Jaringan Mesofil dan Tangkai Daun

Jaringan Mesofil dan Tangkai Daun

Mesofil adalah jaringan dasar daun yang dikelilingi epidermis, atau yang terletak diantara epidermis atas dan epidermis bawah, dan diantara tulang-tulang daun terdiri atas parenkima berdinding tipis. Mesofil biasanya terspesialisasi sebagai jaringan fotosintetik. Mesofil umumnya berdiferensiasi menjadi parenkim palisade dan sponsa. Jaringan palisade terdiri atas sel-sel memanjang tegak lurus terhadap epidermis dan teratur seperti deretan tiang. Parenkim sponsa tampak kurang teratur.

1. Selubung Berkas Vaskular
Berkas vaskular  daun dibungkus dengan struktur yang disebut selubung/seludang berkas vaskular kecuali pada beberapa tumbuhan air dan tumbuhan paku yang lembut. Selubung berkas pengangkut tersusun dari sel-sel parenkim yang memanjang dengan sumbu tulang daun.

2. Komponen Berkas Vaskular
Komposisi berbagai ukuran berkas vaskular menunjukan perbedaan secara kuantitatif dan kualitatif. Berkas yang paling besar mengandung xilem dan floem yang jumlahnya sebanding dengan yang ada pada tangkai daun atau lacak daun. Pada berkas yang kolateral xilem terletak disisi adaksial dan floem disisi abaksial.

3. Struktur Penguat
Pada banyak daun struktur penguat tidak begitu nampak berkembang dibanding dengan yang ada di batang dan sebagian besar kekuatan daun tergantung pada tatanan sel-sel dan jaringan. Pada daun dengan helaian yang pipih mesofil yang lunak memperoleh kekuatan sebagian dari sistem vaskular yang menyebar kesemua tempat.

Epidermis mempuyai peran dalam pemberian kekuatan melalui tatanannya yang rapat dan dinding kuat yang kaya kutin dan pada permukaan luarnya berlapis kutikula yang keras. Pada beberapa tumbuhan khususnya rerumputan epidermis berlignin dan bersilika.

4. Struktur Sekretori
Struktur sekretori yang berperan dalam sekresi air dan zat-zat lainnya merupakan ciri umum daun. Banyak struktur sekretori daun terdapat pada epidermis. Zat-zat yang dihasilkan sruktur sekretori dapat dilepaskan dari sel atau tetap berada dalam sel dan baru terlepas apabila selnya mengalami disintegrasi.

Kelenjar banyak terdapat pada daun berhelaian dan katafil. Kehadiran kelenjar tersebut pada tangkai daun dan pada gigi-gigi tepi helaian daun mempunyai arti yang besar dalam taksonomi karena posisinya tetap pada spesies, atau bahkan pada varitas.

Tangkai Daun
Jaringan penguat tangkai daun adalah kolenkim dan sklerenkim. Ciri-ciri anatomi utama tangkai daun:

1.      Epidermis
Epidermis tangkai daun tersusun dari sel-sel rapat, memanjang secara radial atau membujur tanpa ruang antar sel. Dinding luar sel-sel epidermis biasanya mengalami kutikularisasi.

2.      Hipodermis
Umumnya hipodermis berlapis yang terdiri atas sel-sel kolenkima terdapat tepat dibawah epidermis tangkai daun.

3.      Jaringan dasar

Tepat di bawah hipodermis terdapat jaringan dasar yang tersusun dari sel-sel parenkima berdinding tipis denga ruang antar sel nyata.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jaringan Mesofil dan Tangkai Daun"

Post a Comment

Komentar Anda akan langsung ditampilkan, namun Anda perlu memperhatikan tata tertib berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Tidak mengandung unsur SARA dan Provokasi.
4. Tidak menyisipkan link pada isi komentar, link aktif maupun tidak.

Komentar yang tidak memenuhi ketiga syarat tersebut pasti akan kami HAPUS, terima kasih