Fitur Canggih Google Translate Bisa Menerjemahkan Foto

Google Terjemahan atau Google Translate adalah layanan yang disediakan oleh Google Inc. untuk menerjemahkan bagian teks atau halaman web dalam satu bahasa ke bahasa lain. Untuk beberapa bahasa, pengguna diminta untuk memberikan terjemahan alternatif, seperti untuk istilah teknis, yang akan dimasukkan untuk pembaruan dalam proses penerjemahan selanjutnya.

Fitur Canggih Google Translate Bisa Menerjemahkan Foto

Google Terjemahan, seperti alat terjemahan otomatis lain, memiliki beberapa keterbatasan. Meskipun dapat membantu pembaca untuk memahami isi umum dari teks bahasa asing, tetapi tidak memberikan terjemahan akurat.

Google melakukan penerjemahkan dengan pendekatan yang disebut penerjemahan berdasar statistik. Penerjemahan demikian merupakan hasil penelitian Franz-Josef Och yang telah memenangkan kontes DARPA untuk kecepatan mesin terjemahan pada tahun 2003. Sekarang Och menjadi kepala departemen mesin penerjemah Google.

Menurut Och, untuk mengembangkan sistem mesin penerjemah berdasar statistik bagi dua bahasa diperlukan suatu koleksi teks paralel dalam dua bahasa tersebut yang terdiri lebih dari satu juta kata dan dua koleksi teks lainnya untuk masing-masing bahasa yang terdiri lebih dari satu miliar kata. Model statistik dari data ini kemudian digunakan untuk melakukan penerjemahan antar bahasa-bahasa tersebut.

Bepergian ke negara asing membawa kesulitan tersendiri tatkala menjumpai petunjuk jalan atau tulisan dengan bahasa yang tidak kita kuasai. Nah , dengan aplikasi Google Translate, hal itu akan dimudahkan.

Google telah melakukan update di aplikasi penerjemah bahasanya tersebut dengan menambahkan kemampuan untuk menerjemahkan kata-kata yang ada di foto. Untuk mendapatkan hasilnya, setelah membidik gambar, pengguna diminta meng- highlight bagian yang ingin diterjemahkan terlebih dahulu.Yang perlu dicatat, aplikasi Google Translate ini tidak serta merta mendeteksi bahasa yang ada di foto, jadi pengguna harus melakukannya secara manual. Fungsi anyar itu sendiri mirip dengan aplikasi iOS bernama Word Lens. Fungsi serupa juga bisa dijumpai di Google Goggles, demikian seperti dikutip detikINETdari Venture Beat , Jumat (10/8/2012).

Updatean aplikasi tersebut sudah bisa diunduh di Google Play store dan mampu berjalan di handset yang menjalankan Android 2.3 (Gingerbread) atau lebih tinggi.

Artikel  ini dibuat berdasarkan referensi dari Detik.com, semoga artkel ini dapat menambah wawasan anda.
Terima kasih sudah berkunjung di AkhmadShare.com jangan lupa Like dan Share ya.

Comments

Popular posts from this blog

Ketahui 4 Poin Penting Perbedaan Antara BRI Simpedes dan BRI Britama Agar Anda Tidak Salah Pilih

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Radiasi Matahari

Deskripsi dan Klasifikasi Pohon Beringin