Pembuatan Pestisida Nabati dan Pupuk Cair Phospat serta Kalium

Pestisida Nabati Daun Sirsak

Pembuatan Pestisida Nabati dan Pupuk Cair Phospat serta  Kalium

Bahan :
- 100 lembar daun sirsak
- Air
Alat :
- Blender
- Panci
- Kompor
- Pisau
- Alat saring
Cara pembuatan :
Daun sirsak yang jumlahnya 100 lembar diblender dan dikasih air secukupnya hingga hancur kemudian dikasih lagi air hinga 1 liter, baru ditapi dengan menggunakuan alat saring setelah itu baru direbus hingga air nya tertinggal 1/4  liter kemudian dinginkan, maka pestisida daun sirsak telah siap untuk digunakan.
Cara penggunaan :
Cara penggunaannya  yaitu 10 ml liter pestisida daun sirsak dicampur dengan 20 liter air atau 1 tangki solo dan di kasih diterjen bubuk lalu disemprotkan ketanaman yang terserang hama belalang.

2. Pestisida nabati daun serai dan laus
Bahan :
- 0,5 kg laus
- 5 batang serai
- 0,1 kg timbaku jawa
- Air
Alat :
- Blender
- Pisau
- Panci
- Kompor
- Alat saring
Cara pembuatan
Laus dan serai di iris kecil-kecil dan di blender dengan dikasih air hingga hancur kemudian dituang kedalam panci dan dikasih tembaku jawa lalu dikasih air hingga air itu jumlahnya 1 liter kemudina disaring dengan menggunakan alat saring kemudian direbus hingga air rebusan tersisa 1/4 liter maka jadilah pestisida batang serai dan laus.
Cara penggunaan :
Cara penggunaannya yaitu 10 ml liter pestisida batang serai dan laus di campur dengan 20 liter air atau 1 tangki solo lalu dikasih diterjen bubuk penggunaan pestisida batang serai dan laus untuk hama penggerek batang, wereng, walang sangit, dan lain-lain.

Pembuatan pupuk cair P dan K

A. Pembuatan pupuk cair P (Phospat)
Bahan :
- Batang pisang dipotong pertikal
- Tetes tebu / 1 kg gula pasir
- Mikroba cair / tricodarma SP
Alat :
Tong, ember, plastik, dan tali
Cara pembuatan pupuk P (Phospat)
Masukan semua potongan batang pisang kedalam tong dengan ditata rapi dengan pori-pori menghadap keatas kemudian di isi air yang sudah dicampur dengan mikroba cair dan gula selanjutnya tutup rapai dengan plastik dan di ikat dengan tali agar tidak masuk angin.
Dalam 2-3 minggu pupuk siap dipakai dengan terlebih dahulu disaring sampai bersih, penggunaan pupuk Phospat adalah 1 liter Phospat ditambah 15-20 liter pupuk kalium. Pupuk ini digunakan pada masa setelah bunga selesai atau mendekati pada masa pembentukan buah.

B. Pembuatan pupuk K (Kalium)
Bahan :
- Sabut kelapa
- 1 kg gula pasir
- Mikroba cair atau tricodarma SP
Alat :
Tong, ember, plastik, dan tali
Cara pembuatan pupuk K (kalium)
Masukkan semua sabut kelapa kedalam tong kemudian di isi air yang telah dicampur dengan mikroba cair dan gula selanjutnya di tutup dengan plastik kemudian ikat dengan tali agar tidak masuk angin.

Dalam 2-3 minggu pupuk siap untuk di pakai dengan terlebih dahulu disaring dengan bersih. Penggunaan pupuk kalium adalah 15-20 liter pupuk kalium dicampur dengan 1 liter pupuk Phospat. Pupuk kalium di aplikasikan dengan pupuk phospat digunakan pada masa tanaman mulai tumbuh dan timbul buah, ia berfungsi mengisi buah.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pembuatan Pestisida Nabati dan Pupuk Cair Phospat serta Kalium"

Post a Comment

Komentar Anda akan langsung ditampilkan, namun Anda perlu memperhatikan tata tertib berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Tidak mengandung unsur SARA dan Provokasi.
4. Tidak menyisipkan link pada isi komentar, link aktif maupun tidak.

Komentar yang tidak memenuhi ketiga syarat tersebut pasti akan kami HAPUS, terima kasih