Cara Mengobati Flu Pilek Secara Alami Tanpa Obat

Obati Flu Pilek Secara Alami - Sekarang ini, keadaan cuaca sangat tidak menentu. Jika tubuh kita dalam keadaan yang tidak fit maka kita akan mudah terserang penyakit salah satunya yaitu penyakit pilek. Pilek disebut juga dengan istilah influenza dalam ilmu kedokteraan atau kita biasa menyebutkan dengan kata flu saja. Selain faktor cuaca yang tidak menentu dan daya tahan tubuh kita yang sedang turun. Ada penyebab lain datangnya penyakit pilek ke tubuh kita yaitu hinggapnya virus yang disebut RNA yang merupakan sebab musabab tejadinya flu di tubuh kita.

Cara Mengobati Flu Pilek Secara Alami Tanpa Obat

Tanda – tanda yang biasa kita rasakan ketika kita mulai menderita pilek yaitu naiknya suhu tubuh kita atau demam, bersin -bersin, sakit pada tenggorokan dan gatal yang mengganggu pada hidung kita. Jika Anda mulai merasakan gejala tersebut di atas, maka Anda harus segera mengatasinya dengan cara – cara yang alami untuk mengurangi efek samping yang ditimbulkan obat kimia.

Ada banyak orang yang mencoba untuk sembuh dari pilek dengan berbagai cara. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan pilek yang bisa dilakukan sesuai dengan kondisi.

Sering Berkumur dengan Air Bersih
Jika Anda sedang terserang pilek maka cobalah untuk sering berkumur. Orang yang sering berkumur paling tidak empat kali sehari dengan air bersih atau air mineral memiliki resiko yang lebih kecil terkena pilek. Berkumur akan bekerja untuk menghilangkan atau membantu mengeluarkan lendir dari jaringan sinus yang terhubung ke bagian tenggorokan. Bagian ini sangat rentan dengan perkembangan virus sehingga harus lebih sering dibersihkan. Air juga akan membantu bagian ini menjadi lebih lembab dan tidak terlalu kering sehingga virus tidak akan suka dengan lingkungan tersebut. Namun perhatikan untuk berkumur dengan air yang bersih untuk menghindari penularan virus atau bakteri lewat air. Kebiasaan ini juga termasuk cara menghilangkan bau mulut tidak sedap, dan cara menjaga lidah agar tetap sehat.

Olahraga atau Latihan Ringan
Ketika pilek maka banyak orang yang tidak mau keluar rumah. Hal ini memang sangat benar karena untuk menghindari beberapa dampak buruk dari udara di luar rumah. Selain itu ketika pilek maka tubuh Anda juga membutuhkan istirahat. Tapi sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas South Carolina membuktikan jika bergerak atau melakukan latihan ringan saat terkena pilek justru bisa mengurangi gejala dan infeksi. Namun tentu saja hanya olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 15 atau 20 menit saja. Selain itu tetap gunakan pelindung badan yang cukup untuk menghindari udara dingin dan virus. Anda cukup melakukan olahraga ringan untuk menghindari bahaya olahraga berlebihan. (baca juga: cara melakukan olahraga yang baik dan benar bagi tubuh).

Minum Teh Hangat
Ketika sedang pilek  maka banyak orang merasa bahwa minum secangkir teh hangat akan membantu membuat badan menjadi lebih segar. Hal ini ternyata sangat benar karena teh hangat atau teh panas akan membantu melawan virus penyebab pilek. Bahkan penelitian ini telah dibuktikan oleh studi ilmiah di Universitas Harvard. Teh mengandung senyawa polifenol seperti katekin yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu senyawa polifenol lain dalam teh terbukti bisa meningkatkan kondisi tubuh menjadi lebih baik. Jadi Anda bisa mencoba untuk minum secangkir teh hangat sangat pilek. Namun jangan minum teh berlebihan agar tidak terkena bahaya minum teh bagi kesehatan.

Berhenti Merokok
Terkena paparan asap rokok maupun merokok akan sangat buruk untuk kondisi penyakit pilek. Semua orang harus mencoba berhenti merokok atau tidak terkena asap rokok saat pilek. Asap rokok mengandung bahan senyawa yang sangat buruk seperti nikotin. Bahan ini akan menghalangi fungsi serat rambut kecil yang terdapat pada hidung. Fungsi serat rambut atau silia ini adalah menyaring kuman dan menghancurkan kuman yang berusaha masuk ke lapisan mukosa. Jika lapisan ini rusak maka tubuh akan lebih mudah terserang pilek.

