Pengobatan Flu Paling Ampuh Dengan Cara Alami

Pengobatan Flu Paling Ampuh Secara Alami - Anda biasanya tidak membutuhkan penanganan medis karena penyakit ini umumnya sembuh sendiri. Beberapa langkah pengobatan yang bisa dilakukan adalah istirahat yang cukup, banyak minum, serta menjaga tubuh agar tetap hangat.

Pengobatan Flu Paling Ampuh Dengan Cara Alami

Berikut ini, akan disajikan beberapa cara pengobatan tradisional atau alami untuk mengatasi batuk pilek yang dapat Anda terapkan sendiri di rumah. Ini merupakan cara aman dan efektif dengan cepat meredakan gejala yang muncul.

1. Seringlah Membuang Ingus
Sangat penting untuk membuang ingus ( basa jawa: Sisi ) secara teratur ketika ada banyak ingus di hidung. Hal ini penting untuk membuang virus-virus dan mungkin bakteri yang ada di dalamnya. Lakukan secara perlahan dengan bergantian, yakni tutup salah satu lubang hidung lalu sisikan, demikian pula sebaliknya.

2. Mengatasi Hidung Tersumbat dengan
Larutan garam Pembilasan air garam dapat membantu mengatasi hidung tersumbat, dan untungnya lagi cairan garam juga dapat menghilangkan partikel virus dan bakteri dari hidung. Ini merupakan salah satu obat batuk pilek yang alami tapi manjur, berikut caranya: Campur 1/4 sendok teh garam dan 1/4 sendok teh baking soda dalam 8 ons (236 ml) air hangat. Gunakan semprotan atau kit irigasi hidung untuk menyemprotkan larutan ke dalam hidung. Tahan salah satu lubang hidung, ditutup dengan menerapkan tekanan jari ringan sambil menyemprotkan larutan garam yang telah dibuat ke dalam lubang hidung lainnya. Biarkan mengalir. Ulangi dua sampai tiga kali.

3. Berkumur
Berkumur dengan setengah sendok teh garam dilarutkan dalam 8 ons air hangat, empat kali sehari, dapat dengan efektif meredakan sakit tenggorokan dan batuk yang biasanya menyertai flu. Untuk mengurangi gatal di tenggorokan, cobalah berkumur (atau diminum sekalian) dengan teh yang mengandung tanin yang berfungsi mengencangkan membran (menjadi kesat). Atau juga dapat menggunakan madu dan sari apel. Obat batuk pilek alami ini akan sangat lezat yang juga dapat diminum bersama-sama misalnya dalam secangkir teh hangat dapat ditambahkan 1 sendok teh madu dan jus lemon.

4. Minum Cairan Hangat
Pada saat terserang flu batuk pilek sangat dianjurkan mengonsumsi makanan dan minuman yang hangat. Cairan hangat dapat meredakan hidung tersumbat, mencegah dehidrasi, dan menenangkan membran yang meradang yang melapisi hidung dan tenggorokan.

5. Mandi dengan air hangat
Mandi dengan air hangat atau air yang beruap hangat akan melembabkan hidung dan dapat membantu otot-otot menjadi rileks.

6. Gunakan Minyak kayu putih
Setetes kecil minyak kayu putih atau salep mentol yang dioleskan di bawah hidung dapat membantu membuka saluran pernafasan. Menthol, eucalyptus, dan minyak kayu putih semua memiliki bahan pati rasa ringan yang dapat membantu meringankan rasa sakit dalam hidung. Namun, ingat! jangan oleskan terlalu tebal dan jangan mengolesnya di dalam rongga hidung.

7. Tidur Dengan Bantal Tinggi
Keluhan yang sangat mengganggu bagi siapa saja yang sedang pilek adalah hidung tersumbat saat tidur. Meninggikan kepala akan membantu meringankan hidung yang tersumbat. Hal ini dapat disiasati dengan cara meletakkan beberapa bantal sedemikian rupa di bawah kepala.

8. Beristirahat
Beristirahat akan dengan efektif mengumpulkan energi untuk melawan penyakit, termasuk melawan virus penyebab flu dan batuk. Untuk sementara hindarilah aktifitas berat ataupun oleh raga.

9. Makan Makanan Pelawan Infeksi
Berikut beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi ketika seseorang sedang berjuang melawan pilek atau flu: Pisang dan nasi – untuk menenangkan sakit perut dan diare Buah yang kaya akan vitamin C , Seperti jambu biji, jeruk, dsb. Sumber Vitamin C Blueberry – mengandung aspirin alami, yang dapat menurunkan demam dan membantu mengurangi rasa sakit atau nyeri Wortel, yang mengandung beta-karoten Cabai – dapat membuka sinus, dan membantu memecah lendir di paru-paru Bawang – mengandung phytochemical yang diakui dapat membantu tubuh melawan infeksi. Teh hijau dan hitam – berisi catechin, fitokimia yang konon merupakan antibiotik alami dan memiliki efek anti- diare

Semua orang pasti pernah mengidap flu. Penyakit ini terjadi akibat infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan. Masa inkubasi flu termasuk singkat. Anda akan mengalami gejala hanya dalam beberapa hari setelah pertama kali terinfeksi. Masa di mana flu paling menular adalah sehari sebelum gejala muncul dan sekitar enam hari berikutnya. Gejala-gejala flu yang biasa dirasakan penderita di antaranya adalah demam , sakit kepala , batuk-batuk, pegal-pegal, kehilangan nafsu makan, serta sakit tenggorokan . Gejala flu akan bertambah parah selama 2-4 hari sebelum akhirnya membaik dan sembuh.

Banyak yang mengira flu sama dengan pilek karena kemiripannya, tetapi anggapan ini tidak tepat. Flu cenderung memiliki masa inkubasi yang lebih singkat dengan gejala yang lebih parah sehingga dapat menghambat rutinitas penderita. Sedangkan pilek umumnya muncul secara bertahap dengan gejala yang lebih ringan sehingga tidak terlalu berdampak kepada rutinitas penderita. Anda juga dapat meminum parasetamol atau ibuprofen untuk menurunkan demam serta mengurangi rasa sakit dan pegal. Anda tidak dianjurkan mengonsumsi antibiotik karena obat ini berfungsi membunuh bakteri, sedangkan flu disebabkan oleh virus.
Adapun langkah Pencegahan Flu sebagai berikut: penyebaran virus flu umumnya melalui bersin dan batuk dari penderita atau dari benda yang pernah disentuh penderita.
Langkah utama untuk mencegah penyakit ini adalah dengan menjaga kebersihan. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum makan. Bagi pengguna kendaraan umum, disarankan untuk memakai masker saat bepergian.
Langkah pencegahan lainnya adalah dengan vaksinasi. Tetapi cara ini hanya dianjurkan bagi mereka yang lebih rentan mengalami komplikasi flu.


Artikel Pengobatan Flu Paling Ampuh Secara Alami dikutip dari AlaDokter dan Mediskus , semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda.

2 comments - Pengobatan Flu Paling Ampuh Dengan Cara Alami

  1. Saya coba deh cara caranya hehe mkasih atas informasinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama heni, semoga cepat sembuh ya...

      Delete

Komentar Anda akan langsung ditampilkan, namun Anda perlu memperhatikan tata tertib berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Tidak mengandung unsur SARA dan Provokasi.
3. Tidak menyisipkan link pada isi komentar, link aktif maupun tidak.

Komentar yang tidak memenuhi ketiga syarat tersebut pasti akan kami HAPUS, terima kasih