Profil Desa Hambuku Lima Kecamatan Babirik

1. Data Wilayah Desa


Profil Desa Hambuku Lima Kecamatan Babirik

a. Luas dan Letak Desa Sei Durait Hilir        
Wilayah binaan Sei Durait Hilir berada di Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara mempunyai luas km2 dengan batas-batas wilayah sebagai berikut :
- Sebelah Timur berbatasan dengan Desa
- Sebelah Barat berbatasan dengan Desa.
- Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa.
- Sebelah Utara berbatasan dengan.
b. Topografi dan Morfologi Wilayah
Ketinggian tempat dari permukaan laut di Wilayah Kerja Penyuluh Pertanian Hambuku Lima hampir merata ditiap-tiap desa yaitu berkisar antara 1,50 – 2,00 meter yang merupakan dataran rendah dengan permukaan tanah datar dan bergelombang.  Sesuai dengan keadaan lahan maka daerah ini termasuk daerah lebak.  Keadaan morfologi makhluk hidup di wilayah ini adalah tahan  di daerah berair, karena pada musim hujan tergenang air dan di musim kemarau sedikit kekeringan.
c. Keadaan Geologi dan Jenis Tanah
Desa Nelayan merupakan daerah sedang, maka keadaan tanahnya sebagian besar endapan, baik itu endapan yang dibawa oleh arus sungai maupun oleh endapan pelapukan tanaman rawa yang membusuk pada musim kemarau.
Jenis tanah yang ada di Desa Nelayan adalah jenis tanah Alluvial dengan struktur liat, sedangkan lapisan olah hanya berkisar 5-15 cm, kedalamannya berkisar 5-6,5 cm.
d. Keadaan Tanah dan Iklim
Secara umum tanah di wilayah binaan Hambuku Lima mempunyai derajat kemasaman (pH) antara 5,5- 5,9 yang bersifat agak masam.  Kemiringan tanahnya berkisar 8-14%, dan kedalaman gambut < 1,5 m.
Keadaan iklim di Wilayah Binaan Sei Durait Hilir bila musim hujan lahan usaha tani tergenang oleh air, bila musim kemarau tidak terlalu mengalami kekeringan karena termasuk dalam wilayah Polder Alabio.
Di Wilayah Binaan Sei Durait Hilir musim hujan berlangsung sekitar Bulan Nopember s/d  Bulan April, sedangkan musim kemarau sekitar Bulan Mei s/d Bulan Oktober.  Namun terjadinya musim tidaklah selalu sesuai dengan bulan-bulan tersebut.
Keadaan iklim dapat ditentukan berdasarkan data curah hujan.  Data curah hujan dan hari hujan selama 5 tahun terakhir dari tahun 2006-2010 memperlihatkan bahwa jumlah rata-rata curah hujan tahunan 169,91 mm, rata-rata hari hujan 12 hari hujan, rata-rata bulan basah (BB) tahunan adalah 8, rata-rata bulan lembab (BL) tahunan adalah 2 , dan rata-rata bulan kering (BK) tahunan adalah 2.
Berdasarkan data tentang curah hujan di atas dapat diketahui tipe iklim Wilayah Binaan Sei Durait Hilir adalah tipe iklim basah.
e.  Luas Lahan Menurut Ekosistem   
WKPP Sei Durait Hilir mempunyai lahan potensial seluas 140 Ha yang terdiri dari 70 Ha lahan Watun I, 60 Ha lahan Watun II dan 10 Ha lahan Watun III.  Dari 140 Ha lahan potensial tersebut sebanyak 130 Ha yang sudah difungsikan untuk lahan pertanian  sedangkan sisanya 10 Ha masih berupa lahan tidur. Diharapkan pada tahun-tahun mendatang lahan tidur tersebut sudah dapat dimanfaatkan.
f.          Penduduk
Menurut data statistik Kecamatan Babirik  yang diperoleh, untuk jumlah penduduk Wilayah Kerja Penyuluh Sei Durait Hilir sebanyak 643 jiwa terdiri dari Laki-laki berjumlah 220 jiwa, perempuan  423 jiwa. Adapun jumlah Kepala Keluarga adalah 198 kk.

2.  Data Kelembagaan dan Kelompok Tani
a.  Kelembagaan Pertanian
Untuk memperlancar dan mendukung pelaksanaan Pembangunan Pertanian secara luas ditempuh berbagai cara kebijaksanaan dan penyempurnaan terhadap kelembagaan pertanian seperti adanya kelembagaan perbenihan, perlindungan tanaman, pelayanan terhadap kredit bank, penyediaan sarana produksi, Poltry Shop dan bengkel mekanisasi.
Sampai sekarang, di WKPP Sei Durait Hilir baru ada 1 RPH (Regu Pengendali Hama) yang sudah dibentuk dan masih banyak diperlukan penambahan RPH dan kelembagaan pertanian lainnya.
b. Kelompok Tani
Kelompok tani sebagai wadah kegiatan usaha tani serta tempat bermusyawarahnya petani dalam menghimpun dan memecahkan masalah yang ada kaitannya dengan kegiatan usaha tani sekaligus tempat mentransfer teknologi pertanian yang baru.
Sampai dengan Bulan Desember 2010 jumlah kelompok tani di WKPP Sei Durait Hilir ada 6 kelompok tani.  Secara kuantitatif  masih banyak diperlukan adanya penambahan kelompok tani dan secara kualitatif masih perlu ditingkatkan mengingat dari 9 kelompok tani yang ada semua kelompok tani masih berada pada kelas Pemula.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Profil Desa Hambuku Lima Kecamatan Babirik"

Post a Comment

Komentar Anda akan langsung ditampilkan, namun Anda perlu memperhatikan tata tertib berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Tidak mengandung unsur SARA dan Provokasi.
4. Tidak menyisipkan link pada isi komentar, link aktif maupun tidak.

Komentar yang tidak memenuhi ketiga syarat tersebut pasti akan kami HAPUS, terima kasih