Contoh Sederhana Akibat Global Warming

Pencemaran Udara
Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan mahkluk hidup, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak properti. Polusi udara terutama disebabkan karena bahan-bahan pencemar udara yang di-emisikan terjebak dalam lapisan atmosfir yang paling rendah. Udara yang tercemar tersebut terhalang oleh lapisan udara yang lebih hangat diatasnya dan karena lemahnya pergerakan angin yang dikelilingi pegunungan, maka udara tercemar tersebut menjadi terjebak dan seolah melayang-layang menyelimuti areal tertentu. GRK bekerja dengan menyerap sebagian radiasi infra red yang dipancarkan bumi, dan menyebarkannya kembali ke berbagai arah, yang akibatnya adalah memanaskan permukaan bumi dan lapisan atmosfir yang lebih rendah.

Contoh Sederhana Akibat Global Warming

Penyebab Global Warming
1. Efek rumah kaca
semua sumber energi yang ada di bumi ini berasal dari energi matahari yang sebagian besar berupa radiasi gelombang pendek. ketika energi tersebut dampai di bumi, ia akan berubah menjadi panas yang bisa menghangatkan bumi. namun tidak semua panas yang sampai di bumi akan diserap, sebagian lagi akan dipantulkan kembali ke luar angkasa. namun sebagian dari panas yang dipantulkan ini tetap terperangkap di dalam atmosfer bumi karena menumpuknya gas rumah kaca (karbon dioksida, metana, sulfur dioksida dan uap air). hal ini terjadi karena gas-gas tersebut mampu menyerap dan memantulkan energi panas dalam bentuk radiasi gelombang yang dipancarkan bumi. akibatnya energi panas tadi akan terus tersimpan di permukaan bumi. proses ini terus terjadi dari waktu ke waktu, dan akibatnya suhu rata-rata permukaan bumi pun terus meningkat.
2. Efek umpan balik
salah satu penyebab global warming adalah adanya efek umpan balik. contoh terjadinya efek umpan balik ini adalah pada proses penguapan air. meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi serta lautan akan menyebabkan meningkatnya penguapan air ke atmosfer. seperti yang sudah disebutkan di atas tadi, uap air sendiri termasuk gas rumah kaca yang memicu terjadinya global warming. ini mengakibatkan pemanasan akan terus menerus berlangsung dan menambah uap air di atmosfer hingga kesetimbangan konsentrasi uap air tercapai.
3. Variasi matahari
beberapa ilmuan berpendapat bahwa variasi dari matahari, yang kemudian diperkuat oleh efek umpan balik dari awan, mampu memberikan kontribusi dalam pemanasan global saat ini. aktivitas matahari yang meningkat dapat menyebabkan meningkatnya suhu stratosfer (salah satu lapisan di atmosfer). fenomena variasi matahari serta aktivitas gunung berapi di berbagai belahan bumi ini diperkirakan telah menyebabkan efek pemanasan sejak era pra-industri sampai tahun 1950, serta menimbulkan efek pendinginan sejak th 1950.


Dampak Global Warming
1. Iklim Tidak Stabil
2. Gangguan Ekologis
3. Tinggi Muka Laut
4. Peningkatan Suhu Global
5. Pertanian
6. Hewan dan Tumbuhan

7. Kesehatan Manusia

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda akan langsung ditampilkan, namun Anda perlu memperhatikan tata tertib berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Tidak mengandung unsur SARA dan Provokasi.
3. Tidak menyisipkan link pada isi komentar, link aktif maupun tidak.

Komentar yang tidak memenuhi ketiga syarat tersebut pasti akan kami HAPUS, terima kasih