Keadaan Daerah Desa Tangkawang Kecamatan Haur Gading

A. Keadaan Geografis
1. Luas dan Letak Wilayah
Kecamatan haur gading terletak pada koordinat 2º20 sampai dengan 2º24,5 LS dan 115 º13,2 sampai dengan 115 º 21,5 bujur timur. Salah satu desanya yang menjadi sasaran praktik adalah Desa Tangkawang. Desa Tangkawang memiliki luasan 150 hektar (1, 50 Km²), terbagi atas 5 (lima) Rukun Tetangga (RT), dengan letak wilayah yang memiliki batas-batas dengan desa lainnya yang masih berada pada satu kecamatan yang sama, yaitu sebagai berikut:
- Sebelah Utara berbatsan dengan Desa Tuhuran
- Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Waringin
- Sebelah Timur dengan Desa Panawakan
- Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Teluk Haur
2. Topografi dan Morfologi Wilayah
Desa Tangkawang berada pada ketinggian 2 – 4 meter di atas permukaan laut dan merupakan dataran rendah dengan permukaan tanah datar dan bergelombang sesuai dengan keadaan lahan maka daerah ini termasuk daerah lebak dengan kemiringan sekitar 2 – 8 %.
Keadaan morfologi desa ini adalah morfologi basah, termasuk di dalamnya makhluk hidup yang tahan didaerah berair dalam waktu yang cukup lama, karena daerah ini pada musim hujan tergenang air (banjir) dan pada musim kemarau hanya sedikit kekeringan.
3. Keadaan Geologi dan Hidrologi
Desa Tangkawang mempunyai tanah pertanian berupa sawah lebak sejumlah 85 hektar, dimana bahan induk tanah berupa endapan, baik itu endapan yang dibawa oleh arus sungai maupun oleh pelapukan vegetasi rawa yang membusuk, sehingga jenis tanahnya bisa dimasukkan ke dalam kategori tanah alluvial dengan struktur liat, sedangkan lapisan tanah atas (top soil) hanya berkisar antara 20 – 30 cm.
Hidrologi atau sistem tata air sangat buruk. Ketersediaan sarana dan prasarana tata air yang mendukung belum memdai sehingga kinerja pengatusan (drainage), pelindian (leaching), dan penggelontoran (flushing) belum mampu mempercepat perkembangan tanah.

B. Iklim dan Musim
Keadaan iklim di Desa Tangkawang sudah tidak bisa diprediksikan dengan tepat dan akurat, tetapi bisa dikatakan bila musim hujan lahan usahatani tergenang oleh air, dan pada musim kemarau tidak terlalu mengalami kekeringan (kemarau basah).
Di Desa ini musim hujan berlangsung sekitar Bulan Nopember sampai dengan Bulan April, sedangkan musim kemarau sekitar Bulan Mei sampai dengan Bulan September. Namun dalam 5 (lima) tahun terakhir musim tersebut tidaklah selalu sesuai dengan bulan-bulan yang disebutkan.
Keadaan iklim dapat ditentukan berdasarkan data curah hujan. Data curah hujan dan hari hujan selama 5 (lima) tahun terkahir yakni dari tahun 2005 – 2009 memperlihatkan bahwa jumlah rata-rata curah hujan tahunan 133, 72 mm, rata-rata hujan per tahun dalam satu bulannya adalah 10 hari hujan, rata-rata bulan basah (BB) tahunan adalah 7, rata-rata bulan lembab (BL) tahunan adalah 2, dan rata-rata bulan kering (BK) tahunan adalah 2. berdasarkan data tersebut dapat diketahui tipe iklim di Desa Tangkawang adalah tipe iklim basah.

C. Penduduk
Berdasarkan hasil registrasi penduduk akhir tahun 2008, jumlah penduduk kec. Haur gading adalah 14. 713 orang yang tersebar pada 3.585 rumah tangga dengan tingkat kepadatan (population density) 431 jiwa/km2 dan 4 jiwa /rumah tangga.
Banyaknya penduduk menurut jenis kelamin dirinci tiap Desa tahun 2008. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik untuk Desa Tangkawang, laki-laki berjumlah  376 jiwa, dan perempuan berjumlah 352 jiwa, (Total keseluruhan 728 jiwa dengan  rasio jenis kelamin 107), dengan luas desa 1, 50 km2, maka dapat dihitunga kepadatan penduduk per km2 berjumlah 485 jiwa. Dan menurut data dari Unit Pelaksana Teknis/Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan haur Gading untuk Desa Tangkawang jumlah kepada keluarga (KK) tani adalah  207 orang, dan setiap kepala keluarga (KK) tani dalam melaksanakan kegiatan usahataninya dibantu oleh 1 -3 orang anggota keluarganya.

