Inilah Gejala Flu Ringan dan Gejala Flu Berat

Gejala Flu Ringan dan Gejala Flu Berat - Apakah sekarang Anda sedang berada dalam lingkungan yang rentan menyebarkan flu? Mungkin di sebelah kanan atau kiri Anda ada orang yang mengenakan masker karena sedang flu atau lebih parah lagi, dia sudah bersin-bersin. Virus flu mudah menyebar melalui percikan air liur saat seseorang batuk maupun bersin, jadi Anda perlu waspada kalau-kalau tertular.

Inilah Gejala Flu Ringan dan Gejala Flu Berat

Gejala Flu Ringan

1. Tiba-tiba Merasa Lelah Berlebihan
Memang menjadi hal yang wajar ketika seharian bekerja maka timbullah rasa capek atau lelah. Namun, ada lelah yang disebabkan oleh flu, di mana Anda akan merasakan lelah yang sangat padahal pekerjaan tidak begitu melelahkan, atau rasa lelah itu berbeda dengan hari-hari biasanya. Tiba-tiba merasakan lelah yang berlebihan adalah salah satu tanda-tanda awal flu, dan sering menjadi peringatan sebelum gejala flu lainnya muncul. Kelelahan juga merupakan gejala dari virus lain yang mirip dengan flu yaitu virus pada common cold (masuk angin), namun pada flu gejalanya lebih parah. Jika Anda tiba-tiba merasakan kelemahan ekstrim dan kelelahan yang mengganggu aktivitas normal sehari-hari, maka pada saat itu mungkin tubuh Anda sedang mempersiapkan diri untuk melawan flu.

2. Badan Pegal-pegal dan Kedinginan
Salah satu gejala flu yang sering muncul di awal adalah demam dan pegal-pegal. Mungkin Anda menduga bahwa ini disebabkan oleh olahraga atau pegal karena kerja. Namun yang mencolok pada gejala flu adalah rasa pegal yang merata seluruh tubuh mulai dari kepala hingga kaki, di samping itu Anda juga merasa demam, kedinginan, bahkan menggigil terutama ketika mandi air dingin.

3. Batuk – Batuk
Batuk yang sering muncul merupakan indikasi dari penyakit awal, dan mungkin menjadi tanda peringatan bahwa Anda akan terkena flu. Virus flu dapat menyebabkan batuk disertai mengi dan dada sesak. Pada tahap yang lebih lanjut biasanya orang yang flu akan mengalami batuk berdahak atau berlendir, tetapi pada tahap awal gejala flu biasanya dimulai dengan batuk kering.

4. Sakit Tenggorokan
Batuk yang disebabkan oleh flu dengan cepat akan menyebabkan sakit tenggorokan. Pada tahap awal dari flu, tenggorokan mengalami gatal dan iritasi, ini yang menyebabkan batuk dan tak lama dari itu tenggorokan akan terasa sakit. Anda juga dapat merasakan sensasi aneh ketika menelan makanan atau minuman. Jika Anda mengalami sakit tenggorokan, anda bisa mengurangi penderitaan dengan konsumsi banyak cairan dan makanan lunak seperti teh, sup ayam, dan bubur.

5. Demam
Demam adalah gejala umum yang menandakan bahwa tubuh sedang mencoba untuk melawan infeksi. Demam yang disebabkan oleh Flu ada yang ringan dan adapula yang tinggi hingga 40°C. Meskipun demam adalah gejala umum pada tahap awal flu, namun tidak semua orang dengan flu akan mengalami demam. Di sisi lain, demam juga memiliki banyak penyebab sehingga kita tidak bisa menduga seseorang terkena flu jika gejalanya hanya demam.
Selain demam dengan suhu yang tinggi, Anda juga mungkin mengalami menggigil. Dalam mengatasi demam ini, obat Acetaminophen (parasetamol) dan ibuprofen keduanya efektif menurunkan demam, meskipun obat ini tidak dapat membunuh virus penyebab.

6. Gangguan pencernaan
Gejala flu pada tahap awal, selain menyebabkan kepala, tenggorokan, dan dada. Beberapa bentuk virus juga dapat menyebabkan diare, mual, sakit perut, atau muntah.
Gejala pencernaan ini lebih banyak terjadi pada anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa. Dehidrasi adalah komplikasi yang berbahaya pada diare dan muntah, sehingga penderita harus banyak minum air putih dan cairan lainnya agar jangan sampai hal ini terjadi.

Gejala Flu Berat

Flu adalah penyakit progresif, dan gejalanya cenderung lebih buruk sebelum akhirnya menjadi lebih baik. Tidak semua orang merespon sama teradap virus tertentu. Parah tidaknya flu yang sedang dialami akan terlihat dari gejala yang muncul serta kondisi umum penderita.

Gejala Flu yang dianggap berat dan layak mendapatkan perawatan medis darurat meliputi:
  1. Sakit dada
  2. Kesulitan bernapas
  3. Kulit dan bibir kebiruan
  4. Dehidrasi berat
  5. Pusing dan kebingungan
  6. Demam tinggi berulang
  7. Masa Pemulihan
Jika memang Anda di diagnosis flu, maka dalam beberapa hari kondisi kesehatan Anda akan berangsur kembali pulih. Namun bukan berarti Anda langsung boleh beraktifitas berat, banyak dokter merekomendasikan istirahat sampai Anda sudah bebas demam selama 24 jam tanpa obat.

Bahkan jika Anda tidak demam, Anda masih harus mempertimbangkan untuk istirahat di rumah sampai gejala lainnya membaik. Tingkat pemulihan bervariasi pada tingkat keparahan flu. Bahkan setelah merasa lebih baik, ada yang mengalami batuk berkepanjangan selama beberapa minggu. Selalu konsultasikan dengan dokter mengenai setiap gejala flu yang datang kembali atau memburuk setelah sebelumnya membaik.


Artikel Gejala Flu Ringan dan Gejala Flu Berat bersumberkan dari Aladokter, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan anda.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Inilah Gejala Flu Ringan dan Gejala Flu Berat"

Post a Comment

Komentar Anda akan langsung ditampilkan, namun Anda perlu memperhatikan tata tertib berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Tidak mengandung unsur SARA dan Provokasi.
4. Tidak menyisipkan link pada isi komentar, link aktif maupun tidak.

Komentar yang tidak memenuhi ketiga syarat tersebut pasti akan kami HAPUS, terima kasih