Mencuci Tangan Lebih Sering
Cara lain untuk menghilangkan pilek adalah dengan mencuci tangan lebih sering. Anda perlu mencuci tangan dengan cara yang benar termasuk dengan menggunakan cairan antiseptik. Bahkan ketika sedang pilek Anda bisa mencuci tangan dengan air hangat. Bagian kuku dan semua sela-sela jari harus bersih. Setelah itu gunakan lap yang bersih seperti handuk yang benar-benar bersih untuk mengeringkan tangan. Cara ini akan membantu membersihkan kuman dan virus di bagian luar tubuh. Anda juga harus melakukan cara mencuci tangan yang benar dan steril. Selain itu ada bahaya akibat tidak mencuci tangan sebelum makan jika kebiasaan baik ini tidak dilakukan.

Tetap Makan
Orang yang sedang terkena pilek sebaiknya harus tetap makan bahkan saat merasa tidak nafsu makan. Mengkonsumsi makanan yang sehat akan membantu tubuh Anda melawan infeksi dari virus yang sudah masuk ke dalam tubuh. Makanan yang sehat juga akan menyumbang nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber tenaga seperti lemak, karbohidrat, protein, mineral dan vitamin. Sejenak ketika Anda terkena pilek maka cobalah untuk melupakan diet. Anda bisa kembali diet setelah sembuh dari pilek. Jika pilek disertai dengan demam maka bisa mencoba mengkonsumsi makanan untuk orang demam tinggi dan panas.

Mencoba Minum Ramuan Ginseng
Bahan ginseng juga sangat baik untuk membantu tubuh melawan virus penyebab pilek. Cara ini bisa Anda lakukan dengan mengkonsumsi ramuan ginseng atau teh yang mengandung bahan ginseng. Ginseng adalah bahan akar tradisional khas Cina yang dipercaya bisa melawan infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu sebuah studi yang dilakukan di Universitas Alberta di Kanada mengatakan jika ginseng akan melawan infeksi dengan cara yang sangat alami. Ginseng tidak hanya bisa dimasukkan dalam minuman namun juga bahan makanan seperti sup atau bubur.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Tinggi Seng
Mineral seng juga sangat penting untuk menurunkan resiko penyakit pilek. Makanan yang mengandung seng tinggi akan meningkatkan aktifitas tubuh dalam melawan pilek.  Bahkan seng juga akan membantu proses regenerasi sel tubuh yang aktif untuk melawan berbagai zat asing seperti virus. Cara ini akan membantu tubuh lebih kuat ketika sedang pilek. Beberapa jenis makanan yang sangat disarankan misalnya seperti udang, kepiting, kerang, tiram, daging kambing, sereal, keju, daging ayam, kacang mete, lentil, dan almond.

Cobalah Makan Sup atau Kaldu Ayam
Saat sedang pilek maka biasanya tidak nafsu makan sehingga tubuh menjadi lebih lemah. Untuk mengatasi hal ini maka bisa mencoba untuk makan sup atau sup kaldu tulang. Sup telah menjadi makanan yang sangat penting ketika pilek bagi masyarakat Cina, Korea dan Jepang. Sup yang panas atau hangat sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Anda bisa menggunakan jenis sup sayuran yang berisi kaldu tulang atau ayam. Kaldu yang dihasilkan dari tulang dan daging ayam bisa membantu mengatasi peradangan dan meningkatkan kerja sel darah putih saat melawan infeksi. Untuk mendapatkan hasil terbaik maka sangat disarankan untuk mencampur dengan sayuran penuh vitamin seperti daun bawang, wortel, atau kentang. Sup kaldu tidak hanya sehat tapi juga bisa menjadi makanan untuk awet muda dan terlihat cantik.

Istirahat Malam
Ketika Anda pilek dan terpaksa harus tetap bekerja pada siang hari, maka cobalah untuk tetap istirahat pada malam hari. Tidur malam sangat baik untuk memulihkah kondisi dan membuat tubuh Anda bisa mengumpulkan kekebalan tubuh. Sementara jika Anda kurang tidur maka tubuh Anda menjadi lemah dan mudah terkena infeksi. Istirahat pada malam hari adalah istirahat terbaik karena bisa membuat tenaga tubuh pulih kembali dan Anda akan merasa segar pada malam hari. Jika Anda mengalami kesulitan tidur maka cobalah cara mengatasi susah tidur di malam hari secara alami dan cepat)


Artikel Obati Flu Pilek Secara Alami dibuat berdasarkan referensi dari Halosehat , semoga dapat membantu anda.

Comments

Popular posts from this blog

Ketahui 4 Poin Penting Perbedaan Antara BRI Simpedes dan BRI Britama Agar Anda Tidak Salah Pilih

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Radiasi Matahari

Deskripsi dan Klasifikasi Pohon Beringin