D. Pendidikan
Sumber data tentang pendidikan tidak diketahui (literatur tidak didapatkan), tetapi berdasarkan keterangan kepala desa dan masyarakat, rata-rata pendidikan bagi petani adalah Sekolah Dasar, dan untuk usia produktif saat ini sudah ada yang mencapai taraf pendidikan S1.
Di Desa Tangkawang sendiri hanya terdapat 1 buah sekolah/sarana pendidikan yakni Madrasah Ibtidaiyah Asy-Syar’iyah Tangkawang. Madrasah ini terletak di Desa Tangkawang RT. 4, terdiri dari 6 (enam) kelas dengan rata-rata murid per kelas adalah 20 orang dan dengan tenaga pengajar dan staf administrasi sebanyak 14 (empat belas) orang.

E. Mata Pencaharian
Keadaan Daerah Desa Tangkawang Kecamatan Haur Gading

Mata pencaharian penduduk Desa Tangkawang pada umumnya adalah petani, dari 269 kepala keluarga (KK), 207 kepala keluarga (KK) bermata pencaharian sebagai petani, 62 kepala keluarga (KK) lainnya ada yang bermata pencaharian sebagai pedagang, pegawai negeri sipil, tenaga kerja di daerah lain, dan lain sebagainya.

F. Perhubungan
Berdasarkan sumber Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Hulu Sungai Utara Panjang jalan menurut jenis permukaan, kondisi jalan menurut jenis permukaan, kondisi jalan dan kelas jalan tahun/2008 di Desa Tangkawang adalah sebagai berikut:

G. Adminitrasi Kelompok Tani
1. Kelompok Tani
Kelompok tani sebagai wahana kerjasama unit produksi dan wadah belajar mengajar bagi para petani merupakan sasaran yang paling efektif dan efesien terutama dalam upaya penempatan proses alih teknologi dari sumbernya kepada petani nelayan. Adapun jumlah kelompok tani yang ada di Desa Tangkawang berjumlah 5 (lima) kelompok, yaitu Sari Mulia, Nusa Indah, Sejahtera, Suka Maju, dan Lebat Buah. Dimana beberapa kelompok tani tersebut bergabung ke  dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan)
2. Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan)
Gabungan kelompok tani (Gapoktan) yang ada di Desa Tangkawang ada 1 (satu) yaitu Gapoktan Sinar Pagi dengan anggota dari ke lima kelompok tani yang tersebut di atas.
3. Data Usahatani/Petani/Kelompok Tani
a. Fasilitas usahatani
Fasilitas usahatani yang tersedia di Desa tangkawang terdapat 15 buah hand sprayer milik petani dan 4 milik Dinas Pertanian.
b. Produksi usahatani
Di Desa Tangkawang jenis tanaman yang ditanam adalah padi dengan luas tanam 85 ha dengan luas panen 85 ha, produksi rata-rata 4 ton/ha, jumlah pelaksana 207 kepala keluarga (KK) tani.
c. Pemasaran
Dalam pemasaran hasil pertanian khususnya padi di Desa Tangkawang dilakukan dengan menjual sendiri gabah kering kepada pedagang/tengkulak yang datang sendiri ke desa mereka.
d. Kemitraan

Di Desa Tangkawang tidak ada melakukan kemitraan dalam pemasaran hasil pertanian khususnya padi.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Keadaan Daerah Desa Tangkawang Kecamatan Haur Gading"

Post a Comment

Komentar Anda akan langsung ditampilkan, namun Anda perlu memperhatikan tata tertib berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Tidak mengandung unsur SARA dan Provokasi.
4. Tidak menyisipkan link pada isi komentar, link aktif maupun tidak.

Komentar yang tidak memenuhi ketiga syarat tersebut pasti akan kami HAPUS, terima kasih