Macam – Macam Daun: Monokotil

Tumbuhan berkeping biji tunggal (atau monokotil) adalah salah satu dari dua kelompok besar tumbuhan berbunga yang bijinya tidak membelah karena hanya memiliki satu daun lembaga.
Daun tumbuhan monokotil beragam dalam bangun dan struktur, dan beberapa mirip dengan daun dikotil.daun monokotil terdiri atas tangkaian dan helaian daun , namun kebanyakan berdiferensiasi menjadi helaian dan pelepah, dan helaiannya berupa relatif sempit. Secara tipikal tulang daun sejajar.

Macam – Macam Daun Monokotil

1. Epidermis
Epidermis terdapat pada permukaan atas dan bawah daun. Lapisan epidermis uniseriat dan tersusun dari sel-sel bangun bulat telur. Dinding luar sel epidermis mengalami kutikularisasi. Epidermis atas mudah ditentukan karena pada sel epidermis atas terdapat sel kipas dan xylem lebih dekat dengan epidermis atas. Stomata terdapat pada kedua lapisan epidermis.  Pada daun memanjang dan ramping yang khas pada monokotil dan tumbuhan berkonus, stomata tersusun.

2. Mesofil
            Mesofil tidak berdiferensiasi menjadi parenkima palisade dan sponsa, daun isobilateral, mesofil tersusun dari sel-sel mengandung kloroplas, bentuk isodiametris, berdinding tipis teratur rapat, dalam mesofil ruang-ruang antar sel berkembang dengan baik.

3. Berkas vaskular
            Berkas vaskular kolateral tertutup seperti yang terdapat pada batang monokotil. Kebanyakan berkas vaskular berukuran kecil, namun berkas vaskular yang cukup besar juga terdapat pada interval yang teratur.
            Di dalam berkas vascular, xylem ke arah permukaan atas sedangkan floem kea rah permukaan bawah daun. Biasanya berkas vascular diselubungi oleh slubung berkas pengangkut yang tersusun dari sel-sel parenkim berdinding tipis.

Kesimpulan
Daun merupakan organ tumbuhan yang memiliki peran penting bagi kelangsungan hidup tumbuhan. Umumnya ada sua tipe daun, yaitu
1.  Daun dorsiventral atau bifasial umumnya pada dikotil
2. Daun isobilatelar disebut juga isolateral atau ekuifasial umumnya pada tumbuhan monokotil.
Struktur dari pada daun :
1.      Epidermis
2.      Mesofil
3.      Sistem vascular
4.      Penguat daun
5.      Tangkai daun

Perbedaan daun monokotil dan dikotil adalah :
Dikotil memiliki sepasang daun lembaga (kotiledon:daun yang terbentuk pada embrio) sedangkan monokotil hanya memiliki satu daun lembaga.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Macam – Macam Daun: Monokotil"

Post a Comment

Komentar Anda akan langsung ditampilkan, namun Anda perlu memperhatikan tata tertib berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Tidak mengandung unsur SARA dan Provokasi.
4. Tidak menyisipkan link pada isi komentar, link aktif maupun tidak.

Komentar yang tidak memenuhi ketiga syarat tersebut pasti akan kami HAPUS, terima kasih