Kefir dan Khasiatnya

Kefir memiliki banyak khasiat, terutama yang menyangkut  bijinya. Sehingga  kefir dijuluki the champagne  of cultured  milk (yang "termewah"  dan "paling  berharga"   di  antara  susu  fermentasi   lain).      Kefir  dipercaya   dapat mengobati   banyak   penyakit   dan   juga   sebagai   penyebab   panjang   umurnya penduduk  Kaukasus. Penduduk  Kaukasus  tidak  ada  yang  menderita  penyakit TBC   dan   kanker,   hal   ini   dihubung-hubungkan   dengan   seringnya   mereka meminum kefir. Di sebagian rumah-rumah sakit dan sanatorium Rusia, kefir diberikan  kepada  pasien  untuk  pengobatan  aneka  penyakit  termasuk  alergi. Bahkan juga pernah diberikan pada pasien TBC dan kanker, untuk melengkapi pengobatan modern.

Kefir dan Khasiatnya

Meski  jumlah  riset  tentang  kefir  lebih  sedikit  dibandingkan   yogurt, asodofilus atau bifidus, beberapa hasil penelitian menunjukkan kefir mempunyai banyak khasiat, antara lain antitumor, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, antimikroba dan antijamur. Kefir, seperti susu fermentasi lain, juga dapat meringankan gejala alergi susu.

Kefir  amat  terkenal  di Rusia,  Polandia,  Jerman  dan negara  Eropa  lain. Kefir memang  memiliki  rasa dan aroma unik, berbeda dari yogurt Tapi secara keseluruhan, apalagi dipandang dari sisi komersial, yogurt jauh lebih mendunia.. Sebagai catatan, untuk dapat diterima orang banyak yogurt pun dimodifikasi oleh pihak produsen produk dengan cara dikurangi asamnya serta diberi gula dan buah. Demikian pula dengan kefir yang dapat diberi tambahan rasa agar lebih disukai.

Kadar  alkohol  kefir  dapat  diatur.  Dengan  membiarkan  fermentasi  susu tanpa ditutup rapat kefir tidak akan mengandung alkohol atau gas karbondioksida dalam jumlah berarti. Lagipula di Rusia kefir telah biasa diberikan kepada bayi- bayi yang kesulitan menerima susu dan hasilnya cukup baik.


Dunia barat akrab lebih dulu dengan yogurt. Kefir sendiri belum banyak dikenal,  apalagi  dibuat  dalam skala besar menjadi  aneka  produk  untuk umum. Pada saatnya nanti, setelah proses pembuatan dan penelitian lebih jauh dikembangkan,  mungkin  sekali  kefir  akan  menyusul  popularitas  yogurt.  Lima puluh  tahun  silam  pun  yogurt  hanya  dikenal  orang-orang  Amerika  sebagai makanan kesehatan. Sebagian ahli berpendapat kefir akan populer karena rasanya unik serta memiliki tradisi kesehatan dan citra yang positif. Dan seandainya tidak lebih populer pun, kefir amat berharga untuk mendampingi yogurt dan ikut memberikan manfaat bakteri menguntungkan bagi kesehatan manusia.

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda akan langsung ditampilkan, namun Anda perlu memperhatikan tata tertib berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Tidak mengandung unsur SARA dan Provokasi.
3. Tidak menyisipkan link pada isi komentar, link aktif maupun tidak.

Komentar yang tidak memenuhi ketiga syarat tersebut pasti akan kami HAPUS, terima kasih