Contoh, Penyebab, dan Dampak Global Warming

A. Contoh Sederhana Global Warming
Contoh sederhana global warming misalnya saja zaman es, zaman es ini terjadi diakhir masa Mesozoikum (68-140 juta tahun lalu). Salah satu dampak dari zaman es ini selain dampak lingkungan adalah menyatunya sebagian daratan Nusantara dengan Asia.

Contoh, Penyebab, dan Dampak Global Warming

Karena kenaikan suhu bumi, maka zaman es tersebut pun berakhir. Tetapi hal ini cukup menunjukkan kepeda kita bahwa bumi pernah mengalami perubahan suhu secara global.

Pada saat ini bumi juga mengalami hal yang sama tapi kalau dahulu perubahannya dari dingin menjadi sejuk atau hangat, kalau sekarang dari hangat menjadi semakin panas.

B. Penyebab Global Warming
1. Efek rumah kaca
Pemanasan global (global warming) pada dasarnya merupakan fenomena peningkatan temperatur global dari tahun ke tahun karena terjadinya efek rumah kaca (greenhouse effect) yang disebabkan oleh meningkatnya emisi gas-gas.

Gas-gas ini menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan Bumi dan akibatnya panas tersebut akan tersimpan di permukaan Bumi. Hal tersebut terjadi berulang-ulang dan mengakibatkan suhu rata-rata tahunan bumi terus meningkat. Gas-gas tersebut berfungsi sebagaimana kaca dalam rumah kaca. Dengan semakin meningkatnya konsentrasi gas-gas ini di atmosfer, semakin banyak panas yang terperangkap di bawahnya. Sebenarnya, efek rumah kaca ini sangat dibutuhkan oleh segala makhluk hidup yang ada di bumi, karena tanpanya, planet ini akan menjadi sangat dingin. Sehingga es akan menutupi seluruh permukaan Bumi. Akan tetapi, akibat jumlah gas-gas tersebut telah berlebih di atmosfer, pemanasan global menjadi akibatnya.

 2. Variasi Matahari
Terdapat hipotesa yang menyatakan bahwa variasi dari matahari, dengan kemungkinan diperkuat oleh umpan balik dari awan, dapat memberi kontribusi dalam pemanasan saat ini. Perbedaan antara mekanisme ini dengan pemanasan akibat efek rumah kaca adalah meningkatnya aktivitas matahari akan memanaskan stratosfer sebaliknya efek rumah kaca akan mendinginkan stratosfer.

Dari dari dua penyebab diatas, ternyata ada juga terjadinya global warming yang disebabkan penghuni bumi itu sendiri seperti manusia,hewan, dan tumbuhan antara lain adalah sebagai berikut :
1. Meningkatnya emisi gas karbon.
2. Bocornya lapisan ozon.
3. Berkurangnya konverter gas karbon.

C. Dampak Global Warming
Pemanasan global mengakibatkan dampak yang luas dan serius bagi lingkungan bio-geofisik (seperti pelelehan es di kutub, kenaikan muka air laut, perluasan gurun pasir, peningkatan hujan dan banjir, perubahan iklim, punahnya flora dan fauna tertentu, migrasi fauna dan hama penyakit, dsb).

Sedangkan dampak bagi aktivitas sosial-ekonomi masyarakat meliputi :
1. Gangguan terhadap fungsi kawasan pesisir dan kota pantai.
2. Gangguan terhadap fungsi prasarana dan sarana seperti jaringan jalan, pelabuhan dan bandara.
3. Gangguan terhadap permukiman penduduk,
4. Pengurangan produktivitas lahan pertanian,

5. Peningkatan resiko kanker dan wabah penyakit.

Comments

Popular posts from this blog

Ketahui 4 Poin Penting Perbedaan Antara BRI Simpedes dan BRI Britama Agar Anda Tidak Salah Pilih

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Radiasi Matahari

Deskripsi dan Klasifikasi Pohon Beringin