Improver dan Bahan Pengembang Kimia dalam Pembuatan Bakeri

Improver biasa disebut juga pengembang, namun sebenarnya berbeda dengan bahan pengembang kimia (chemical leavening agents).   Improver memang berfungsi membantu  pengembangan  terutama roti dan donat, tetapi tidak menghasiLkan gas pengembang  karena  senyawa  atau  bahan  yang  mengembangkan  produk  tersebut adaLah gas  yang  dihasiLkan oLeh ragi  (yeast).    

Improver dan Bahan Pengembang Kimia dalam Pembuuatan Bakeri

Bahan  pengembang  kimia  dapat menghasiLkan gas daLam adonan sehingga membuat adonan mengembang tanpa perLu bantuan ragi.
Bahan tambahan  yang sering digunakan  untuk membantu  pengembangan  roti maupun  donat  atau  biasa  disebut  improver antara  Lain Dimodan,  SerroL- 500, Supermix, Baker’s Bonus, Puratos dan CA-50.

Tujuan penggunaan improver adaLah :
Berfungsi  meLengkapi zat makanan  yang dibutuhkan  ragi, sehingga ragi tumbuh sempurna
MenghasiLkan gas serta prekursor fLavor pada produk

Merupakan           penstabiL        (buffer)            agar     kondisi            adonan            tetap    sesuai   untuk perkembangan ragi
Penguat gLuten.

Memperbaiki warna kuLit dan remah (crumb) Meningkatkan voLume
Memperpanjang masa simpan

Ada dua keLompok bahan pengembang  yang sering dijumpai  di pasaran yaitu baking  Powder  dan  Soda  kue  (Baking  soda).       Baking  powder  terdiri  dari  sodium bikarbonat dan bahan yang bereaksi asam serta tepung.  Bahan yang bereaksi asam sangat menentukan kecepatan pembentukan gas, adonan yang ditambahkan baking powder jenis ini harus segera dipanggang, karena gas yang terbentuk bisa hiLang.

Bahan Pengisi
Bahan pengisi digunakan sebagai bahan pembantu daLam produk roti manis dan donat untuk meningkatkan cita rasa dan variasi produk yang dihasiLkan. Bahan pengisi yang  sering  digunakan  daLam pembuatan  roti  manis  dan  donat  antara  Lain keju, cokeLat, kismis, seLai nenas, strawbery, pisang, mentega kacang, kacang hijau dan keLapa.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Improver dan Bahan Pengembang Kimia dalam Pembuatan Bakeri"

Post a Comment

Komentar Anda akan langsung ditampilkan, namun Anda perlu memperhatikan tata tertib berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Tidak mengandung unsur SARA dan Provokasi.
4. Tidak menyisipkan link pada isi komentar, link aktif maupun tidak.

Komentar yang tidak memenuhi ketiga syarat tersebut pasti akan kami HAPUS, terima kasih