyar-milyar bakteri.   Kedua hal ini perlu diperhatikan karena tidak semua   produk   minuman   yogurt   ditujukan   untuk   kesehatan.   Produk-produk tersebut diproses dengan dipanaskan setelah yogurt jadi untuk mematikan bakteri yogurt, sehingga produk menjadi lebih awet.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Fermentasi Susu Ditinjau dari Sisi Kesehatan"

Post a Comment

Komentar Anda akan langsung ditampilkan, namun Anda perlu memperhatikan tata tertib berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Tidak mengandung unsur SARA dan Provokasi.
4. Tidak menyisipkan link pada isi komentar, link aktif maupun tidak.

Komentar yang tidak memenuhi ketiga syarat tersebut pasti akan kami HAPUS, terima kasih