Tips Mengatasi dan Menghadapi Sifat Manusia Yang Egois

Tips Mengatasi dan Menghadapi Sifat Manusia Yang Egois - Kali ini saya mencoba untuk membahas tentang sifat egois, sifat egois adalah sifat yang ingin selalu menjadi yang terdepan, pemenang, terhebat, mementingkan diri sendiri, tidak mau membantu masalah orang lain. Intinya sifat egois ini tidak baik jika ada pada diri anda, karena jika anda mempunyai sifat egois maka bisa dipastikan tidak akan disenangi oleh teman-teman anda dan orang lain.
Tips Mengatasi dan Menghadapi Sifat Manusia Yang Egois

Pada dasarnya semua makhluk hidup ada mempunyai sifat egois dalam dirinya, bukan hanya manusia yang mempunyai sifat yang egois, hewan dan tumbuhan pun juga demikian dalam memperebutkan suatu makanan atau yang lainnya.

Adapun jenis-jenis sifat egois yang dimiliki oleh manusia, menurut saya adalah:



Sifat egois yang muncul pada saat anda mendapat masalah, misalnya temanmu meminta bantuan untuk menyelesaikan masalahnya tapi anda juga mempunyai masalah, maka anda akan mendahulukan masalah anda sendiri.


Sifat egois tingkat rendah, kadang-kadang egois dan kadang-kadang tidak egois.


Sifat egois tingkat sedang, membantu masalah orang lain jika ada untungnya.


Sifat egois tingkat tinggi, sama sekali tidak peduli terhadap masalah orang lain dan hanya berbuat sesuatu yang untuknya saja.



Tips Mengatasi Sifat Manusia Yang Egois



Yang pertama, niat yang tulus untuk menghilangkan sifat egois, jika tidak ada niat untuk merubah sifat egois anda, maka cara apapun yang anda lakukan akan tidak ada hasilnya, karena kata orang bijak "niat adalah awal dari segalanya". Jadi tanamkan terlebih dahulu niat dihati anda bahwa anda akan merubah sifat egois dengan tulus tanpa paksaan apapun untuk berubah.


Yang kedua, perhatikan disekitar kehidupan anda, apakah ada orang yang kehidupannya dibawah anda, misalnya ada anak jalanan atau pengemis. Coba beri perhatian kepada mereka baik berupa memberi bantuan tenaga maupun sekedar uang saja, pada kebanyakannya orang akan menjadi egois karena melihat keatas dan ingin seperti itu juga (melihat keatas bukan berarti langit ya sob :D, tapi melihat orang yang kehidupannya diatas anda).


Yang ketiga, coba ubah pandangan anda terhadap kepunyaan benda milik anda, anggaplah semua hal yang anda miliki saat ini adalah bukan milik anda, karena memang bukanlah milik anda, lho kenapa ?. Semua milik anda saat ini cuma pinjaman dari yang Maha Kuasa termasuk nyawa dan tubuh anda sendiri. Dengan menanamkan prinsip ini didalam pikiran anda maka anda tidak akan merasa keberatan jika sedikit atau banyak dari harta anda yang dipinjami oleh yang Maha Kuasa diberikan kepada orang lain. Dan hal ini juga bermanfaat ketika anda kehilangan harta benda, anda tidak akan merasa begitu sedih karena anda menganggap harta benda pinjaman tadi telah diambil kembali oleh pemilik-NYA atau diberikan lagi kepada yang lain.


Yang terakhir, lakukan kepedulian dari hal-hal kecil dan berdoa lah kepada yang Maha Kuasa agar sifat egois anda dihilangkan atau dikurangi, karena yang Maha Kuasa lah yang dapat membolak-balik sifat makhluk hidup.




Tips Menghadapi Sifat Manusia Yang Egois



Jika anda mempunyai sahabat atau apapun namanya yang mempunyai sifat egois, jangan langsung memutuskan tali silaturrahmi, ada baiknya jika anda sedikit bersabar dan mencoba mengetahui apa sebabnya ia menjadi egois.



Setelah anda mengetahui sebabnya, coba anda bantu selesaikan masalahnya terlebih dahulu dan jika memang sifat egois tertanam dari kecil coba anda ajak dia ketempat yang kamu anggap membutuhkan kepedulian, seperti panti asuhan, tempat yang terkena musibah, dan lain-lain.



Jika sifatnya masih belum berubah juga, coba kamu beri kritik dan saran dengan bahasa yang lembut, karena setahu saya kalau orang egois pasti dibarengi sifat keras kepala.



Yang terakhir, jika ia belum juga mengubah sifatnya, maka anda beri peringatan dengan tegas kepadanya untuk merubah sifatnya atau kalau tidak hubungan anda dengan dia akan berakhir, hal ini dapat memberikannya pengevaluasian terhadap dirinya sendiri.




Demikianlah tips-tips sederhana dari saya tentang Tips Mengatasi dan Menghadapi Sifat Manusia Yang Egois, atas perhatiannya saya ucapkan ribuan terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda akan langsung ditampilkan, namun Anda perlu memperhatikan tata tertib berkomentar:
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Tidak mengandung unsur SARA dan Provokasi.
3. Tidak menyisipkan link pada isi komentar, link aktif maupun tidak.

Komentar yang tidak memenuhi ketiga syarat tersebut pasti akan kami HAPUS, terima kasih